Suroboyo.id – Makan merupakan aktivitas yang harus dilakukan makhluk hidup guna memperoleh energi dan untuk mencukupi nutrisi dalam tubuh.

Namun terkadang kesibukan menjadikan waktu makan seseorang menjadi terabaikan. Selain itu, jenis makanan yang di konsumsi juga cenderung yang lebih mudah diperoleh atau yang praktis. Terutama pada saat di tempat kerja. Jadi, lakukan solusi makan sehat meski pun di empat kerja berikut ini.

Sebab, meski pun berada di kantor atau tempat kerja jenis makanan yang Anda cerna haruslah yang sehat, bukan yang asal kenyang dan simpel.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Tanaman Herbal, Simak 6 Manfaat Serai Serta Cara Pengolahannya

Memang kini makanan cepat saji mulai banyak ditemukan, bahkan tak jarang orang yang sibuk bekerja lebih gemar dengan makanan yang satu ini. Padahal fast food bukan jenis makanan yang menyehatkan. Lalu bagaimana solusi makan sehat nya?

1. Biasakan untuk Sarapan

Sarapan perlu dilakukan untuk menambah produktivitas Anda, sebab ia dapat mengurangi rasa lelah, kantuk serta dapat membantu konsentrasi di tempat kerja.

Ketika bangun tidur, metabolisme otak akan meningkat, sehingga diperlukan glukosa sebagai tenaga. Glukosa akan menurun pada pagi hari karena Anda tidak makan semalaman sewaktu tidur.

Oleh karena itu solusi makan sehat ya Anda harus sarapan, menu yang baik untuk sarapan ialah roti gandum telur dadar yang disertai dengan bawang bombai atau paprika dan tomat.

2. Jangan melupakan makan siang

Solusi makan sehat berupa akan siang merupakan hal yang sangat penting untuk Anda jalankan.Sebab terlalu sibuk bekerja terkadang membuat orang lupa bahwa makan siap itu perlu. Sebaiknya jangan melakukan makan siang di meja kerja, namun cobalah beranjak sejenak agar tubuh serta pikiran kembali segar.

Anda juga dituntut untuk memerhatikan menu yang hendak Anda konsumsi. Penuhi nutrisi berupa serat, karbohidrat dan protein dengan porsi yang tepat. Menu makan siang yang terbaik ialah 50%, 25% protein, serta 25% karbohidrat.

3. Camilan

Solusi makan sehat berupa camilan ialah mengatur porsi dan kalori pada camilan yang Anda konsumsi. Jangan sampai terkesan kecil namun tidak mengenyangkan. Menu camilan yang dapat Anda konsumsi seperti ubi rebus, pisang rebus, biskuit gandum, atau yoghurt dan dark cokelat.

4. Teh dan Kopi

Anda dapat memilih teman berupa teh atau kopi sewaktu di kantor. Asalkan porsi teh atau kopi 1 sendok teh atau kopi dengan tambahan gula 1 setengah sendok dan tidak melebihi 2 cangkir sehari. Akan lebih baik lagi jika menu teh atau kopi tidak dipadukan dengan creamer atau gula yang dapat menambah kalori dalam tubuh.

Baca Juga: Stop Buang Kulit Manggis, Inilah 5 Manfaat Tersembunyi Dibalik Pahitnya Kulit Buah Tropis Ini

Patuhi solusi makan sehat di atas agar meskipun berada di kantor namun kesehatan Anda masih tetap terjaga dengan baik. Tubuh Anda pun tetap sehat dan segar walaupun kesibukan di kantor terus berjalan.