Pengertian Journaling Beserta Manfaatnya: Dapat Meningkatkan Rasa Syukur Hingga Meningkatkan Fungsi Memori

Pengertian Journaling dan Mnafaatnya
Pengertian Journaling dan Mnafaatnya

Suroboyo.id –Mengenal tentang apa itu istilah journaling serta apa saja manfaatnya hingga bagaimana Anda bisa memulai kegiatan journaling tersebut.

Melakukan aktivitas journaling memiliki banyak sekali manfaat terutama untuk kesehatan. Selain itu, dengan melakukan journaling juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh, menurunkan tekanan darah, dan membantu mengatasi insomnia.

Awal mula metode journaling dipopulerkan melalui sebuah workshop yang mengkampanyekan kegiatan menulis jurnal, sebagai terapi diri untuk melampiaskan perasaan yang Anda alami.

Baca juga:Mengenal Afirmasi Positif, Manfaat, Beserta Kalimat Afirmasi Self Love dan Rasa Syukur

Mengenal Istilah Journaling

Journaling adalah kegiatan menuangkan seluruh pikiran dan perasaan ke dalam sebuah tulisan. Journal yang ditulis memiliki runtutan yang bertahap.

Seorang psikoterapis asal Amerika Serikat, Ira Progof memperkenalkan terapi menulis jurnal ini untuk memberikan cara sederhana bagi Anda yang ingin mengekspresikan perasaan melalui catatan harian kecil.

Biasanya seseorang akan meluangkan waktunya selama 15-30 menit. Kegiatan menulis tersebut bukan hanya sekedar menulis biasa, namun sebuah kegiatan yang mempunyai banyak manfaat yang baik untuk kesehatan mental dan fisik.

Manfaat Journaling

Journaling dapat mengurangi depresi

Penelitian yang dilakukan dari Stice, Burton, Bearman dan Rohde pada tahun 2006, menyatakan kegiatan journaling bisa mengurangi risiko depresi pada orang dewasa.

Dari penelitian mereka juga menunjukkan bahwa dengan menulis jurnal, seseorang dapat terselamatkan dari depresi dan mengurangi tingkat depresi secara signifikan untuk mereka yang didiagnosis mengalami Major Depressive Disorder.

Journaling dapat meningkatkan imun

Mungkin kamu bertanya kenapa kegiatan journaling dapat meningkatkan imun. Penelitian yang dilaporkan oleh Karen A. Baikie dan Kay Wilhelm menyebutkan kegiatan journaling telah terbukti meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi risiko terserang penyakit.

Dengan menulis jurnal selama 20 menit per hari bisa mendapatkan manfaat seperti: peningkatan sistem kekebalan tubuh, menstabilkan tekanan darah, meningkatkan fungsi paru-paru dan hati.

Pada penelitian mereka juga dengan menulis jurnal bisa membuat seseorang berpikir lebih positif tenang kehidupan pribadinya. Dan orang dengan pandangan holistik yang positif akan lebih rendah terkena depresi, kecemasan dan terserang penyakit.

Baca juga:Tanda Kamu Memiliki Karisma yang Positif dan Dikagumi Banyak Orang

Journaling meningkatkan rasa syukur

Selain bermanfaat untuk membantu atasi depresi dan kecemasan, kegiatan journaling juga dapat meningkatkan rasa syukur kita. Menurut peneliti tentang rasa syukur, Robert A. Emmons, Ph. D., menulis jurnal memungkinkan kamu untuk merenungkan semua hal baik yang didapat alam hidup yang pada akhirnya akan membuat kamu menjadi orang yang lebih bersyukur.

Justru, ketika kita tidak menulis jurnal, kita malah lebih mudah untuk melupakan hal baik yang pernah kita dapat yang akhirnya membuat jatuh dalam keadaan depresi dan kecemasan.

Journaling membantu memulihkan trauma

Ketika kita kehilangan seseorang yang kita sayangi, mungkin bisa menjadi hal traumatis bagi kita. Dengan melakukan journaling, kita bisa memiliki waktu untuk mengingat hal baik dari orang yang kita sayangi tersebut, pada akhirnya proses kehilangan akan berjalan baik-baik saja dan tanpa sadar kita akan bergerak maju kembali.

Baca juga:Tips Memulai Pagi Agar Lebih Positif, Semangat dan Bahagia

Dapat Memperbaiki Kualitas Tidur

Belakangan ini kamu tidur selalu larut malam? Cobain mulai nulis jurnal, deh. Mungkin ini bisa membantu kamu untuk tidur lebih cepat.

Sebuah penelitian pada tahun 2016 yang dilakukan pada penderita insomnia, menemukan bahwa, adanya peningkatan kualitas tidur dan penurunan gejala insomnia sebagai akibat dari pemanfaatan jurnal sebagai terapi. Peningkatan kualitas tidur dan penurunan gejala insomnia ini dapat memperbaiki kesehatan psikologis individu yang menderitanya.

Gimana? Sekarang udah pada paham kan tentang journaling? Ternyata journaling cukup bermanfaat ya bagi kita? Dengan melakukan kegiatan tersebut, kita dapat mengurangi stres, bersyukur, hingga memperbaiki kualitas tidur. Banyaknya manfaat ini menjadikan journaling cocok banget untuk dijadikan salah satu goals kamu tahun ini.

Dapat Meningkatkan Fungsi Memori

Judy Willis – seorang Neurologist – dalam artikel yang ditulisnya menyatakan, latihan menulis dapat meningkatkan kemampuan otak untuk mengingat. Bagi seorang siswa, menulis dapat meningkatkan peluang mereka untuk berhasil memahami materi baru, meningkatkan fokus, dan meningkatkan kemampuan untuk mengingat dalam jangka panjang.

Saat kamu membuat jurnal kemudian memutuskan untuk membacanya lagi, kamu akan mengingat dan merenungkan kembali detail peristiwa tersebut. Hal ini akan membantu kamu untuk mempertahankan ingatan mengenai hal itu untuk waktu yang jauh lebih lama. Maka, tak heran kan kalau sering terdengar kalimat, “Kalau takut lupa, mending dicatat, deh”.