Suroboyo.id – Penasaran dengan berapa gaji yang diterima oleh seorang dokter di Indonesia? Simak dalam artikel di bawah ini.

Dokter merupakan salah satu profesi yang mulia di bidang kesehatan, karena tugasnya yang mengobati pasien yang sakit.

Untuk menjadi seorang dokter tentu tidak bisa sembarangan. Dibutuhkan sekolah khusus kedokteran dengan biaya yang tidak murah bahkan mencapai ratusan juta rupiah.

Baca Juga: Gaji Operator Forklift: Yuk Intip Besarannya Di Sini!

Dengan besarnya sekolah kedokteran, lantas berapa gaji dokter?

Pendapatan yang diterima dokter bervariasi, tergantung dari jabatan, jenis dokter dan masa kerjanya.

Gaji Dokter Terbaru

Bayaran yang diterima profesi di tenaga kesehatan ini berbeda-beda tergantung dari beberapa faktor misalnya jabatan dana masa kerja yang sudah dilalui.

Dokter Umum

Rata-rata gaji yang diterima dokter umum kurang lebih sebesar Rp 3.849.573. Namun terkadang untuk dokter atau pengganti di Puskesmas mendapatkan kurang dari Rp 3.000.000.

Baca Juga: Daftar Gaji Karyawan PT. Mayora: Ada Produksi Hingga Manajer

Dokter Spesialis

Menurut Kementrian Kesehatan gaji yang diterima dokter spesialis dalam satu bulan bisa mencapai Rp 23.000.000 hingga Rp 25.000.000. Nominal ini belum termasuk tunjangan yang diberikan, jika ditotal bisa mencapai Rp 80.000.000.

Dokter Bedah

Seorang dokter bedah bisa mendapatkan gaji yang cukup besar mulai dari Rp 20.000.000 hingga Rp 45.000.000. Dan bisa semakin tinggi jika pengalaman sudah tinggi di rumah sakit.

Dokter ini berfokus pada metode pembedahan dan obat-obatan. Atau bisa dikatakan dokter spesialis yang mengobati permasalahan medis menggunakan metode bedah.

Baca Juga: Apakah Gaji 4,5 Juta Kena Pajak? Berikut Cara Menghitungnya

Dokter Gigi

Merupakan dokter spesialis yang menangani gigi pasien mulai dari perawatan hingga kesehatan gigi. Gaji yang diterima kurang lebih berkisar antara Rp 12.000.000 hingga Rp 30.000.000.

Dokter Hewan

Merupakan dokter yang menangani masalah berbagai jenis penyakit pada hewan. Gaji yang diterima berkisar antara Rp 4.000.000 hingga Rp 10.000.000. Nominal ini bisa berbeda tergantung dari tingkat kesulitan dalam proses pengobatan.

Baca Juga: Daftar Gaji PT. Epson: Lengkap Dari Satpam Hingga General Manager

Itulah besaran gaji yang diterima beberapa jenis dokter terbaru di Indonesia. Namun nominal di atas bukan sebagai patokan karena tergantung dari instansi dimana dokter tersebut mengabdi.

Dengan besarnya gaji yang diterima berminatkah kalian menjadi dokter?