Perhatikan, Inilah 18 Jenis Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Darah Rendah

  • Bagikan
Makanan Sehat Bagi Penderita Darah Rendah
Makanan Sehat Bagi Penderita Darah Rendah

Suroboyo.id – Tekanan darah rendah biasa dialami oleh orang dewasa baik pria maupun wanita. Munculnya tekanan darah ditandai dengan badan lemas, mudah lelah, pandangan kabur, dan lain sebagainya.

Tekanan darah rendah bisa disebabkan karena jumlah sel darah merah didalam tubuh jumlahnya menurun. Mengatasi tekanan darah rendah perlu cara yang bertahap dan tidak secara instan bisa pulih.

Tekanan darah rendah jika tidak segera diatasi maka akan berakibat pingsan bahkan bisa membuat tubuh drop. Oleh karena itu, agar tekanan darah rendah tidak mudah menyerang ada baiknya untuk melakukan pencegahan sedini mungkin. Untuk mencegah dan mengatasi tekanan darah rendah, seseorang biasanya mengkonsumsi vitamin penambah darah.

Baca Juga: Stop Buang Kulit Manggis, Inilah 5 Manfaat Tersembunyi Dibalik Pahitnya Kulit Buah Tropis Ini

Selain mengkonsumsi vitamin penambah darah, seseorang bisa mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang bisa menstabilkan tekanan darah.

Berbagai jenis makanan tersebut dipercaya mampu mencegah dan mengatasi tekanan darah rendah. Berikut ini akan dijelaskan berbagai makanan untuk penderita tekanan darah rendah, berikut penjelasannya.

Daging merah

Kandungan protein dan zat besi pada daging merah dapat menjadi salah satu makanan untuk mengatasi tekanan darah rendah. Daging merah yang dikonsumsi sebaiknya adalah daging sapi tanpa lemak. Konsumsi daging sapi secara rutin dapat membantu Anda terhindar dari tekanan darah rendah.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh salah satunya untuk mengatasi tekanan darah rendah. Semua jenis kacang-kacangan dipercaya mampu meningkatkan jumlah sel darah merah di dalam tubuh. Agar proses menambah tekanan darah lebih cepat maka sebaiknya mengkonsumsi kacang almond.

Roti gandum dan sereal

Makanan yang berbahan dasar gandum memilki manfaat untuk menambah sel darah merah di dalam tubuh. Roti gandum dan sereal merupakan jenis makanan yang terbuat dari gandum sehingga kedua makanan tersebut dapat membantu mengatasi tekanan darah rendah.

Semangka

Buah semangka ternyata juga mampu menambah sel darah merah di dalam tubuh. Kandungan vitamin A dan gula alami pada buah semangka mampu mempercepat proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita tekanan darah rendah.

Alpukat

Kandungan vitamin B kompleks pada buah alpukat dapat membantu proses pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Konsumsilah buah alpukat secara teratur agar bisa memperoleh manfaat dari buah alpukat untuk menambah darah.

Buah delima

Kandungan gizi dan nutrisi di dalam buah delima dapat berfungsi untuk menambah sel darah merah di dalam tubuh.

Kurma

Rasa kurma yang manis dan lembut dapat membantu pembentukan  sel darah merah di dalam tubuh. Kandungan gula alami dalam buah kurma sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan energi dan nutrisi di dalam tubuh.

Anggur

Dibalik rasanya yang segar  ternyata buah anggur dapat bermanfaat untuk mengatasi tekanan darah rendah. Kandungan vitamin dan nutrisi di dalam buah anggur dapat membantu pembentukan sel darah merah.

Brokoli

Kandungan di dalam brokoli dipercaya mampu membantu pembentukan sel darah merah sehingga dapat mengatasi tekanan darah rendah.

Bayam

Bayam merupakan salah satu sayuran yang akan zat besi sehingga sangat cocok dikonsumsi untuk mengatasi tekanan darah rendah.

Sawi hijau

Sawi merupakan salah satu sayuran yang memilki banyak kandungan gizi serta nutrisi. Kandungan dalam sawi hijau itulah yang mampu membantu mengatasi tekanan darah rendah.

Lobak

Lobak memiliki warna putih dan bentuk menyerupai wortel. Namun ternyata sayur lobak mampu mengatasi tekanan darah rendah karena kandungan di dalam lobak dapat berfungsi untuk menambah sel darah merah di dalam tubuh.

Baca Juga: Tak Hanya Untuk Rambut, Inilah 6 Manfaat dan Cara Pengolahan Minyak Kemiri

Demikinalah penjelasan mengenai jenis makanan untuk penderita tekanan darah rendah. Mengkonsumsi berbagai jenis makanan diatas dapat membantu Anda untuk mengatasi tekanan darah rendah, Selain itu, makanan di atas tergolong alami dan juga memilki banyak kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *