4 Manfaat Daun Sirsak untuk Kesehatan: Dapat Meningkatkan Imun Tubuh Hingga Mengobati Kanker

Manfaat daun sirsak
Manfaat daun sirsak

Suroboyo.id – Buah sirsak memang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Dan bukan hanya dari buahnya saja melainkan juga daun buah sirsak ternyata juga memiliki banyak manfaat.

Dilansir dari laman Pulse, daun sirsak memiliki sifat antipiretika, antimikroba, kardioprotektif, dan antiparasit.

Cara mengonsumsi daun sirsak yaitu hanya dengan menyeduh daun buah sirsak dengan air panas seperti saat mengonsumsi teh.

 Baca juga:5 Manfaat Daun Binahong untuk Kesehatan, Selain Mempercepat Penyembuhan Luka Juga Dapat Meningkatkan Fungsi Ginjal

Berikut ini adalah manfaat dari daun buah sirsak untuk kesehatan tubuh:

1. Mengobati Maag

Daun buah sirsak bermanfaat untuk mengobati sakit maag. Sebab daun sirsak memiliki kandungan zat yang dapat mengurangi peradangan dan bertindak sebagai obat penghilang rasa sakit.

Tidak hanya itu, daub sirsak juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia. Sehingga proses penyembuhan maag bisa dipersingkat karena daya tahan tubuh lebih meningkat.

2. Dapat Mencegah Kanker

Baik buah maupun daun sirsak mengandung antioksidan termasuk pitostreol, tanin, dan flavonoid.

Antioksidan sangat penting dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu melindungi dari berbagai masalah kesehatan, termasuk kanker.

Menurut jurnal yang berjudul Anticancer Properties of Graviola (Annona muricate): A Comprehensive Mechanistic Review 2018, disebutkan bahwa efek antiproliferatif dan sitotoksis dari ekstrak tanaman sirsak membantu mengobati berbagai kanker.

Kanker tersebut yaitu kanker usus besar, kanker payudara, prostat, paru-paru hati, serviks, ovarium, kanker darah, mulut, dan kulit.

Bahan bio aktiv yang disebut sebagai AGES dalam tumbuhan sirsak dapat membunuh sel kanker dengan menghambat protein sel kanker.

Baca juga: 7 Manfaat Buah Kecubung, Sering Dikenal Tanaman Berbahaya

3. Menurunkan Risiko Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau yang sering disebut hipertensi merupakan suatu kondisi ketika kadar darah di dalam tubuh meningkat. Kondisi ini bisa saja menyebabkan penyakit pada jantung.

Baca Juga :   Sering Jadi Bahan Masakan, Ini 5 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Pengobatan

Daun sirsak memiliki kemampuan untuk melancarkan peredaran karena memiliki antioksidan yang bisa melenturkan pembuluh darah.

4. Meningkatkan Imun Tubuh

Kandungan antioksidan seperti asam linoleat, annocatalin, annohexocin, dan anomurine di dalam daun sirsak ternyata berfungsi untuk melawan berbagai penyakit.

Selain itu, senyawa baik lainnya juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan imun yang kuat, Anda bisa terhindar dari penyakit.