Suroboyo.id – Berikut ini adalah 5 cara efektif memprogram ulang pikiran bawah sadar.Salah satu manfaat dari program ulang pikiran ulang bawah sadar yaitu membuang mental block.

Sebelum memasuki pembahasan. Kita pahami dulu apa pentingnya kita memprogram ulang pikiran bawah sadar kita.

Manfaat program ulang pikiran bawah sadar adalah agar kita dapat menyelaraskan antara keinginan, tindakan dan pikiran untuk bisa mendapatkan hidup yang sejahtera.

Tentu kita sebagai manusia selalu menginginkan kehidupan yang baik, namun di satu sisi kita masih memiliki ketidakjelasan tentang seperti apa kehidupan yang baik untuk diri sendiri.

Baca juga: Mengenal Spiritual Awakening Sekaligus Ciri-Ciri Seseorang yang Mengalaminya

Dalam sebuah penelitian membuktikan bahwa pikiran sadar kita hanya berdampak 3% dalam hidup, sementara 97% yang kita alami adalah hasil dari pikiran bawah sadar.

Untuk itu kita perlu menyelesaikan permasalahan yang ada di dalam pikiran bawah sadar terlebih dahulu sebab disanalah kunci kehidupan kita.

Berikut ini 5 cara efektif program ulang pikiran bawah sadar:

1. Memulai dan Berkomitmen

Pertama dengan memulai dan berkomitmen dengan diri sendiri untuk melakukan perbaikan terhadap diri. Maka, sekarang saatnya untuk memulai semuanya dengan tindakan yang nyata.

Meskipun akan selalu menemui tantangan, namun ketidakmungkinan hanya ada dalam pikiran, sebab kenyataannya semua bisa menjadi mungkin.

Maka bertindak sesuai keinginan, diperlukan komitmen dan tekat yang kuat pada diri sendiri, sebab hal itulah yang akan menolongmu dari rasa takut dan malas.

2. Memperjelas Tujuan Hidup

Untuk memprogram ulang pikiran bawah sadar, kita perlu memperjelas kemana arah perubahan yang kita inginkan dalam hidup.

Kehidupan seperti apa yang kita inginkan? Dan perubahan seperti apa yang ingin kamu alami secara fisik, emosional, finansial, dan spiritual.

Kamu bisa menuliskan daftar keinginan dalam buku catatan agar tetap bisa fokus pada target yang ingin dicapai dalam hidupmu. Sehingga lebih mudah untuk menyusun langkah-langkah kecil yang akan membawamu kesana.

Dan perlu dipahami bahwa untuk mengubah program pikiran bawah sadar tidak dapat terjadi dalam satu malam. Membutuhkan upaya dan konsisten serta usaha dan fokus pada keinginan.

Itulah mengapa kita perlu benar-benar memperjelas tujuan dalam hidup.

Baca juga: 10 Hukum Alam Semesta dan Bagaimana Cara Menggunakannya??

3. Hindari dari Toxic

Toxic dapat diartikan sebagai sesuatu yang dapat merusak emosi dan pikiran, atau hal-hal yang dapat mengahalangi pertumbuhan diri kita ke arah positif.

Toxic biasanya datang dari orang-orang sekitar, tontonan, musik maupun bacaan.

Pasa saat kamu sudah mengonsep dirimu untuk bertumbuh ke arah yang jelas, maka tetaplah fokus pada hal tersebut.

Jangan biarkan ada sesuatu hal yang masuk dan mengganggu, mengalihkan perthatianmu sehingga lupa dengan tujuan yang ingin kamu capai.

Perlu dipahami bahwa program lama yang berada di pikiran bawah sadar saat ini adalah hasil dari toxic-toxic yang kita serap dari lingkungan sekitar.

Untuk itu jalan satu-satunya jika kamu ingin berubah, mau tidak mau kamu harus menjauh dari semua itu.

Bersabarlah untuk melihat perubahan, biarkan saja dirimu bertumbuh sampai batas waktunya tiba.

Dengan langkah-langkah kecil, tetaplah yakin bahwa kamu akan menjadi lebih baik di masa depan.

4. Berdamai dan Maafkan Diri Sendiri

Selanjutnya,  berdamai dan memaafkan diri sendiri.

Kita tidak dapat melakukan perubahan yang baik atau mengubah program pikiran bawah sadar menjadi lebih positif  jika dalam hati masih menyimpan banyak dendam, kebencian, ego dan amarah.

Karena semua perasaan negatif tersebut akan menjadi penghalang yang menghambat perubahan.

Masa lalu yang pahit akan terus menarikmu kebelakang, sedangkan dirimu selalu bergerak maju.

Oleh sebab itu, kamu tidak akan dapat melangkah maju jika masih terikat dan langkahmu yang tertahan.

Dan tidak ada cara lain untuk melepaskan ikatan tersebut kecuali jika kamu mau berdamai dan memaafkan dirimu sendiri.

Baca juga: Amalan di Bulan Rabiul Awal: Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

5. Merendahkan Hati

Tujuan kita bersikap rendah hati adalah agar kita tahu apa saja kelemahan pada diri kita yang harus dihilangkan dan diganti dengan program yang lebih membawa manfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain.

Dengan bersikap rendah hati berarti kita juga sudah menurunkan ego. Sebab jika ego masih terlalu kuat, akan sulit untuk memasukkan program baru ke pikiran bawah sadar.