Waspadai Penyebab dan Cara Mengatasi Stroke dengan Cepat dan Tepat

  • Bagikan
Pertolongan Pertama Menghadapi Stroke
Pertolongan Pertama Menghadapi Stroke

Suroboyo.id – Stroke adalah penyakit yang terjadi akibat peyumbatan atau pecahnya pembuluh darah otak. Akibatnya, asupan oksigen menuju otak menjadi terhambat sehingga bagian tubuh yang tak tersuplai oksigen menjadi lumpuh.

Adapun kelumpuhan pada penderita stroke dapat terjadi pada seluruh bagian tubuh atau separuh bagian tubuh. Karana bahaya stroke yang seperti inilah, setiap orang harus tahu cara tepat mengatasi stroke agar kelumpuhan pada penderita stroke tak terjadi secara permanen.

Penyebab stroke

Penyakit stroke umumnya disebabkan oleh sumbatan pada pembuluh darah otak atau bisa juga dikarenakan pecahnya pembuluh darah otak.  Namun, faktor pemicu serangan stroke lah yang sangat beragam. Adapun faktor pemicu tersebut antara lain darah tinggi, kolesterol, jantung coroner dan obesitas.

Baca Juga: Meskipun Sehat, Terlalu Sering Minum Jus Jeruk Justru Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Meski pemicu serangan stroke sangat beragam, ciri-ciri serangan stroke tetaplah sama. Adapun ciri awalnya adalah rasa kebas pada bagian tertentu.

Rasa kebas seperti ini menandakan adanya serangan stroke ringan. jika serangan yang sama datang kembali, maka akan terjadi stroke kedua yang lebih parah dan membutuhkan waktu pengobatan yang lebih lama.

Sedangkan tanda stroke berat adalah bibir atau bagian muka turun, kaki atau tangan dingin yang dibarengi dengan kesulitan bergerak, bicara cadel dan berkurangnya kemampuan komunikasi.

Pertolongan pertama pada penderita stroke

Jika Anda menemukan orang di sekitar Anda yang memiliki ciri-ciri serangan stroke, maka segeralah lakukan pertolongan pertama untuk menyelamatkan nyawa mereka.

Kunci utama dalam memberikan pertolongan pertama pada penderita stroke adalah dengan membuat jalan nafas Mereka tetap terbuka. Oleh karena itu, posisikan penderita stroke miring kea rah bagian yang mengalami kelumpuhan.

Cara tepat mengatasi stroke

Stroke adalah penyakit yang memerlukan pengobatan jangka panjang. Oleh karena itu, cara tepat mengatasi stroke adalah dengan melakukan terapi dan pengobatan herbal. Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisir efek obat-obatan kimia bagi kesehatan.

Adapun cara tepat mengatasi stroke secara alami adalah sebagai berikut.

  1. Siapkan es balok, garam espom dan minyak tanah.
  2. Remukkan es batu lalu tuangkan garam espom.
  3. Tambahkan minyak tanah lalu aduk sebentar.
  4. Rendam bagian yang lumpuh, bisa kaki atau tangan sambil menginjak garam espom sebisa mungkin.
  5. Ketika tangan atau kaki sudah terasa tertarik, angkat lalu masukkan lagi dalam rendaman minyak tanah ketika tubuh mulai rileks.
  6. Lakukan cara ini terus menerus hingga bagian yang lumpuh kembali bisa digerakaan.

Selain merendam bagian yang lumpuh pada minyak tanah, cara tepat mengatasi stroke juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan penurun tekanan darah, terapi air hangat dan melakukan pijatan yang mampu merangsang sel yang telah lumpuh.

Hindari juga makanan berlemak, asin dan berbagai jenis makanan pemicu naiknya tekanan darah untuk mempercepat proses penyembuhan stroke.

Baca Juga: Perhatikan, Inilah 18 Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

Demikianlah tanda awal stroke, penyebab dan cara tepat mengatasi stroke yang harus Anda ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan Anda mengenai penyakit stroke.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *