Suroboyo.id – Dengan harga yang selalu meningkat setiap tahunnya, membuat bisnis tanah memiliki prospek yang cerah di masa mendatang. Bisnis ini pun dapat menjadi referensi bagi Anda yang bingung ingin memulai bisnis apa yang sekiranya menguntungkan.

Memang dana yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini lumayan besar, namun jika melihat prospeknya ke depan, dijamin Anda akan memperoleh keuntungan yang berlipat ganda.

Sebelum memulai bisnis ini, alangkah lebih baik jika Anda menyimak informasi mengenai beberapa hal yang wajib dipertimbangkan ketika berbisnis tanah.

1. Lokasi tanah

Menentukan tanah merupakan hal yang paling krusial sebelum memulai berbisnis. Anda harus benar-benar jeli menentukan tanah mana yang memang memiliki potensi untuk mengalami kenaikan harga tinggi di masa ke depannya. Umumnya, tanah yang memiliki kriteria tersebut adalah yang berlokasi di pusat bisnis dan industri serta kawasan pemukiman.

Baca Juga: 3 Tips Menjual Tanah Agar Cepat Laku, Yakin Tak Mau Mencoba?

Selain itu, kawasan yang sedang dikembangkan juga sangat potensial untuk dijadikan lahan bisnis, seperti lokasi yang dikembangkan untuk pusat bisnis, pendidikan, industri baru, dan lain sebagainya.

Tak hanya itu saja, Anda juga perlu memperhatikan apakah tanah di kawasan tersebut sering dilanda bencana seperti tanah longsor, banjir, dan lain sebagainya. Kemudian, apakah lokasi tanah tersebut dekat dengan tempat yang tidak nyaman seperti angker, dekat makam, dekat limbah pembuangan, dan lain sebagainya. Biasanya, orang-orang tidak tertarik dengan kawasan tersebut.

Alangkah lebih baik jika sebelum memulai bisnis tanah, Anda melakukan testimoni dengan warga sekitar mengenai kawasan tersebut karena mereka memang lebih tahu dan jangan lupa pula meminta bantuan Notaris untuk mengatasi masalah ini.

2. Kondisi tanah

Kondisi tanah meliputi beberapa hal seperti kerataan, bentuk tanah, kepadatan tanah, hadap tanah, ukuran tanah, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut memang sangat penting untuk dipertimbangkan.

Anda perlu melakukan survei mengenai apa yang menjadi favorit dari masyarakat terkait kondisi tanah tersebut agar bisnis Anda bisa berjalan dengan lancar ke depannya. Survei yang dilakukan bisa dengan menggunakan cara jajak pendapat ataupun dengan cara yang lainnya.

3. Negosiasi harga tanah

Memulai bisnis ini berarti Anda juga harus pandai dalam hal negosiasi harga agar keuntungan yang didapatkan semakin besar. Anda bisa menawarkan harga yang mahal kepada pembeli jika Anda memiliki alasan yang kuat akan hal tersebut, misalnya dengan keunggulan yang dimiliki dari tanah tersebut.

Jika Anda berperan sebagai pembeli untuk memperoleh harga yang murah, maka anda harus memiliki trik tertentu yaitu dengan mencari kelemahan apa saja yang ada pada tanah tersebut sehingga Anda memiliki alasan yang kuat untuk membeli tanah dengan harga yang murah.

4. Legalitas dan kelengkapan surat tanah

Legalitas dan kelengkapan surat tanah memang harus Anda cek sebelum membeli tanah untuk mendirikan sebuah bisnis. Ya, kejelasan mengenai dokumen dari tanah tersebut memang sangat penting bagi Anda akan terhindar dari masalah sengketa di kemudian hari.

Oleh sebab itu, jangan sungkan-sungkan untuk meminta bantuan ahlinya yang dalam hal ini adalah Notaris/PPAT. Bisnis tanah Anda akan berjalan dengan lancar jika kejelasan dari tanahnya bisa Anda dapatkan.

5. Kestabilan Keuangan

Bisnis yang satu ini dapat memberikan banyak keuntungan untuk Anda jika menjualnya dalam jangka waktu yang lama. Ya, perlu diketahui bahwa setiap tahunnya harga tanah selalu meningkat dan ini merupakan strategi bisnis yang harus Anda pertimbangkan.

Dalam masa tunggu ini Anda harus benar-benar memperhatikan kondisi keuangan agar tidak mengalami kebangkrutan. Bisa Anda bayangkan sendiri jika di tengah-tengah masa tunggu, kondisi keuangan Anda tidak stabil, maka langkah yang paling tepat adalah dengan menjual tanah tersebut. Jika memang baru satu atau dua tahun, tentu ini akan menjadi masalah bagi Anda karena target keuntungan belum tercapai.

Baca Juga: Miliki Rumah Idamanmu dengan KPR Bank Sinarmas

Memang dalam kurun waktu satu atau dua tahun, Anda sudah mendapatkan selisih harga beli dengan harga jualnya. Namun, Anda juga patut untuk memperhitungkan aspek yang lain seperti pajak yang sudah dikeluarkan, biaya balik nama, biaya pengurusan surat, dan biaya perawatan, dan biaya yang lainnya. Tentu saja aspek tersebut membutuhkan uang yang banyak.

Bisa jadi, selisih uang tersebut habis untuk membayar segala pembiayaan di luar harga tanah. Kemudian apa keuntungan yang diterima oleh Anda? Padahal segala daya dan upaya telah Anda korbankan namun keuntungan tak kunjung Anda raih. Oleh seba itulah penting sekali bagi Anda untuk menjaga kestabilan uang agar hal yang merugikan tersebut tidak menghampiri Anda.

Bisnis tanah dapat menguntungkan bagi Anda jika pintar dalam mengambil peluang dan mengelola bisnisnya. Untuk memulai bisnis tanah memang butuh banyak pertimbangan yang sebaiknya tidak Anda abaikan agar bisnisnya tetap berjalan dan mendatangkan keuntungan yang berlipat untuk Anda. nah, informasi yang telah disajikan di atas dapat menambah ilmu Anda dalam memulai bisnis yang menguntungkan ini.