in

Ingin Turunkan Kolesterol, Simak 5 Tips Berikut Serta Hindari Konsumsi Makanan Ini

Cara Menurunkan Kolesterol serta Pantanganya
Cara Menurunkan Kolesterol serta Pantanganya

Suroboyo – Kolesterol merupakan senyawa yang memiliki tekstur lembek dan terletak di antara lemak dalam aliran darah serta seluruh sel-sel dalam tubuh.

Untuk jenisnya dikenal menjadi dua, yakni Low Density Lipoprotein (LDL) yang sering disebut dengan kolesterol jahat, dan High Density Lipoprotein (HDL) yang dikenal dengan kolesterol baik.

Jika lebih banyak LDL dalam tubuh, maka Anda harus menurunkan kadar kolesterol tersebut apabila tak ingin menjumpai beberapa penyakit.

Baca Juga: Waspadai Penyebab dan Cara Mengatasi Stroke dengan Cepat dan Tepat

Terdapat beberapa tips untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Perlu Anda ketahui, bahwa kadar LDL yang tinggi dapat memperburuk kesehatan seseorang.

Kolesterol tinggi pun menjadi penghantar beberapa penyakit seperti diabetes militus, hipertensi, serangan jantung, stroke serta penyempitan pembuluh darah.

Sebenarnya cara menurunkan kadar kolesterol mudah saja, Anda hanya perlu membatasi mengkonsumsi jenis makanan atau minuman yang memiliki label lemak jenuh yang biasanya berasal dari lemak hewani.

Makanan merupakan media untuk mengobati, mencegah dan menurunkan kolesterol. apabila makanan yang dikonsumsi tidak dipilih-pilih dengan baik, maka hal tersebut tidak akan baik bagi kesehatan Anda.

Gejala-gejala dari kolesterol tinggi ialah, adanya migrain atau sakit kepala sebelah, rasa pegal pada tengkuk kepala bagian belakang, kesemutan serta rasa nyeri pada persendian.

Jika Anda telahmerasakan hal yang demikian, maka segeralah menurunkan kadar kolesterol dengan melakukan upaya-upaya pemilihan makanan yang hendak dikonsumsi. Mulai lah mencicipi jenis makanan yang sehat dengan takaran lemak jenuh yang sedikit.

Tips Menurunkan Kadar Kolesterol

  1. jika ingin mengkonsumsi telur, maka makan yang bagian putihnya saja. hal ini karena pada kuning telur terdapat lemak yang cukup banyak.
  2. Konsumsi susu yang rendah lemak
  3. Apabila ingin menyantap daging, maka pilih daging yang tanpa kulit. berlaku pula pada daging ayam.
  4. Memerhatikan teknik memasak.Kurangi menyantap makanan dengan minyak kelapa, ganti menjadi minyak zaitun atau menggunakan metode memasak dengan cara direbus.
  5. olahraga juga penting bagi Anda. Maka jangan malas untuk bergerak secara aktif. Pilih olahraga ringan seperti aerobik, lari ringan atau menggunakan tredmill.

Makanan Pantangan Kolesterol

  • Gorengan serta mentega. Sebaiknya jika ingin gorengan maka minyaknya berasal dari minyak sehat seperti zaitun atau canola.
  • Gajih sapi, gajih kambing daging serta sapi berlemak.
  • sosis, keju serta susu yang memiliki kandungan tinggi lemak
  • kuning telur, kepiting, cumi-cumi, otak sapi, telur puyuh
  • udang belut serta siput.

Baca Juga: Meskipun Sehat, Terlalu Sering Minum Jus Jeruk Justru Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

Dengan pemlihan makanan dan teknik memasak yang sehat, maka kemungkinan untuk menurunkan kadar kolesterol akan sukses juga tinggi. Jangan lupa melakukan olahraga 3-5 kali seminggu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.