Suroboyo.id – Siapa yang tidak mengenal Mahalini? Mahalini merupakan penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol.

Mahalini memiliki suara emas dan emmiliki banyak penggemar sejak awal kemunculannya di Indonesian Idol. Selain memiliki banyak penggemar, ia juga menjadi salah satu peserta favorit para juri.

Berikut ini biodata dari penyanyi Mahalini, mulai dari karir, umur, agama hingga akun instagramnya.

Baca juga: Profil dan Biodata Nicholas Saputra Pemeran Mas Aji di Sayap-Sayap Patah: Agama Hingga Pasangan

Biodata dan Profil Mahalini Idol

Nama lengkap: Ni Luh Ketut Mahalini Ayu Raharja

Nama panggung: Mahalini Raharja/Mahalini Idol

Nama panggilan: Mahalini, Linzi

Tempat, tanggal lahir: Denpasar, Bali 4 Maret 2000

Umur: 21 Tahun

Kewarganegaraan: Indonesia

Pendidikan: Pendidikan Kedokteran Gigi Universitas Mahasaraswati

Nama Orang Tua: I Gede Suraharja (ayah), Ni Nyoman Serini (ibu)

Profesi: Penyanyi

Agama: Hindu

Instagram: @mahaliniraharja

TikTok: @mahalinzi

Youtube: Mahalini Raharja Official

Baca juga: Profil Gus Samsudin Jadab Ahli Spiritual dari Blitar yang Berseteru dengan Pesulap Merah

Karir Mahalini Raharja

Mahalini merintis karier sebagai penyanyi nasional ketika duduk di bangku kelas 9 SMP. Hal ini berawal ketika Mahalini digandeng oleh produser musik asal Jakarta, Bobby Sandhora yang tertarik dengan vokal Mahalini untuk menjadikannya penyanyi pop.

Lalu ia diorbitkan oleh Sandhora Production ke kancah nasional dengan merilis single perdananya berjudul “Bawa Dia Kembali” di bawah naungan label Sandhora dan Valf Records.

Acara perilisan singel tersebut diselenggarakan di aula SMPN 1 Denpasar pada tanggal 17 Januari 2015.

Selanjutnya dirinya tampil sebagai peserta dalam ajang FLS2N Provinsi Bali tahun 2015 bersama grup vokal sekolahnya yang diselenggarakan pada akhir bulan Juni 2015.

Setelah menjuarai kompetisi tersebut ia bersama grupnya mewakili Provinsi Bali ke tingkat nasional pada ajang FLS2N Nasional tahun 2015 yang diselenggarakan di Semarang.

Ketika tahun 2016, Mahalini telah berani untuk tampil solo dalam perlombaan. Ia diketahui pernah berpartisipasi dalam Lomba Lagu Pop Bali dan Indonesia di Balai Bahasa Provinsi Bali pada 13-14 Februari 2016.

Dirinya berhasil meraih juara dalam Lomba Lagu Pop Bali kategori A (12–16 tahun). Di tahun berikutnya, ia berhasil menjuarai FLS2N Provinsi Bali 2017 kategori solo putri dan berhasil melaju ke tingkat nasional dalam FLS2N Nasional tahun 2017 di Kupang.

Baca juga: Mendapat Julukan Pemulung Amal, Berikut Profil Almarhum Koh Steven Pendiri MCI

Selain itu, Mahalini kerap dipercaya untuk mengikuti Parade Lagu Bali Pesta Kesenian Bali selama tiga tahun berturut-turut sejak tahun 2016 hingga 2018.
2019–2020: Indonesian Idol dan singel perdana “Aku yang Salah”

Pada tahun 2019, Mahalini mengikuti ajang pencarian bakat, Indonesian Idol musim kesepuluh.

Sebelumnya dirinya pernah mengikuti ajang yang sama di musim kesembilan namun mengalami kegagalan sewaktu audisi.

Awal mulai dirinya mengikuti ajang Indonesian Idol musim kesepuluh dimulai dari undangan untuk mengikuti audisi Indonesia Idol di Bali, setelah lolos audisi pada bulan Juni 2019. Mahalini melanjutkan audisi ke Jakarta dan berhasil mendapatkan golden ticket.

Pada bulan September 2019 dirinya memasuki masa karantina. Setelah lolos tahap audisi dan melalui proses karantina kompetisi selama 4 bulan, pada tanggal 3 Februari 2020, ia tereliminasi dan menempati posisi sebagai lima besar.

Adapun sebagai mantan finalis, secara otomatis ia ditangani oleh perusahaan manajemen artis milik MNC Group, Star Media Nusantara.

Enam bulan pasca lulus dari Indonesian Idol tepatnya pada tanggal 07 Agustus 2020, ia bersama Nuca—yang juga merupakan alumni Indonesian Idol, merilis single duet berjudul “Aku yang Salah” yang diciptakan oleh Pika Iskandar di bawah naungan label Hits Records.

Ini menjadi penanda tergabungnya Mahalini dalam label tersebut di awal karier bermusiknya sebagai penyanyi pasca lulus dari Indonesian Idol.

Mahalini merilis single keduanya yang berjudul “Melawan Restu” pada tanggal 26 Maret 2020 setelah setahun lulus dari Indonesian Idol.

Dalam penciptaan lagunya, Mahalini terjun sebagai penulis lirik lalu dirinya menggandeng Martinus Tintin dan Keke Ananta yang bertindak sebagai komposer.

Penulisan liriknya sendiri menghabiskan waktu selama satu jam dan terinspirasi dari kisah cintanya di masa lalu. Proses penggarapan lagu ini sendiri memakan waktu tiga bulan dan dimulai sejak bulan Januari 2021.

Lagu ini berhasil membawa Mahalini menjadi musisi Bali pertama yang berhasil mendapatkan 2 juta pendengar perbulannya pada platform streaming musik Spotify serta meraih penghargaan pertamanya yakni sebagai New Artist of the Year dari Indonesian Music Awards 2021 yang diselenggarakan oleh RCTI dan LangitMusik.

Baca juga: Terungkap! Regi Datau Pesan Hadiah Ulang Tahun Ayu Dewi dari Toko Bunga Denise

Selanjutnya Mahalini merilis single ketiganya di tahun 2021 berjudul Sisa Rasa pada tanggal 22 Oktober 2021.

Lagu ini merupakan lagu yang ia persembahkan untuk mengenang ibunya yang telah meninggal 4 bulan sebelumnya.

Dalam penciptaan lagunya, Mahalini kembali bertindak sebagai penulis lirik dan Martinus Tintin sebagai komposer.

Mahalini memulai debut aktingnya dengan berperan sebagai Kanaya dalam film arahan Herwin Novianto berjudul Kapan Pindah Rumah, yang disalurkan melalui KlikFilm pada tanggal 17 Desember 2021.

Mahalini beradu akting bersama Indro Warkop dan Cut Mini, Clara Bernadeth dan Abun Sungkar.

Setelah itu, sebagai penutup akhir tahun Mahalini merilis lagunya yang kelima dengan genre pop bersama Raja Giannuca yang berjudul Janji Kita.