Suroboyo.id – Amalan yang dapat dikerjakan oleh seluruh umat Muslim pada saat bulan Rabiul Awal atau bulan menjelang kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Bulan Rabiul awal merupakan bulan ketiga dalam kalender Hijriah. Yaitu tepatnya setelah bulan Safar dan sebelum Rabiul Akhir.

Bulan Rabiul Awal menjadi salah satu bulan yang dimuliakan umat Islam karena bertepatan dengan sejumlah peristiwa penting.

Baca juga: Profil Gus Samsudin Jadab Ahli Spiritual dari Blitar yang Berseteru dengan Pesulap Merah

Di antaranya kelahiran dan wafatnya nabi Muhammad SAW pada tanggal 12 Rabiul Awal, hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekkah ke Madinah. Serta dibangunnya masjid pertama di dunia pada 8 Rabiul Awal 1 Hijriah.

Menurut sejumlah riwayat, Rasulullah SAW mendirikan shalat Jum’at pertama kalinya di bulan Rabiul Awal tahun pertama Hijriah ketika dalam perjalanan hijrah dari Mekkah ke Madinah

Untuk amalan yang dapat dikerjakan pada saat bulan Rabiul Awal yaitu:

Memperbanyak Sholawat

Mengutip buku Menggapai Berkah di Bulan-bulan Hijriah karya Zamratus Sa’adah. Amalan yang dianjurkan bagi setiap Muslim di bulan kelahiran Nabi adalah memperbanyak sholawat atas Nabi Muhammad SAW.

Shalawat yang paling utama dan baik dibiasakan adalah sholawat Al-Ibrahimiyah.

Allahumma shalli ‘alaa Muhammad wa ‘alaa ali Muhammad kama shollaita ‘alaa Ibrahim wa ‘alaa ali Ibrahim wa baarik ‘alaa Muhammad wa ‘alaa ali Muhammad kama baarakta ‘alaa Ibrahim wa ‘alaa ali Inrahim fil ‘alamiina innaka hamidun majiid.

Artinya: Ya Allah, berikan sholawat kepada junjungan kami Muhammad, beserta keluarganya sebagaimana engkau telah memberi sholawat kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Dan berilah keberkahan kepada junjungan kami Nabi Muhammad, beserta keluarganya sebagaimana engkau telah memberi keberkahan kepada junjungan kita Nabi Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji dan Yang Mulia. (Al-Bukhari, Ash-Shahih (4/146).

Baca juga: Sambut HUT RI, Pemkot Surabaya Bersama TNI AL Kerja Bakti Bersihkan Kalimas

Mengerjakan Berbagai Amal Kebaikan

Rabiul Awal merupakan bulan untuk melakukan berbagai amal kebaikan.

Amalan-amalan yang dapat dikerjakan adalah membaca Al-Qur’an, memperbanyak sedekah, memperbanyak dzikir, dan mengerjakan puasa sunnah.

Selalu Mengingat dan Mendengar Kisah Rasulullah SAW

Amalan selanjutnya yang dapat dilakukan pada saat Rabiul Awal adalah mengingat tentang perjuangan Rasulullah sekaligus banyak mendengarkan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW.

Masih disebutkan dalam sumber yang sama, perisiwa Maulid Nabi menjadi slaah satu momentum baik untuk menunjukkan kecintaan kita kepada Rasulullah SAW beserta ungkapan syukur atas kelahiran beliau sebagai pembawa rahmat bagi seluruh alam.