Suroboyo.id – Rekomendasi buku literasi terbaik yang wajib kamu simak. Buku merupakan salah satu hal yang tidak terlepas dari istilah literasi sebagai jendela pengetahuan.

Pada umumnya, setiap orang akan berfikir bahwa literasi berhubungan dengan buku saja, namun sebenarnya hal ini memiliki makna yang sangat luas.

Menurut KBBI literasi adalah kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. Mudahnya literasi tak hanya membaca dan menulis, namun juga berbicara, menghitung, menndengarkan dan memecahkan masalah.

Baca juga: Rekomendasi Buku Self Improvement Best Seller: Stop Overthinking Hingga Filosofi Teras

Buku tentu selalu memberikan informasi yang luas. Untuk itu, berikut ini beberapa rekomendasi buku literasi untuk kamu yang wajib dibaca.

1. Atomic Habits

Ketika bicara soal mencapai kesuksesan, rata-rata orang akan memberi saran untuk bekerja keras dan melakukan hal-hal besar. Namun, buku “Atomic Habits” menjelaskan solusi yang lebih sederhana dan mudah.

Di buku “Atomic Habits” James Clear mengatakan bahwa tak perlu membuat usaha yang besar untuk mewujudkan suatu perubahan. Yang kita butuhkan hanya melakukan atomic habits, atau kebiasaan-kebiasaan kecil.

James Clear menjabarkan cara mengubah hal-hal kecil menjadi sesuatu yang luar biasa dengan lugas dan mudah dimengerti. Tak hanya itu, tips-tips dalam buku ini juga dilengkapi dasar ilmu sains dan contoh-contoh yang relevan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Guru Aini

Bagi penggemar karya penulis Andrea Hirata, ini dia salah satu buku wajib baca di 2020! “Guru Aini” merupakan novel prekuel dari “Orang-Orang Biasa”.

Novel “Guru Aini” menceritakan tentang guru matematika yang berdedikasi tinggi bernama Desi Istiqomah. Guru muda ini merupakan lulusan terbaik yang memilih untuk mengajar matematika sekolah daerah pelosok.

Sebagai guru, Desi berharap bisa menemukan murid yang cerdas dan membuatnya bangga. Namun, hal itu tak kunjung ia dapatkan setelah bertahun-tahun mengajar, ia merasa semua murid di negeri ini sama saja: lemah dalam matematika.

Hingga suatu terdapat seorang murid perempuan bernama Aini. Aini merupakan murid yang tidak naik kelas, bahkan nilai ulangannya antara 0 atau 1 saja. Namun, semangatnya dalam belajar patut dipuji.

Novel ini menggambarkan idealisme Desi dalam dedikasinya untuk menemukan murid yang pintar di bidang matematika. Setiap halamannya terasa sangat inspiratif, penuh pesan moral, dan tentunya indah dibaca.

3. The Things You Can See Only When You Slow Down

Pernahkah kamu merasa tertinggal dari yang lain? Merasa lelah karena dunia berjalan begitu cepat dan terasa sangat sibuk? Buku “The Things You Can See Only When You Slow Down” akan membuat pikiran dan hatimu terasa tenang.

Hampir setiap saat kita dituntut untuk bergerak serbacepat, baik fisik maupun otak. Alhasil, pikiran kita disesaki oleh banyak hal sehingga membuat stres dan tertekan.

Nah, buku karya Haenim Sunim ini terasa begitu relatable bagi kamu yang merasa lelah dengan kesibukan dunia sehingga lupa menikmati hidup. Apalagi di tengah tahun 2020 yang terasa kompleks ini, kan.

Baca juga: 3 Buku Cerita Rakyat Daerah di Indonesia Paling Berkesan dan Penuh Hikmah

Rekomendasi Buku Literasi untuk Anak SMP

Rekomendasi Buku Literasi untuk Anak SMA