Meskipun Sehat, Terlalu Sering Minum Jus Jeruk Justru Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

  • Bagikan
Jus Jeruk
Jus Jeruk

Suroboyo.id – Siapa yang tidak suka dengan jus jeruk? Minuman dari buah asli dan menyegarkan ini sangat efektif untuk menghilangkan dahaga. Tak hanya itu, jus jeruk juga memiliki kandungan vit C tinggi sehingga baik untuk kesehatan kulit dan juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, siapa sangka bahwa ada bahaya jus jeruk yang sangat membahayakan jiwa?

Dikutip dari mail online, seorang ahli gizi memaparkan bahwa bahaya jus jeruk sangatlah fatal. Saat Kita ingin membuat jus jeruk, maka jeruk dibelah terlebih dahulu lalu diperas. Nah, pada saat pemerasan inilah senyawa synephrine yang ada pada kulit jeruk bisa ikut terperas.

Pengolahan yang salah juga terjadi pada produsen jus jeruk dalam kemasan. Pabrik yang memproduksi jus jeruk dalam skala besar juga akan melakukan proses pemerasan jeruk secara bersamaan tanpa mengupas terlebih dahulu kulitnya.

Baca Juga: Stop Buang Kulit Manggis, Inilah 5 Manfaat Tersembunyi Dibalik Pahitnya Kulit Buah Tropis Ini

Bahaya jus jeruk yang paling nyata adalah penyempitan pembuluh darah. Senyawa synephrine yang ada pada kulit jeruk akan menyebabkan vasokontriktor sehingga pembuluh darah dapat menyempit. Bahaya seperti ini memang tidak terjadi dalam jangka waktu pendek, namun mengkonsumsi jus jeruk terlalu sering dapat menjadi pemicu utamanya.

Jika yang Anda konsumsi adalah jus jeruk dalam kemasan, maka bahaya jus jeruk yang akan Anda rasakan bukan hanya penyempitan pembuluh darah saja. Masalah kesehatan lain seperti migraine juga dapat menyerang jika Anda keseringan minum jus jeruk.  Belum lagi bahaya pemanis buatan, penambahan zat asam, pengawet serta pewarna yang sangat membahayakan kesehatan.

Bahaya jus jeruk lainnya adalah potensi kekurangan magnesium dalam tubuh sehingga dapat memicu sakit kepala hebat dan cepat lelah dan sembelit. Lantas, apakah karena bahaya jus jeruk berarti Kita tak boleh lagi membuat jus jeruk? Jawabnya tentu saja boleh asalkan dalam takaran yang wajar.

Selain itu, cara pengolahan jus jeruk juga harus diperhatikan. Cara membuat jus jeruk yang tepat adalah dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu. Mungkin hal ini akan sedikit merepotkan dan memakan waktu lama, namun cara ini akan memungkinkan Anda untuk dapat mengkonsumsi jeruk tanpa dibayangi bahayanya bagi kesehatan.

Satu lagi yang harus Anda perhatikan jika ingin bebas dari bahaya jus jeruk, yaitu mengatur porsi gula. Menggunakan terlalu banyak gula tak akan berimbas baik bagi kesehatan. Terlalu banyak gula akan mengakibatkan gula darah naik. Alih-alih mendapat tubuh yang sehat berkat konsumsi jus buah, Anda justru akan mengidap penyakit diabetes.

Baca Juga: Tak Hanya Untuk Rambut, Inilah 6 Manfaat dan Cara Pengolahan Minyak Kemiri

Sebenarnya, cara yang paling tepat agar terhindar dari bahaya jus jeruk adalah dengan mengkonsumsi jeruk secara langsung. Namun, Anda juga harus memilih jeruk yang sudah layu karena jeruk yang masih segar cenderung lebih asam dan memiliki kandungan synephrine yang masih tinggi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *