Cara Follow Up Customer untuk Tingkatkan Penjualan Bisnis

Cara Follow Up Customer
Cara Follow Up Customer

Suroboyo.id – Cara follow up customer paling tepat dan dijamin pasti akan clossing.

Untuk para pebisnis online, tentunya sudah tidak asing lagi dengan salah satu kegiatan dalam pemasaran yaitu follow up. Follow up termasuk salah satu cara untuk mengoptimalkan penjualan.

Saat ini, banyak pelaku bisnis yang sudah mampu menggunakan teknologi dan internet untuk menarik perhatian calon pembeli, salah satunya adalah follow up customer.

Hal ini berlaku karena follow up pada calon pembeli dengan benar dapat meningkatkan angka penjualan bisnis. Selain itu, proses follow up dapat membuat pelanggan yang sudah mencoba produk untuk membelinyakembali atau melakukan repeat order.

Baca juga: Mengenal Istilah Follow Up dan Manfaatnya dalam Proses Pemasaran 

Cara Follow Up Customer

 Cara Follow Up Calon Customer

1. Tanyakan Cara Terbaik untuk Follow-Up

Cara follow up customer yang belum melakukan pembelian adalah dengan menanyakan preferensi mereka untuk follow up.

Kesalahan terbesar yang membuat calon pelanggan menghilang yaitu dihubungi dengan cara yang kurang tepat.

Hal ini berlaku karena beberapa customer lebih senang dihubungi melalui platform tertentu.

Sebagai contoh, ada yang bersedia dihubungi via WhatsApp, email, SMS, atau aplikasi messenger lainnya.

Selain itu, ada juga yang lebih nyaman jika dihubungi pada waktu tertentu, contohnya pada jam makan siang.

Nah, agar tidak salah platform, kamu bisa menanyakannya terlebih dahulu kepada masing-masing calon pelanggan.

Misalnya, customer tahu kontak bisnismu melalui website. Kamu bisa menambahkan kolom pertanyaan pada laman khusus.

Tak hanya itu, tanyakan juga platform apa yang sekirany paling sering digunakan pelanggan dan berikan daftar jawabannya.

Baca juga: Berapa Modal Bisnis Rumah Kos? Siapkan Budget Segini

2. Langsung Hubungi Calon Pembeli di Hari yang Sama

Cara follow up customer kedua yaitu hubungi calon pembeli pada hari yang sama.

Jika menggunakan iklan online untuk pemasaran, artinya kamu bisa mendapatkan informasi kontak calon pembeli tersebut.

Dengan demikian, kamu bisa segera hubungi mereka untuk mulai membicarakan produk yang ingin ditawarkan.

Namun, jangan sampai mereka mulai beralih ke bisnis lain hanya karena kamu terlambat menghubungi calon pelanggan.

3. Tawarkan Konsultasi Gratis

Cara follow up customer berikutnya yang belum melakukan pembelian adalah menawarkan konsultasi gratis.

Saat berbicara dengan pelanggan, selalu tawarkan konsultasi atau saran gratis sebagai solusi masalah yang dihadapi.

Dengan strategi ini, kamu bisa berikan penawaran produk dengan lebih baik dan pelanggan pun bakal lebih yakin untuk melakukan pembelian.

Jadi, jangan terburu-buru untuk menawarkan produk dan layanan yang kamu miliki. Justru, dengarkan dulu masalah yang sedang mereka hadapi.

4. Tetap Terhubung dengan Calon Pembeli

Cara follow up terakhir pada calon pembeli adalah untuk tetap terhubung dan menjaga relasi.

Pada dasarnya, tidak semua customer bakal tertarik untuk membeli produkmu. Akan tetapi, bisa saja sewaktu-waktu mereka akan membutuhkan produk yang kamu tawarkan.

Maka dari itu, sebagai pebisnis kamu perlu menjaga hubungan dengan calon pelanggan tersebut.

Langkah ini harus dilakukan hingga mereka memutuskan untuk membeli produk atau jasa kamu.

Salah satu cara untuk menjaga hubungan dengan pelanggan adalah mengirimkan ucapan terima kasih atas kesediaan waktunya atau kirim email untuk menanyakan kabar dan keputusannya.

Bila mereka belum memutuskan atau tertarik, cobalah beri jeda sejenak. Namun ingat, kamu tidak boleh terlalu memaksa, ya.

Baca juga: 5 Peluang Bisnis Online Modal Kecil Yang Menguntungkan

Cara Follow Up Customer Setelah Pembelian

1. Kirim Ucapan Terima Kasih

Pertama-tama, kamu bisa kirimkan ucapan terima kasih. Hal ini bisa membuat customer merasa diperhatikan dan menjadi lebih loyal pada bisnismu.

Segera lakukan follow up kepada pelanggan beberapa jam setelah membeli produk kamu, ya. Kamu bisa kirimkan ucapan tersebut melalui kontak yang tersedia.

2. Tanyakan Jika Ada Keluhan

Selanjutnya, kamu bisa minta mereka untuk menyimpan informasi kontak bisnis kamu.

Kemudian, kamu bisa memberitahu pelanggan untuk langsung menghubungi kontak yang diberika jika terjadi masalah dan butuh solusi.

Kalaupun tidak ada, kamu bisa menanyakan keluhan atau masukkan mengenai produk yang dibeli setelah satu atau dua minggu pembelian ke pelanggan.

Baca juga: 5 Trik Jago Clossing Paling Mudah dan Efektif Bagi Pebisnis Online, Auto Deal!

3. Tetap Terhubung dengan Pelanggan

Seperti halnya dengan calon pelanggan, kamu harus selalu terhubung dengan customer.

Kamu bisa menanyakan mereka mengenai kesediaan untuk dikirimkan informasi mengenai produk atau layanan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka.

Selain itu, kamu juga bisa mengirimkan informasi dalam bentuk konten, panduan, atau bahkan informasi webinar jika ada.

Langkah-langkah ini dijamin bakal membuat pelanggan kembali untuk membeli produk dan jasa yang kamu tawarkan.

4. Tawarkan Diskon atau Referral Spesial

Cara terakhir, jangan lupa untuk tawarkan diskon khusus untuk pelanggan yang sudah pernah membeli produk kamu.

Di sini, kamu bisa membuat membership program kepada pelanggan dan memberikan beberapa potongan harga pada pembelian berikutnya.

Atau, kamu juga bisa menawarkan program referral, sehingga pelanggan bisa mendapatkan diskon yang lebih besar di pembelian berikutnya jika berhasil mengajak teman atau kerabatnya untuk ikut berbelanja.