Stop Buang Kulit Manggis, Inilah 5 Manfaat Tersembunyi Dibalik Pahitnya Kulit Buah Tropis Ini

  • Bagikan
Manfaat Kulit Manggis
Manfaat Kulit Manggis

Suroboyo.id – Manggis adalah salah satu buah yang sering di konsumsi masyarakat Indonesia. Rasa buahnya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat buah manggis ini banyak yang suka.

Tapi buah manggis tidak hanya bermanfaat dari buahnya saja, kulitnya juga memilki banyak sekali manfaat. Salah satu pengolahan manfaat kulit manggis adalah dengan cara dikeringkan lalu dibuat bubuk.

Di dalam kulit manggis mengandung senyawa xanthonen yang pada saat ini banyak sekali produk obat mengandung xanthone untuk mengobati beragam penyakit yang berbahaya.

Senyawa xanthonen sendiri bisa untuk mengobati diabetes, kanker dan juga melawan radikal bebas di dalam tubuh. Saat ini juga banyak sekali produk obat yang menggunakan bahan utama ekstrak manfaat kulit manggis.

Manfaat kulit manggis memang dapat mengobati beragam penyakit yang berbahaya terutama yang menyangkut tentang organ vital manusia. Di bawah ini beberapa khasiat kulit manggis untuk mengobati beragam penyakit:

Mengobati dan mencegah kanker

Kanker merupakan penyakit yang sangat berbahaya. Karena penderitanya bisa mengalamai kematian jika telah mencapai tahap stadium akhir.

Untuk pengobatannya juga harus di lakukan secara rutin. Belum lagi sensasi rasa sakit yang luar biasa saat menjalani pengobatan akan sangat menyiksa tubuh.

Manfaat kulit manggis mampu membantu mengobati kanker. Kandungan xanthonen di dalamnya yang memiliki sifat proliferasi danapoptosis yang merupakan kemampuan untuk membunuh sel kanker di dalam tubuh penderita.

Pencegahan penyakit jantung

Dibalik Pahitnya Kulit Manggis Menyimpan Beragam Manfaat
Dibalik Pahitnya Kulit Manggis Menyimpan Beragam Manfaat

Jantung adalah salah satu organ vital yang sangat berguna. Apabila fungsi jantung sampai mengalami gangguan, maka akan berakibat fatal. Fungsi jantung sendiri adalah memompa darah untuk mengalir mencapai seluruh bagian tubuh.

Apabila jantung tidak mampu memompa darah dengan baik maka akan berakibat buruk ke seluruh tubuh. Bahkan serangan jantung bisa menyebabkan kematian yang mendadak.

Manfaat kulit manggis bisa untuk mencegah penyakit jantung datang. Sifat anti trombotik di dalam kulit manggis dan juga anti platelet yang membuatnya mampu mencegah penyakit jantung.

Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan yang ideal adalah dambaan bagi semua orang. Selain menambah percaya diri, berat badan yang ideal juga akan menjauhkan kita dari beragam penyakit yang berbahaya karena berat badan yang berlebih.

Berat badan berlebih dikarenakan membrane sel yang berada didalam tubuh yang mudah membesar dan mengeras.  Kandungan xanthone di dalam manfaat kulit manggis mampu membantu melunakkan kembali sel-sel tersebut dan juga dapat mengubah zat makanan menjadi energy dengan cepat.

Melawan radikal bebas

Radikal bebas terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat seperti sering mengkonsumsi junk food, fast food, merokok dll. Kebiasaan tersebut akan membuat tingkat radikal bebas di dalam tubuh menjadi tinggi. Manfaat kulit manggis mampu menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Kandungan catechins di dalamnya terbukti lebih efektif jika di bandingkan dengan vitamin C atau vitamin E untuk melawan radikal bebas di dalam tubuh.

Menurunkan tekanan darah

Tekanan darah tinggi terjadi karena saluran pembuluh darah yang tersumbat oleh kolesterol jahat. Kolesterol jahat tersebut berasal dari makanan yang kita konsumsi yang banyak mengandung kolesterol. Kolesterol di dalam makanan lalu di edarkan bersama dengan darah.

Tapi kolesterol tersebut bisa mengendap di saluran pembuluh darah sehingga aliran darah kurang lancar. Dengan mengkonsumsi manfaat kulit manggis aliran darah menjadi lancar dan menghindarkan dari penyakit stroke dan jantung akibat tekanan darah yang tinggi.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *