Suroboyo.id – Penasaran berapa sih Gaji Ustadz TV? Dikabarkan sekali tampil mereka mendapatkan hingga puluhan juta rupiah.

Profesi ustadz yang tampil di TV hampir disamakan dengan publik figur, bahkan pendapatan yang diterima bisa dikatakan besar.

Dikutip dari Skripsi yang berjudul Fenomena Ustadz Selebritis Indonesiadi Tengah Masyarakat Risiko yang ditulis Nurul Rotifah Mahasiswa UIN Walisongo Semarang bahwa, “fenomena munculnya ustadz di TV tidak bisa dilepaskan dari modernisasi dan industrialisasi. Dua hal ini disebutkan sebagai faktor yang mempengaruhi cara beragama”.

Baca Juga: Daftar Gaji Dishub Lengkap dengan Tunjangannya

Selain itu menurut Weber, “di dunia modern pemilik modal termasuk para pekerjanya kebanyakan memeluk kepercayaan. Semangat kapitalisme ini terlihat dari usaha memperoleh kekayaan dengan cara memenuhi kebutuhan akan agama”.

Hal yang sama juga berlaku untuk agama-agama lain seperti Kristen dan Katolik. Pemuka-pemuka agama dianggap sebagai publik figur yang pantas untuk dibayar jika tampil di televisi” ungkap Weber.

Lantas berapa Gaji Ustadz TV yang dikabarkan mendapat bayaran yang fantastis bahkan hingga puluhan juta rupiah?

Dari beberapa sumber, untuk ustadz yang sangat terkenal seperti Aa Gym mapun Mamah DDedeh bisa mendapatkan hingga Rp 25.000.000 sekali tampil.

Baca Juga: Daftar Gaji Satpol PP Beberapa Provinsi di Indonesia, Dari Staff Hingga Eselon I

Pemuka Agama lain yakni ustadz Adi Hidayat mengucapkan bahwa dirinya tidak mematok tarif untuk berceramah, bahkan jika panitia tidak memiliki anggaran dia bersedia untuk tidak dibayar.

Itulah kisaran gambaran Gaji Ustadz TV, namun sebagai umat beragama alangkah lebih bijak untuk menyerap apa yang disampaikan oleh pemuka Agama.

Dan jangan disalahartikan ceramah, apalagi menimbulkan gerakan yang mengarah kepada intoleran antarumat beragama.