Suroboyo.id – Ingin menyisihkan penghasilan? Dalam artikel ini akan membahas cara jitu agar bisa menabung 1 juta per bulan.

Di era modern ini menabung menjadi sebuah kegiatan yang sulit untuk dilakukan, hal ini tidak terlepas dari keinginan untuk terus berbelanja.

Selain itu harga bahan pokok yang mengalami kenaikan juga menjadi salah satu faktor sulitnya untuk bisa menabung.

Baca Juga: Cara Menabung 10 Juta dalam 3 Bulan Secara Efektif: Analisa Penghasilan dan Bagi Presentase Pengeluaran

Padahal dengan kegiatan ini bisa menjadi investasi jangka pendek maupun panjang. Selain itu juga bisa digunakan untuk dana darurat dalam berbagai kondisi.

Sejak kecil kita sudah diajarkan oleh orang tua atau guru untuk menabung baik di rumah maupun di sekolah guna memberikan pelajaran untuk mengatur keuangan kita.

Lantas bagaimana tips agar bisa menabung 1 juta per bulan?

Cara Menabung 1 Juta Per Bulan

Sebenarnya tips yang dilakukan sangat sederhana, dengan menetapkan nominal tabungan terlebih dahulu. Namun semua hal ini harus dilandasi dengan niat yang tinggi agar tidak mudah tergoda untuk berbelanja.

1. Sisihkan Pemasukan

Langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah langsung menyisihkan penghasilan dengan nominal tabungan target.

Dengan sisa anggaran yang sudah disisihkan kalian akan terfokus untuk mengelola dengan optimal. Ada baiknya untuk menghindari menyisihkan di akhir karena justru akan merasa kurang.

Selain itu fungsinya adalah anggaran yang terkumpul di kemudian hari akan semakin besar guna dana darurat atau untuk investasi.

Baca Juga: Cara Menabung di Bank BRI dengan Mudah, Aman dan Menguntungkan

2. Tentukan Target

Jika pada langkah pertama kalian terasa berat yakni menyisihkan di awal, bisa dengan membaginya dalam beberapa tempo atau tahap.

Yang terpenting adalah target dalam satu bulan itu tercapai. Misalnya Rp 1.000.000 per bulan bisa membagi menjadi Rp 250.000 per minggu atau Rp 500.000 dua minggu sekali.

3. Buat Catatan Keuangan

Dengan membuat catatan ini kalian bisa mengelola sisa dari anggaran untuk keperluan sehari-hari. Selain itu berguna untuk mencegah sifat konsumtif.

Baca Juga: Cara Menabung di Bank Mandiri Mudah Melalui ATM dan Teller Mandiri

4. Kurangi Belanja

Dengan sisa anggaran yang sudah ditabung, otomatis dana yang digunakan untuk belanja atau healing juga akan berkurang.

Kalian tidak perlu menghilangkan aktivitas ini, hanya mengurangi intensitasnya dengan kegiatan yang lebih hemat anggaran.

5. Rekening Tabungan

Tips ini berguna untuk membedakan antara rekening yang digunakan sehari-hari dan khusus untuk tabungan. Selain aman, juga membuat kalian lebih disiplin menabung.

Baca Juga: Berikut Tips Menabung Cepat dan Tepat Ala Pakar Keuangan yang Bisa Kamu Coba

Bisa membuka rekening baru atau jika perlu membuka deposito setelah jumlah setoran cukup dengan demikian kalian tidak dapat mengambil tabungan sebelum jatuh tempo.

6. Pemasukan Tambahan

Dengan memiliki pemasukan tambahan, kalian tidak kerepotan untuk bisa menabung 1 juta dalam 1 bulan. Atau jika perlu target tabungan dalam sebulan ditingkatkan.

7. Hindari Belanja yang Tidak Dibutuhkan

Dengan menghindari tips terakhir ini bisa mengurangi pemborosan biaya pengeluaran agar tidak membengkak. Alangkah baiknya kalian membuat daftar apa saja yang diperlukan dengan penyesuaian anggaran yang dimiliki.

Itulah Cara Menabung 1 Juta Dalam 1 Bulan, terkadang yang menjadi kendala adalah sifat konsumtif yang tidak terkendali.

Baca Juga: Apa Itu Tabungan Berjangka BCA? Simak Bunga dan Keuntungannya

Atau tergiur oleh diskon yang bertebaran di marketplace atau toko-toko sehingga akhirnya membelanjakan barang yang sebetulnya tidak seberapa perlu untuk dibeli.

Demikian artikel ini yang membahas terkait Cara Menabung 1 Juta Dalam 1 Bulan, semua tips di atas pertama harus dilandasi dan didasari oleh niat yang tinggi agar tidak mudah tergiur untuk berbelanja barang yang tidak dibutuhkan. Semoga membantu.