Suroboyo.id – Pada dasarnya menabung adalah salah satu trik mengelola keuangan yang penting dilakukan. Sebab, tabungan tersebut nantinya akan dapat digunakan untuk macam-macam keperluan.

Untuk memiliki tabungan dengan nominal yang tinggi memang tidak mudah dilakukan, namun melalui artikel berikut ini kamu akan menemukan cara efektif untuk menabung 10 juta dalam waktu 3 bulan.

Penasaran seperti apa? Simak dan pelajari tips berikut ini sekaligus langkah-langkahnya.

Baca juga: Berikut Tips Menabung Cepat dan Tepat Ala Pakar Keuangan yang Bisa Kamu Coba

1. Analisa Penghasilan

Ingin menabung dengan efektif? Pastikan dulu berapa banyak penghasilan Anda saat ini. Jika ingin menabung sebesar 10 juta dalam waktu 3 bulan, asumsi terdekat adalah untuk menabung paling tidak 3 juta setiap bulannya. Agar lebih aman, pikirkan cara untuk menghasilkan paling tidak 5 juta setiap bulannya.

Nah, jika Anda bingung bagaimana cara menghasilkan 5 juta setiap bulannya, tentu saja Anda bisa mengupayakan bisnis dengan keuntungan per hari yaitu 200 ribu.

Ada banyak bisnis yang bisa Anda kembangkan, coba cek artikel TaniFund mengenai usaha modal kecil yang belum banyak pesaing.

Jika Anda sudah menemukan ide hendak berjualan atau mencari lapangan bisnis baru untuk mendapatkan uang 200 ribu setiap harinya.

Maka, kunci selanjutnya adalah mulai bertekad, menjaga konsistensi hingga meningkatkan penghasilan, ya!

2. Bagi Persentase Pengeluaran

Sudah kenal dengan cara atau sistem pembagian uang 50/30/20 atau 80/20? Menurut Senator Elizabeth Warren ada baiknya jika mengalokasikan pembagian keuangan 50% untuk kebutuhan sehari-hari, 30% untuk keinginan dan 20% dialokasikan untuk menabung.

Sama halnya dengan 80/20, 80% dialokasikan untuk kebutuhan sehari-hari dan 20% untuk menabung. Berapapun penghasilan Anda, ingat untuk selalu sisakan paling tidak 20% untuk ditabung agar Anda memiliki simpanan ketika ada keadaan daruratyang menimpa.

Jika Anda memiliki gaji UMR, akan lebih bijak jika Anda mengalokasikan sebagian dari pengeluaran Anda yang tersisa untuk diinvestasikan ke dalam instrumen investasi.

Pastikan keuangan sudah aman ketika mencoba untuk berinvestasi, paling tidak Anda menggunakan uang dingin. Jangan lupa untuk melakukan analisis pertumbuhan serta bulannya lewat bunga.

Jika memang Anda memiliki modal terbatas, maka ada baiknya menabung atau berinvestasi pada platform dengan bunga return yang besar. Namun, perlu diingat prinsip dałam berinvestasi pada bunga tinggi sudah pasti High Risk High Value.

Salah satu instrumen yang dapat dipertimbangkan jika memiliki modal minim adalah P2P lending seperti TaniFund, yang bisa mulai mendanai mulai dari Rp 100 ribu dengan bunga hingga 18% p.a.

Baca juga: Cara Menabung di Bank BRI dengan Mudah, Aman dan Menguntungkan

3. Pikirkan Pensiun Sedini Mungkin

Memikirkan pensiun sedini mungkin adalah salah satu cara yang ampuh untuk mendorong Anda menabung. Hal ini akan membawa Anda memikirkan cara efektif dalam memaksimalkan penghasilan hingga cara tepat untuk menabung dan berinvestasi.

Apa perbedaan menabung sedini mungkin dibandingkan dengan menabung di hari kemudian? Semakin usia Anda bertambah, maka tidak jarang kebutuhan akan semakin meningkat.

Menabung sedikit demi sedikit setiap bulannya akan jauh menghasilkan compounding effect yang lebih besar pada portofolio saham atau instrumen keuangan Anda, dibandingkan berinvestasi langsung dengan uang yang besar suatu saat nanti.

Tentu saja margin dan keuntungan yang diperoleh akan lebih Anda rasakan jika Anda menabung sejak awal. Jadi, ketika Anda masih di usia 20 tahun bijaklah untuk mulai menabung dan memfokuskan diri untuk menyiapkan masa pensiun.

Hal ini juga mendorong Anda untuk mempertajam value diri agar bisa mendapatkan penghasilan lebih.

4. Edukasi Diri dengan Pajak

Mengedukasi diri dengan pajak adalah satu hal yang patut Anda lakukan sejak usia 20 tahun. Mengapa demikian? Sadar atau tidak, apapun yang hendak Anda beli dan konsumsi, semuanya terikat oleh pajak dan tidak jarang pajak ini pun mengikat Anda.

Salah satu contohnya adalah pajak kendaraan hingga barang-barang elektronik dan pakaian. Ingatkan diri untuk mengontrol pengeluaran dengan membeli barang-barang yang memang bermanfaat dan membantu Anda menjadi lebih baik ataupun produktif.

Baca juga: Cara Menabung di Bank Mandiri Mudah Melalui ATM dan Teller Mandiri

5. Berhenti Lakukan Kredit Konsumtif

Untuk Anda yang sangat mudah bergantung pada kartu kredit, mulai lepaskan kebiasaan buruk ini jika Anda ingin menabung dan lebih berhemat.

Kartu kredit seharusnya tidak digunakan untuk membeli keperluan sehari-hari, mengapa? Saat Anda melunasinya, Anda wajib membayarkan bunga setiap bulannya.

Untuk itu Anda perlu berhati-hati jika tidak bisa konsisten membayarnya, ini akan sangat merugikan keuangan tentunya karena wajib membayar dengan jangka waktu yang panjang.