5 Peluang Bisnis Online Modal Kecil Yang Menguntungkan

Ide Bisnis Modal Minim

Market online memiliki pangsa pasar yang sangat luas. Di Indonesia saja jumlah pengguna internet sudah di atas 130 juta orang, tentu ini potensi bisnis yang sangat menjanjikan. Anda akan rugi bila melewatkannya begitu saja, karena peluang bisnis online modal kecil banyak sekali yang bisa kita coba.

Menjalankan bisnis online tidak jauh berbeda prinspipnya dengan bisnis offline . Hanya saja market yang luas berarti saingan yang juga lebih banyak.

Hampir tiap lini bisnis sudah diisi oleh orang atau perusahaan tertentu. Kita harus pandai-pandai melakukan inovasi dan kreasi bila ingin menang dalam persaingan bisnis online ini.

Baca Juga: Langsung Praktek, Pemkot Surabaya Beri Pelatihan Sablon hingga Jahit Bagi Driver Ojol Perempuan

Bila anda tertarik untuk terjun ke bisnis online tapi masih bingung jenis bisnis apa yang akan digarap, maka berikut kami berikan beberapa rekomendasinya.

1. Jualan produk via marketplace

Marketplace adalah pasar online yang bisa dimanfaatkan untuk jualan barang yang kita miliki. Semua pengguna berkumpul disini untuk mencari info produk, melihat review dan jual beli produk. Beberapa marketplace besar di Indonesia diantaranya adalah Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, Blibli, Jd.id, Zalora, elevenia, dan Bhinneka.

Anda bisa memanfaatkan berbagai marketplace yang ada untuk jualan produk yang anda punya. Namun jika tidak memiliki stok sendiri, maka bisa menjadi supplier ataupun dropshiper. Asalkan produk yang dijual dibutuhkan banyak orang, menarik, berkualitas, dan memiliki harga yang pas, maka dijamin akan laris dan toko cepat berkembang.

2. Menjadi penulis

Penulis disini tidak semata-mata menjual karya dalam bentuk tulisan saja. Beberapa opsi yang bisa dipilih diantaranya adalah menjadi blogger, penulis novel, jasa tulis artikel, jasa translate bahasa, reviewer produk, maupun copywriter. Anda bisa memilih salah satunya yang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Baca Juga :   Kata-Kata Afirmasi Positif Sebelum Tidur untuk Menarik Rezeki dengan Mudah

Keuntungan yang didapatkan dari penulis pun cukup lumayan. Semakin banyak ide dan originalitas dalam suatu konten, maka harga jual semakin mahal. Misal anda mahir dalam mengarang ide suatu cerita, maka karya tersebut bisa laku sangat mahal bila memang unik dan menarik untuk dibaca.

3. Fotografer

Siapa sangka hobi foto-foto ternyata bisa dijadikan ladang bisnis yang menjanjikan. Bila anda punya hobi dan bakat dalam hal ini, maka itu bisa jadi peluang bisnis online modal kecil yang menguntungkan bila dicoba.

Karya-karya yang menarik bisa dijual di berbagai marketplace photo online. Misalnya sutterstock, veer, bigstock, istockphoto, alamy, dreamstime dan masih banyak lagi. Dengan menjual hasil foto disana, maka hobi fotografi anda tidak akan sia-sia lagi. Tertarik untuk mencobanya?

4. Web developer

Jika anda ingin menjadi web developer, maka harus menguasai seputar front end, back end, hingga penggunaan fitur pada berbagai software tertentu. Jasa ini kini sangat dibutuhkan mengingat perorangan maupun perusahaan banyak yang memiliki website.

Tiap proyek yang dikerjakan pun bayarannya sangat lumayan, mulai dari puluhan hingga ratusan dollar. Untuk mendapatkan klien potensial yang lebih banyak, anda bisa submit portofolio di layanan khusus seperti Linkedin, upwork, atau project. Semakin bagus kinerja anda, maka semakin banyak pula klien yang akan datang.

5. Marketing

Menjadi promotor pemasaran bukanlah hal yang buruk. Walau kita tidak punya bisnis sendiri, setidaknya bisa membantu mempromosikan bisnis ataupun produk orang lain dan kita dapat imbalan atasnya. Beberapa bidang dalam marketing online meliputi afiliasi jasa dan produk, content reviewer, influencer maupun social media spesialist.

Dari kelima peluang bisnis online modal kecil di atas, manakah yang tertarik untuk anda coba? Memang awal-awal menjalankan bisnis online butuh pengorbanan besar, baik modal maupun waktu. Namun bila sudah berhasil, akan mudah sekali dalam berkembang.