Suroboyo.id – Belimbing wuluh adalah jenis belimbing yang banyak manfaat belimbing wuluh sebagai sayur oleh ibu rumah tangga. Tanaman yang berasal dari Amerika tropis ini merupakan salah satu jenis tanaman berbatang keras.

Belimbing wuluh sangat cocok ditanam pada tempat yang mendapat cahaya matahari dengan banyak. Tinggi tanaman belimbing wuluh bisa mencapai sekitar 10 meter.

Belimbing wuluh memiliki buah berwarna hijau muda dengan bentuk lonjong dan memiliki besar sebesar ibu jari, dan juga memiliki rasa yang sangat masam.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Tanaman Herbal, Simak 6 Manfaat Serai Serta Cara Pengolahannya

Manfaat belimbing wuluh banyak sekali karena terdapat banyak sekali kandungan senyawa kimia yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Antara lain adalah glukosa, tannin, asam folat, peroksida, kalsium oksalat, sulfur, dan juga kalium sitrat.

Selain senyawa kimia tersebut, belimbing wuluh juga memiliki kandungan gizi yang banyak antara lain energy, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin C dan kalium.

Tak heran jika manfaat belimbing wuluh selain sebagai tambahan dalam sayuran juga sering digunakan sebagi bahan pengobatan yang alami. Berikut ini adalah beberapa resep manfaat belimbing wuluh untuk mengobati penyakit

1. Mengatasi jerawat

Bagi remaja, jerawat adalah sebuah momok yang menakutkan. Karena dapat menganggu penampilan mereka.

Berikut resep manfaat belimbing wuluh untuk menghilangkan jerawat, pertama siapkan 3 buah belimbing wuluh, lalu cuci dan parut sampai habis.

Tambahkan sedikit garam dalam parutan tadi. Jadikan sebagai masker untuk wajah sebanyak 2 kali sehari.

2. Pengobatan untuk Hipertensi

Darah tinggi bisa terjadi karen terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah oleh kolesterol ataupun lemak jahat. Untuk pengobatan dengan manfaat belimbing wuluh siapkan 3 buah belimbing wuluh dan juga 25gr biji sari gading.

Haluskan biji sari gading dan rebuslah bersama dengan belimbing wuluh ditambah 4 gelas air. Kita juga bisa menggunakan belimbing wuluh yang diparut dan diambil airnya atau dengan cara merebus belimbing wuluh lalu meminum air rebusannya.

3. Sebagai obat batuk

Batuk memang sangat menggangu aktivitas kita sehari-hari apalagi kalau batuk tersebut tidak kunjung sembuh, pasti sangat jengkel. Obati batuk dengan manfaat belimbing wuluh dari daun, buah dan juga bunga dengan takaran yang sama.

Kemudian rebus selama 30 menit dan minumlah air rebusan tersebut. Bagi anak-anak siapkan 25 kuntum bunga belimbing wuluh, 1 jari temugiring, 1 jari kulit kayu manis, 1 jari kecur, 2 siung bawang merah, ¼ genggam pegagan, ¼ genggang daun saga, ¼ genggam daun inggu, ¼ genggam daun sendok.

Baca Juga: Stop Buang Kulit Manggis, Inilah 5 Manfaat Tersembunyi Dibalik Pahitnya Kulit Buah Tropis Ini

Semua bahan dicuci samapi bersih lalu rebus bersama 5 gelas air. Rebus sampai tersisa hanya setengahnya. Lalu tambahkan dengan madu agar anak-anak menyukainya.

4. Pengobatan untuk diabetes

Diabetes terjadi karen lonjakan gula dalam darah yang tak terkendali. Manfaat belimbing wuluh dapat menurunkan gula dalam darah dengan cara haluskan 6 buah belimbing wuluh, lalu rebus bersama 1 gelas air, saring dan minum 2 kali sehari.

5. Pengobatan reumatik

Reumatik sendiri terjadi karena banyaknya asam urat yang mengendap dipersendian sehingga menyebabkan terjadinya linu ketika sendi bergerak. Untuk pengobatannya dengan manfaat belimbing wuluh siapkan 100 lembar daun belimbing wuluh, lalu cuci dan tumbuk sampai halus.

Baca Juga: Tak Hanya Untuk Rambut, Inilah 6 Manfaat dan Cara Pengolahan Minyak Kemiri

Tambahkan kapur sirih dan gosokkan pada bagian yang sakit atau linu. Atau bisa dengan cara 100gr daun belimbing wuluh yang masih muda, tambahkan 15 biji cengkeh, dan 20 biji merica.

Cucilah semua bahan lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan cuka sedikit dan oleskan pada bagian yang sakit.