Suroboyo.id – Menjual tanah memang bukanlah perkara yang mudah meskipun banyak yang tahu kalau bisnis tanah merupakan bisnis yang menjanjikan dan menguntungkan. Sekarang ini pembeli semakin cerdas saja dalam memilih tanah mana yang cocok untuk dijadikan sebagai lahan usaha ataupun untuk dirinya sendiri.

Banyak sekali pertimbangan yang dilakukan pembeli sebelum memilih tanah karena memang membeli tanah bukanlah pencapaian yang kecil dan membutuhkan banyak biaya. Hal inilah yang semakin menyulitkan penjual saat akan menjual tanahnya.

Oleh sebab itu, berikut ini akan disajikan informasi mengenai tips menjual tanah yang patut Anda simak.

1. Pasang iklan

Pasang iklan adalah cara pertama yang bisa Anda tempuh untuk menjual tanah. Dengan memasang iklan akan semakin banyak orang yang tahu kalau Anda sedang menjual tanah. Pasanglah iklan di berbagai media seperti koran, majalah, panflet, dan lain sebagainya. Anda juga bisa memasang iklan di media sosial seperti WA, Instagram, Twitter, Facebook, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Syarat Pengajuan KPR BRI: Miliki Rumah Idamanmu

Dengan memasang iklan di media sosial, maka akan semakin banyak orang tahu karena media sosial jangkauannya lebih luas. Gencar-gencarlah dalam melakukan promosi melalui iklan ini agar tanah Anda segera terjual. Buatlah tampilan yang menarik agar calon pembeli merasa tertarik untuk membeli tanah Anda dan berikanlah informasi yang benar dan selengkap mungkin.

Anda juga bisa meminta bantuan teman untuk mempromosikan tanah Anda agar semakin cepat terjualnya. Semakin banyak teman yang mempromosikannya semakin cepat pula tanah Anda terjual. Untuk itu, Anda harus mencari banyak masa untuk mempromosikan tanah yang akan dijual. Mintalah kepada mereka untuk mempromosikannya tidak hanya dari mulut ke mulut melainkan juga melalui media sosial agar jangkauannya lebih luas lagi.

Jika bersedia, Anda juga bisa menyewa jasa broker untuk mempromosikan tanah yang Anda jual. Dengan begitu, Anda tak perlu menunggu waktu lama karena pembeli akan segera menghubungi Anda. Tips menjual tanah yang satu ini memang sering dipakai karena mudah dan hasil yang didapatkan juga memuaskan.

2. Cari lokasi tanah yang bagus

Jika Anda berprofesi sebagai makelar, broker, ataupun agen properti yang ingin menjual tanah secara cepat, maka hal yang perlu dilakukan adalah membuat list tanah yang sekiranya diminati oleh masyarakat. Kriteria tanah yang bagus adalah bentuknya rata dan padat, ukurannya standar, letaknya strategis, tidak dekat dengan pembuangan limbah ataupun tempat yang tidak mengenakan lainnya, dan yang pasti adalah harganya terjangkau.

Percuma saja jika Anda membuat list tanah yang harganya selangit dan kondisi tanahnya tidak bagus karena jarang yang akan membelinya. Terlebih lagi jika lokasi tanah tersebut angker dan rawan terjadi bencana, pastilah tidak ada satu orang pun yang akan membeli.

Untuk itu, sebagai makelar, broker, ataupun agen properti, Anda harus cerdas dalam membuat list tanah jika ingin tanahnya cepat terjual. Jangan pernah menyepelekan tips menjual tanah yang satu ini karena memang sudah terbukti. Tak percaya? Coba saja sendiri.

3. Bekerjasama

Ini adalah tips menjual tanah yang sangat mudah dan sangat menguntungkan bagi Anda. jika Anda adalah seorang pemilik tanah yang ingin menjual tanah tersebut namun merasa kesulitan, Anda bisa mengadakan kerjasama dengan pengembang properti atau investor. Nantinya tanah tersebut akan dibuat oleh pengembang dengan menggunakan sistem keuntungan bagi hasil.

Anda akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus yaitu keuntungan penjualan tanah dan juga keuntungan hasil dari penjualan rumah dari lahan yang dibuat kersajama.

Namun, sebelum melakukan kerjasama, Anda harus melihat terlebih dahulu apakah tanah yang akan dijual sudah sesuai dengan standar atau belum karena para pengembang pun tidak mau bekerjasama jika tanahnya memiliki kualitas yang jelek.

Baca Juga: Berapa Modal Bisnis Rumah Kos? Siapkan Budget Segini

Dengan kata lain, tanah Anda harus memenuhi kriteria tertentu agar si pegembang merasa tertarik untuk bekerjasama dengan Anda.

Ketika tips menjual tanah tersebut sangat sayang sekali jika tidak Anda lakukan karena dampaknya memang sangat baik untuk Anda yang sedang mencari pembeli. Kunci agar tanah Anda cepat terjual adalah jangan mudah menyerah dan teruslah melakukan promosi melalui media apapun. Jika memang belum terjual juga, cobalah untuk mengadakan kerja sama dengan pihak lain.