Suroboyo.id – Berikut ini tips agar kamu merasa bersemangat dan tetap bahagia di pagi hari dalam mengawali hari untuk beraktivitas.

Pernah nggak sih kalian bangun pagi merasa lelah, tidak bersemangat, tidak bahagia, yang mungkin karena alasan banyaknya pekerjaan yang harus diselesaikan di hari itu?

Sehingga ketika bangun tidur justru kalian merasa terbebani dengan aktivitas-aktivitas yang akan kalian kerjakan, terlebih jika pekerjaan tersebut dirasa akan sangat melelahkan.

Baca juga: 20 Kata-Kata Afirmasi Positif Powerfull Menarik Kebahagiaan dan Kesehatan

Merasa malas dan tidak bersemangat dalam memulai aktivitas adalah hal yang wajar dialami setiap orang. Akan tetatp, hal itu  harus diatasi dengan lebih bijak lagi agar tidak mempengaruhi mood kalian.

Sebab mood pada pagi hari akan sangat berpengaruh terhdap aktivitas dalam keseharian. Dan berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menumbuhkan perasaan baik dan bahagia agar dapat menambahkan semangat untuk beraktivitas.

1. Bangun Lebih Awal atau Lebih Pagi

Jam Alarm, Waktu, Selamat Pagi, Berdiri

Biasakan diri untuk bangun lebih pagi setiap hari. Bangun lebih pagi disebut bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan termasuk kesehatan mental agar lebih bahagia dan bersemangat.

Saat kamu membiasakan diri untuk bangun pagi, suasana hati akan menjadi lebih baik. Aktivitas harian tentunya akan terasa lebih ringan dan tidak terburu-buru untuk dikerjakan.

Baca juga: 5 Mindset Positif Ini akan Membuat Hidupmu Lebih Tenang dan Bahagia: Nomor 2 Bisa Bikin Cerdas

2. Afirmasi Positif

Wanita, Kopi, Cangkir, Pagi, Tangan

Setelah bangun, selalu awali dengan mengucapkan rasa syukur dan berafirmasi positif atau mengucapkan kata-kata positif untuk mengundang hal-hal baik yang akan terjadi dalam keseharian.

Afirmasi positif merupakan hal yang sangat penting karena semua hal yang kita  afirmasikan akan menjadi perbuatan dan akhirnya menjadi kenyataan.

Dan jangan lupa untuk mengungkapkan perasaan syukur dan bahagia atas apa yang diberikan Tuhan dalam hidup.

Nafas, kesehatan, hari yang baru. Karena pada saat kita bangun itu adalah rezeki yang luar biasa. Artinya Tuhan masih memberikan amanah agar kita menjadi orang yang lebih baik lagi dan tentunya ada hal-hal besar yang sudah disiapkan Tuhan untuk diraih.

3. Mulai Aktivitas dengan Niatan Ibadah

Pastikan untuk memulai aktivitas pagi atau aktivitas harian sebagai ibadah. saat kita meniatkan semua aktivitas karena ibadah, ini akan membuat kita lebih bersemangat.

Segala aktivitas yang membuat penat akan berubah menjadi aktivitas yang menyenangkan dan terasa ringan. Dan semua aktivitas yang dilakukan menjadi sebuah berkah untuk diri kita sendiri.

4. Olahraga Ringan dan Mandi Pagi

Wanita Muda, Gadis, Atletis, Alam

Upayakan untuk tidak melupakan dua hal ini sebelum memulai aktivitas dan rutinitas.

Berolahraga akan membuat fisik dan psikis menjadi lebih sehat. Sementara mandi pada pagi hari akan membuat fisik dan psikis terasa lebih segar.

Baca juga: 5 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan: Dapat Menigkatkan Fokus dan Konsentrasi Hingga Atasi Kecanduan

5. Sarapan Pagi

Pagi, Sarapan, Makanan, Tabel, Sehat

Selanjutnya adalah sarapan. Upayakan untuk tidak mengskip sarapan setiap harinya. Sarapan dengan satu lembar roti dan satu gelas jus atau susu sudah cukup membantu lebih bersemangat dan lebih bahagia.

Karena sarapan juga memungkinkan tubuh agar lebih sehat dan bugar.

6. Membuat To Do List atau Menyusun Rencana Harian

Buku Harian, Jurnal, Pena, Buku Catatan

Susun rencana harian dengan baik. Karena dengan menyusun rencana harian, kita akan lebih fokus dan terstruktur dalam melakukan berbagai aktivitas.

Hal ini juga akan menambah semangat dan bahagia dalam mencapai goal yang sudah dirancang.

Itulah beberapa cara sederhana untuk memulai aktivitas agar lebih bahagia dan bersemangat. Selain cara diatas, hal lain yang paling penting yaitu berpikir positif, hindari scroll sosmed pada saat bangun tidur, rapikan tempat tidur dan gunakan pakaian rapi dan nyaman serta ciptakan lingkungan yang menyenangkan.

Semoga bermanfaat.