in

Dikenal Sebagai Tanaman Herbal, Simak 6 Manfaat Serai Serta Cara Pengolahannya

Manfaat Serai Serta Cara Pengolahannya
Manfaat Serai Serta Cara Pengolahannya

Suroboyo.id – Daun serai biasa digunakan sebagai tambahan bumbu masakan. Aroma serai sangat khas rempah-rempah sehingga membuat masakan dan minuman menjadi lebih sedap.

Serai ini merupakan salah satu jenis rempah-rempah yang mudah didapat selain itu penanamannya juga cukup mudah. Akan tetapi ternyata serai memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Manfaat serai untuk kesehatan belum banyak diketahui oleh masyarakat, sehingga peggunaan serai hanya untuk bumbu masakan atau tambahan minuman.

Kandungan yang terdapat dalam serai sangatlah banyak. Kandungan tersebut sangat bagus untuk tubuh terutama untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Baca Juga: Agak Pahit, Inilah 5 Khasiat Daun Pepaya dalam Menjaga Kesehatan Tubuh

Serai memiliki kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin B, folat, asam folat, tembaga, seng, kalium, magnesium, kalsium, mangan, dan fosfor.

Kandungan-kandungan dalam serai tersebut membuat serai memiliki mnafaat yang mengagumkan bagi kesehatan tubuh. Berikut ini akan dijelaskan manfaat serai untuk kesehatan tubuh.

Menyehatkan Sistem pencernaan.

Manfaat serai untuk kesehatan salah satunya adalah menyehatkan sistem pencernaan. Zat-zat yang terkandung di dalam serai ternnyata mampu berperan sebagai zat antiseptik.

Jika dikonsumsi maka serai akan bekerja didalam sistem pencernaan untuk membunuh bakteri-bakteri jahat. Selain itu, mengkonsumsi serai dapat membantu Anda terhindar dari sembelit, kram perut, mual, dan diare.

Menurunkan kadar koelsterol

Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa serai dapat digunakan sebagai obat untuk menurunkan kadar kolesterol. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan kalium di dalam serai yang dapat berguna unutk menurunkan kadar koelsterol dan menurunkan tekanan darah.

Mengobati Flu dan pilek

Manfaat serai untuk kesehatan lainnya adalah dapat digunakan untuk mengobati flu dan pilek. Kandungan serai dipercaya mampu melegakan pernapasan sekaligus menjaga kesehatan sistem pernapasan. Aroma serai yang khas jika diseduh dalam minuman maka akan membantu mengobati flu dan pilek.

Mencegah Kanker

Manfaat serai untuk kesehatan dapat digunakan untuk mencegah kanker. Kandungan nutrisi di dalam serai dapat berperan untuk membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh.  Selain itu, kandungan nutrisi dalam serai juga sangat ampuh untuk membunuh sel kanker payudara.

Cara yang bisa dilakukan untuk mencegah kanker dapat dilakukan dengan membuat teh serai atau mencampur serai dalam minuman hangat.

Mengatasi stres

Manfaat serai untuk kesehatan juga dapat digunakan untuk mengatasi stress. Hal tersebut dikarenakan aroma serai yang segar khas rempah-rempah dapat menjadi antidepresan sehingga mampu mengatasi stres.

Jika Anda sering mengalami stres, depresi atau perasaan yang kurang menyenangkan maka dapat diatasi dengan mengkonsumsi minuman serai secara rutin.

Menjaga kesehatan kulit

Mengkonsumsi minuman serai atau teh serai secara rutin dapat membantu menjaga kesehatan kulit. Nutrisi yang terdapat di dalam serai dapat membantu menutrisi kulit sehingga tampak cerah dan sehat.

Baca Juga: Ingin Turunkan Kolesterol, Simak 5 Tips Berikut Serta Hindari Konsumsi Makanan Ini

Untuk mendapatkan kandungan dan manfaat serai untuk kesehatan ini, maka pengolahan serai dapat dilakukan dengan cara yang cukup sederhana.

Selain bisa dicampurkan dalam masakan, serai sangat enak jika dibuat menjadi minuman atau dicampur dalam minuman hangat. Agar aroma serai semakin keluar, maka gepreklah batang serai sebelum dimasukkan dalam masakan atau minuman.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat serai untuk kesehatan tubuh. Serai selain dapat memberi aroma sedap pada masakan, ternyata juga bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Untuk memperoleh manfaat serai maka Anda bisa membuat sendiri minuman yang dicampur dengan serai atau membuat teh serai.  Aroma wangi dari serai juga tidak akan merusak rasa dari minuman atau makanan yang dicampurkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.