Arti Posisi Pemain Sepak Bola: Lengkap Dari GK, CB, CMF Hingga CF

Ilustrasi Arti Posisi Pemain
Ilustrasi Arti Posisi Pemain

Suroboyo.id – Apa saja Arti Posisi Pemain Sepak Bola? Olahraga ini merupakan permainan tim yang dimainkan secara tim yang terdiri dari 11 orang.

Dari kesebelas pemain ini perlu menempati posisi masing masing yang dimaksudkan untuk menjaga permainan berjalan efektif baik pertahanan maupun penyerangan.

Posisi dalam formasi sepak bola ini sangat penting karena jika pos yang ditinggalkan akan memberikan celah bagi tim lawan untuk menyerang, misalnya jika gelandang atau bek ditinggalkan maka lawan akan dengan mudah mengobrak abrik pertahanan.

Baca Juga: Jadwal Bola Malam Ini Tanggal 15, 16 dan 17 Oktober 2022: Ada Liga Inggris Hingga Italia

Formasi yang diterapkan pelatih di awal pertandingan pun bisa berubah seiring dengan kondisi permainan agar lebih efektif dalam menyerang maupun bertahan. Setiap pemain biasanya memiliki posisi favorit sendiri agar bisa mengeluarkan potensi terbaiknya.

Lantas apa saja Arti Posisi Pemain Sepak Bola yang biasa dimainkan dalam sebuah formasi yang diterpakan pelatih?

Arti Posisi Pemain Sepak Bola

Berikut ini merupakan beberapa pengertian dari posisi pemain yang lazim dipakai dalam formasi sepak bola.

GK (Goal Keeper)

Orang Indonesia biasa menyebutnya dengan “Kiper” adalah posisi seseorang yang bertugas mengamankan gawang dari gol lawan.

CB (Centre Back)

Adalah posisi bek tengah, yang berada di belakang bagian tengah atau depan kiper untuk menghalau serangan musuh yang datang dari tengah.

Baca Juga: Mengenal Spiritual Awakening Sekaligus Ciri-Ciri Seseorang yang Mengalaminya

RB (Right Back)

Adalah posisi bek kanan, yang berada di sebelah kanan bek tengah atau juga bisa disebut bek sayap kanan. Karena kadang seseorang dalam posisi ini juga bisa mensuplai bola ke gelandang dan sayap.

Baca Juga :   Hasil Pertandingan Stade Rennes vs PSG di Liga Prancis 2023-2024: Les Parisiens Menang 3-1

LB (Left Back)

Adalah posisi bek kiri, yang berada di sebelah kiri bek tengah atau juga bisa bek sayap kiri. Seseorang di posisi ini sama dengan dengan bek sayap kanan, namun berada di sebelah kiri. Tugasnya pun sama menghalau serangan musuh dari sebelah kiri atau kadang juga mensuplai bola ke gelandang atau sayap di depannya.

DMF (Defensife Midfilder)

Adalah posisi gelandang bertahan, zona permainannya di tengah namun agak ke belakang. Tugasnya membantu pertahanan dari serangan lawan.

CMF (Center Midfilder)

Adalah posisi gelandang serang, yang bertugas sebagai membantu serangan tim. Zona permainannya berada di tengah agak ke depan. Biasanya gelandang serang adalah seseorang yang dipercaya pelatih sebagai playmaker, karena mengatur suplai bola untuk kemudian diserahkan ke striker sebagai ujung tombak.

Baca Juga: Berapa Modal Bisnis Rumah Kos? Siapkan Budget Segini

RMF (Right Midfilder)

Adalah posisi sayap kanan, pemain sayap yang bertugas untuk memberikan suplai bola untuk striker dari arah kanan lewat umpan crossing.

LMF (Left Midfilder)

Adalah posisi sayap kiri, berada di sebelah kiri gelandang atau kadang di beberapa formasi berdiri agak ke belakang atau ke depan. Untuk tugasnya sama dengan sayap kanan.

CF (Center Forward)

Adalah posisi striker, posisi ujung tombak dari sebuah tim. Seseorang yang dipercaya berdiri di posisi ini biasanya memiliki insting mencetak gol yang tinggi.

Baca Juga: Tips Memilih Set Top Box yang Aman, Berikut Daftar STB TV Digital Asli

Dari beragam Arti Posisi Pemain di atas, kadang seorang pelatih juga harus memodifikasi atau merotasi posisi seseorang. Kadang seorang pelatih juga menggunakan second striker yang bertugas untuk menunjang stiker jika kesulitan untuk memecah pertahanan lawan.

Baca Juga :   Keluarga Glazer Tidak Mau Tergoyahkan, Sheikh Jassim Mundur Sebagai Calon Pemilik Manchester United

Jika Anda bermain sepak bola bersama teman-teman Anda, di mana posisi favorit Anda? Dan sudah optimalkah Anda di posisi tersebut?