Suroboyo.id – Menabung adalah salah satu kegiatan yang penting untuk dilakukan. Akan tetapi, terkadang prosesnya cukup berat dan kerap kali kita sering menemui godaan yang membuat periode dan nominal menabung meleset dari target.

Dalam menabung memang dibutuhkan konsistensi dan ketelatenan agar dapat berjalan lancar sesuai dengan harapan. Agar Anda dapat konsisten dalam menabung, berikut kami berikan tips menabung dengan cepat dan dijamin akan berhasil.

Berikut cara menabung dengan cepat dan tepat agar Anda berhasil mengumpulkan uang tersebut.

Baca juga: Cara Menabung 1 Juta Dalam 1 Bulan, Simak Tipsnya

1. Tetapkan Tujuan Menabung yang Jelas

Langkah pertama cara menabung dengan cepet adalah dengan menentukan tujuan menabung yang jelas. Misalnya apakah Anda menabung untuk keperluan dana pendidikan, dana darurat, atau membeli barang yang belum dapat dibeli pada saat itu.

Dengan membuat tujuan yang jelas, maka akan membuat kita lebih fokus dalam usaha mencapainya.

2. Tetapkan Batas Waktu dan Jumlah Dana Tabungan

Sebelumnya, setelah Anda menetapkan tujuan untuk apa menabung, Anda dapat menentukan jumlah dana tabungan yang ingin dicapai dan waktu yang diperlukan.

Semisal, Anda ingin menabung untuk biaya pendidikan S2 sebesar Rp 40.000.000. Dengan penghasilan Anda per bulan sebesar Rp 7000.000 dan setiap bulan mengalokasikan 20%nya untuk ditabung, maka Anda perlu menabung selama kurang lebih 2,5 tahun.

Baca juga: Cara Menabung di Bank BRI dengan Mudah, Aman dan Menguntungkan

3. Buat Rekening Tabungan Terpisah

Bahkan rekening untuk pengeluaran harian dengan tabungan. Hal ini sanagat berdampak pada kelancaran usaha menabung Anda.

Dengan membuat rekening tabungan tersendiri, Anda akan lebih fokus dan konsisten dalam menabung. Anda dapat mengatur kapan Anda memindahkan rekening untuk keperluan masing-masing, misalnya setiap awal bulan atau saat menerima payroll setiap bulannya.

4. Hindari Gaya Hidup Konsumtif

Anda harus membatasi kebiasaan konsumtif yang dapat membuat pos pengeluaran setiap bulan berada diluar batas. Batasi pengeluaran untuk keperluan entertainment misalnya 5% dari penghasilan Anda.

Berhaya hidup sesuai dengan kebutuhan dan penghasilan akan membuat Anda terhindar darikebiasaan boros dan mempercepat pundi-pundi tabungan Anda.

5. Bawa Uang Tunai Sesuai Kebutuhan

Upayakan untuk membawa uang tunai sesuai dengan kebutuhan saja. Hal tersebut untuk menghindari godaan dalam membelanjakan lebih uang tunai tersebut.

Contoh, secara konsisten Anda mengalokasikan penggunaan uang tunai per minggu sebesar Rp 700.000 untuk keperluan makan sehari-hari dan biaya tidak terduga.

Baca juga: Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan Secara Efektif: Analisa Penghasilan dan Bagi Presentase Pengeluaran

6. Dapatkan Penghasilan Tambahan

Cara menabung dengan cepat yang terakhir yaitu dengan mendapatkan penghasilan tambahan dan kegiatan freelancing atau dengan melakukan usaha sampingan.

Selain mendapatkan penghasilan dari pekerjaan tetap Anda, Anda dapat mengambil pekerjaan freelance yang tidak bertentangan dengan Peraturan Perusahaan tempat Anda bekerja.

Selain itu, Anda dapat mempertimbangkan untuk memulai usaha sampingan seperti berjualan makanan, berbisnis pakaian, atau menjadi dropshiper.

Gunakan penghasilan dan pekerjaan tambahan tersebut sebagai dana tambahan untuk menabung.

Seperti itulah cara menabung dengan cepat. Dalam proses ini yang terpenting adalah fokus dan konsisten.