Suroboyo.id – Niat dan tata cara sedekah subuh agar hajat mudah terkabul.

Sesuai dengan namanya sedekah subuh yaitu sedekah yang dilakukan pada waktu subuh atau seusai melakukan shalat subuh dengan memasukkan uang pada sebuah kotak amal yang bisa disediakan sendiri untuk bersedekah di waktu subuh.

Mungkin ada sebagian yang belum mengerti bagaimana niat dan tata cara bersedekah subuh. Untuk itu, supaya Anda mengerti mengenai niat dan tata cara sedekah subuh. Bisa Anda simak artikel berikut ini.

Baca juga: 30 Kata-Kata Positif yang Bakal Tingkatkan Mood Kamu Kembali

Rasulullah SAW menganjurkan kepada seluruh umat Islam untuk mengerjakan sedekah. Berikut ini hadits yang menerangkan tentang anjuran bersedekah:

“Setiap datang waktu pagi yang dialami para hamba, ada 2 malaikat yang turun, yang satu berdo’a: “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq.” Sementara yang satunya berdo’a: Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang yang kikir.” (HR. Bukhari 1442 & Muslim 2383).

Niat Sedekah Subuh

Sebelum melakukan segala sesuatu sebaiknya harus didasari dengan niat yang baik dan bukan atas dasar paksaan dan intervensi dari pihak manapun.

Untuk itu, ada bacaan niat sedekah subuh yang dapat diamalkan.

“Aku niat bersedekah untuk mendekatkan diri kepada Allah, menghindari murka Tuhan, menghindari api neraka jahannam, berbelas kasih kepada saudara dan menyambung silaturahmi, membantu orang-orang yang lemah, mengikuti Nabi saw, memasukkan kebahagiaan pada saudara, menolak turunnya dari mereka dan semua kaum Muslimin, menafkahkan rezeki yang diberikan oleh Allah, dan untuk mengalahkan nafsu dan setan.”

Setelah membaca niat sedekah subuh, dilanjutkan dengan bersedekah dan dianjurkan untuk membaca do’a agar amalan lebih sempurna.

“Rabbana taqabbal minna innaka antas sami’ul alim”.

Baca juga: Mengenal Spiritual Awakening Sekaligus Ciri-Ciri Seseorang yang Mengalaminya

Tata Cara Sedekah Subuh

1. Memasukkan Uang ke Dalam Kotak Amal

Hal ini dapat dilakukan saat kita pergi ke masjid untuk melaksanakan shalat Subuh, sejak dari rumah kita bisa menyiapkan sejumlah uang yang nantinya akan di sedekahkan dengan cara dimasukkan dalam kotak amal.

2. Mengirim Uang Sedekah Melalui Rekening

Cara untuk bersedekah tidak hanya dilakukan secara langsung, di waktu Subuh kita juga bisa bersedekah dengan cara mengirimkan uang melalui transfer ke rekening yang ingin dituju, seperti mentransfer ke orang tua maupun lembaga yatim piatu.

3. Memberi Makanan di Waktu Subuh

Salah satu kebutuhan yang penting dalam kehidupan ini adalah makanan, banyak orang diluar sana yang kesusahan untuk mencukupi kebutuhan hidup, terutama untuk hal makan.

Untuk itu memberikan makanan di waktu Subuh bisa menjadi kegiatan sedekah yang baik, kita bisa memberikan makanan kepada tetangga sekitar, maupun orang-orang yang tinggal di pinggir jalan.

4. Mengantarkan Bantuan

Bisa juga dilakukan dengan cara mengantarkan sebuah bantuan kepada yang membutuhkan, seperti bantuan untuk korban bencana maupun bantuan berupa logistik yang dibutuhkan orang tersebut, dan lebih baik jika mengantarnya di waktu Subuh.