Suroboyo.id – Pernahkah kalian merasakan badan lebih sering lelah dan mengantuk?

Hal ini kerap dirasakan siapa saja bahkan di pagi hari. Dilansir dari NHS, ada tiga alasan utama mengapa tubuh lebih mudah lelah dan mengantuk. yaitu karena masalah psikologis, fisik, dan kebiasaan.

Akan tetapi, rasa lelah dan mengantuk yang tidak kunjung hilangmerupakan sebuah kondisi yang tidak menyenangkan karena akan sangat mengganggu aktivitas dan rutinitas sehari-hari.

Baca juga: Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan: Dapat Menangkal Radikal Bebas Hingga Melawan Kanker

Kurang Tidur dan Istirahat

Aktivitas yang berlebihan hingga membuat kamu kurang tidur dan istirahat bisa bikin badan cepat lelah dan pegal-pegal. Ini termasuk tidur terlalu larut atau bergadang dan melewatkan tidur siang.

Bagaimanapun, tubuh butuh waktu untuk beristirahat dan mengembalikan kebugaran. Tidur atau istirahat adalah salah satu cara terbaik untuk itu.

Kurang Olahraga

Latihan dan olahraga membantu tubuh untuk menjaga kemampuan dalam menanggung beban. Jika tubuh kurang berlatih, beraktivitas sedikit saja bisa bikin badan terasa capek dan pegal.

Jadi, pastikan kamu tidak melewatkan aktivitas fisik setiap hari. Terutama untuk yang sering bekerja di belakang meja.

Kurang Nutrisi

Ada beberapa nutrisi yang jika kurang maka akan membuat tubuh lebih cepat merasa lelah dan lemas. Jenisnya bervariasi, mulai dari mineral hingga sumber energi.

Dari golongan mineral seperti zat besi untuk pembentukan oksigen, magnesium dan kalium untuk metabolisme energi, dan lainnya. Begitu juga dengan vitamin D dan B12 yang juga penting perannya dalam metabolisme.

Selain itu, kebutuhan karbohidrat dan protein sebagai sumber energi dan pembangun tubuh pun tak boleh terlewatkan.

Sress dan Depresi

Gangguan psikologis dapat berdampak pada kelainan fisik yang namanya psikosomatis. Di antara yang dapat menjadi penyebab sering mengantuk dan pusing adalah stres dan depresi.

Kedua kondisi ini dapat memengaruhi saraf secara langsung maupun melalui hormon stres (kortisol). Maka dari itu, sangat penting untuk mengontrol tingkat stres agar tubuh tetap bugar.

Baca juga: 4 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan: Dapat Meningkatkan Imun Tubuh Hingga Mengobati Kanker

Penyakit Kronis

Penyakit kronis juga bisa membuat tubuh lebih cepat capek, lemas, dan lesu. Bahkan, ada cukup banyak penyakit kronis degeneratif yang dapat menimbulkan gejala ini.

Di antara yang sering muncul adalah penyakit jantung, anemia, diabetes, rematik, dan banyak lagi lainnya. Dalam hal ini, kamu butuh bantuan dokter agar dapat terdiagnosa dan teratasi dengan baik.

Untuk itu, pastikan kamu memiliki asuransi kesehatan yang memberikan proteksi saat sakit. Dengan demikian, kamu bisa cepat pulih dari kondisi badan cepat lelah dan mudah mengantuk tanpa harus stres memikirkan biaya berobat.

Yuk, mulai hidup sehat dan lengkapi perlindunganmu dengan berragam produk Asuransi dari Ciputra Life!