Suroboyo.id –  Rekomendasi novel remaja paling best seller yang wajib untuk kamu baca.

Membaca novel memiliki manfaat untuk para remaja. Selain menjadi hiburan saat waktu luang, juga dapat meningkatkan rasa empati, mengolah imajinasi, meningkatkan pengetahuan, memahami realitas kehidupan dan dapat menjadi motivasi dalam kehidupan.

Dalam novel remaja, biasanya penulis akan menyuguhkan tokoh-tokoh yang berhubungan dengan masa-masa remaja, dan kisah-kisah kehidupan yang sering dialami oleh para remaja.

Baca juga: Mengulas Tentang Buku The Psycologi of Money-Morgan Housel: Bagaimana Kamu Merubah Pandanganmu Terhadap Uang

Ada beberapa genre dalam novel remaja atau teenlit, yang dapat dibaca oleh para remaja. Misalnya novel romantis yang menceritakan kisah cinta dimasa sekolah, maupun novel horor yang penuh dengan teka-teki dan misteri.

Berikut ini beberapa rekomendasi novel remaja terbaik yang wajib untuk kamu baca.

1. Kekasih Musim Gugur – Laksmi Pamuntjak

“Namun rahasia seperti warna. Tatap dalam-dalam, dan ia mulai menuturkan selaksa cerita.”

Kekasih Musim Gugur adalah kisah dua perempuan, Srikandi (Siri) dan Dara. Yang satu seorang seniman cosmopolitan, yang satunya lagi seorang aktivis politik. Siri adalah anak Amba dan Bhisma, tokoh utama novel pertama Laksmi Pamuntjak, Amba.

Setelah bertahun-tahun mengembara di pelbagai kota di dunia – London, New York, Madrid – Siri memutuskan hidup di Berlin untuk menghindar dari masa lalu keluarganya.

Tak disangka, sebuah berita mengejutkan memaksanya pulang ke Jakarta. Di tanah air, Siri harus menghadapi realita keluarganya yang pedih, ditambah dengan jalin-kelindan kompleks antara seni rupa, politik, dan sejarah, terutama ketika salah satu pamerannya dihujat dan dilarang karena dianggap melanggar susila.

Dalam pergulatannya, Siri harus memaknai ulang hubungan dengan ibunya, Amba; dengan mantan sahabatnya, Dara; dengan anak tirinya, Amalia; dan dengan sejarah bapak kandungnya yang kelam.

Baca juga: Rekomendasi Buku Self Improvement Best Seller: Stop Overthinking Hingga Filosofi Teras

2. TeenLit: Delicious Lips – Zulfairy

Zakia, salah satu siswa teladan di sekolah, si jangkung serius yang nyinyir secukupnya, hidupnya jaya dan nyaris tak bercela. Dia diangkat jadi wakil ketua OSIS, bergabung dengan tim basket putri, dan punya gebetan cowok bermasa depan gemilang bernama Mahaka. Aro, si cowok cupu tapi ternyata tukang tawuran, mendadak jadi koki warung Betawi.

Zakia bingung membayangkannya. Aro yang doyan berantem begitu mau jadi koki? Tangan kosong aja Aro udah dangerous, apalagi kalau dibekali pisau. Nggak kebayang damage-nya kayak apa.

Semua keteraturan yang dijaga Zakia dalam hidupnya buyar ketika dia sekelas dengan Aro. Aro yang sehari-harinya di sekolah adalah cowok pendiam, gagap, dan culun, ternyata angin ribut yang membuat Zakia kewalahan.

Semakin Zakia penasaran pada sosok Aro yang penuh kejutan, semakin luka lama Zakia terbuka. Memang benar kata pepatah, curiosity kills the cat alias kucing yang terlalu kepo pasti kena batunya. Zakia akhirnya dipaksa untuk memilih: cinta pertamanya atau masa depannya.

3. Pasta Kacang Merah – Durian Sukegawa

Sentaro gagal menjalani kehidupan. Ia memiliki catatan kriminal, sulit meninggalkan kebiasaan minum alkohol, dan impiannya menjadi penulis semakin lama semakin pudar. Ia menghabiskan hari-hari monoton di sebuah kedai dorayaki yang berada di bawah pohon sakura yang berubah seiring perubahan musim.

Namun, suatu ketika segalanya mulai berubah. Seorang wanita tua bernama Tokue, dengan jemari yang aneh bentuknya, datang ke kehidupan Sentaro. Dengan metode pengajaran yang sama anehnya, Tokue mewariskan pengalaman lima puluh tahunnya membuat pasta kacang merah kepada Sentaro.

Namun, seiring persahabatan di antara keduanya mulai terjalin, tekanan dari masyarakat terhadap kondisi Tokue mulai mengungkap rahasia gelap yang wanita itu simpan rapat-rapat.

Rahasia itu kemudian menuntut harga yang sangat mahal. Pasta Kacang Merah adalah sebuah cerita yang mengharmonisasikan kudapan manis dengan persahabatan, menggambarkan bagaimana harapan dapat membantu manusia menghadapi kelamnya masa lalu.

Baca juga: Rekomendasi Buku Literasi Best Seller untuk SMP dan SMA

4. Kos, 3 Cinta, 7 Keberuntungan – Astrid Tito

Ada apa dengan kamar nomor 7 di kosan 7? Mengapa penghuni kamar tersebut selalu berulah dan bermasalah? Linda sang perempuan kusut, pengidap skizofrenia. Renata yang diduga pelakor akibat berwajah cantik berbodi biola. Serta Bram si laki-laki kemayu yang digebukin penagih utang akibat utang kartu kredit yang menggulung hingga segunung.

Lantas, bagaimana keempat sahabat: Aol-Rendy-Vika-Eda mampu membantu permasalahan para penghuni kamar kos nomor 7? Bagaimana pula kisah cinta Aol dan Rendy, Vika dan Rakai, serta Patty dan Arya? Ada misteri apa yang melibatkan Patty, sang pemilik kos-kosan dengan angka 7 dan kamar nomor 7?