Suroboyo.id – Dalam proses perekrutan tenaga kerja baru biasanya diperlukan tes psikologi. Dalam artikel ini akan membahas 5 tips dan jenis mengerjakan psikotes.

Dilansir dari wikipedia tes psikologi atau psikotes merupakan bidang yang ditandai dengan penggunaan sampel perilaku untuk menilai konstruksi psikologi, seperti fungsi kognitif dan emosional, tentang individu tertentu.

Dalam merekrut tenaga kerja tes ini menjadi salah satu rintangan yang berat bagi calon pekerja karena hasil yang keluar merupakan nyata dari kepribadian orang tersebut.

Baca Juga: Cara Daftar Kartu Prakerja 2022 untuk Para Fresh Graduate

Tujuan diadakannya psikotes ini adalah untuk proses seleksi penerimaan karyawan, atau mengevaluasi performa dan kesiapan karyawan yang akan mendapatkan promosi.

Berikut pembahasan terkait tips untuk mengerjakan psikotes.

Tips Psikotes

Untuk meningkatkan ketrampilan dalam mengerjakan psikotes, kalian bisa mencari dan mempelaajari soal-soal yang ada di internet. Berikut tips untuk mengerjakan tes psikologi ini.

1. Amati Soal

Luangkan waktu beberapa menit untuk mengamati pertanyaan apa saja yang ada. Karena dalam beberapa kasus, soal psikotes berupa campuran jenis pertanyaan seperti pilihan ganda, benar-salah, dan essai.

Hal ini akan membantu kalian dalam memanajemen waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan semua soal yang ada di psikotes.

Baca Juga: Rumus Luas Jajar Genjang, Berikut Contoh Soal dan Pembahasan

2. Kecepatan Diri (Pace Yourself)

Beberapa tes psikologi memiliki persyaratan waktu, maka penting bagi kalian untuk menjawab pertanyaan secepat mungkin.

Dengan banyak berlatih maka kemampuan kalian dalam menjawab soal akan semakin meningkat yang otomatis akan memperpendek waktu kalian dalam menjawab.

3. Jangan Lewati Sekitar

Usahakan mengerjakan soal sesuai urutan. Namun jika mengalami kendala, berilah tanda yang jelas di samping lalu lanjutkan soal lain.

4. Gunakan Proses Eliminasi

Umumnya beberapa pertanyaan dalam psikotes adalah pilihan ganda, dengan menggunakan proses eliminasi ini kalian bisa menyaring kemungkinan mana yang paling masuk akal dalam menjawab soal tersebut.

Baca Juga: Hanya 3 Langkah, Trik Rubik 2X2 Cocok Untuk Pemula

5. Baca dengan Seksama

Usahakan membaca pertanyaan yang diberikan dalam psikotes dengan seksama dan jangan terburu-buru menyimpulkan jawaban apa yang akan kalian ambil sebelum membaca semua pertanyaan tersebut.

Setelah kalian mengetahui tips psikotes atau tes psikologi, berikut jenis-jenis yang biasa digunakan.

Jenis Tes Psikologi

Seperti dikutip dalam smkbinapatria2skh.sch.id berikut beberapa macam yang biasa digunakan perusahaan dalam menyeleksi calon karyawannya lengkap dengan contoh soal.

1. Kemampuan Verbal

Meliputi antonim (lawan kata), sinonim (persamaan kata), analogi dan korelasi makna. Tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dalam menghadapi suatu kondisi dan sebagai dasar penilaian seberapa jauh kalian mampu menebak serta memahami sebab-akibat suatu permasalahan.

Contoh Soal:

  • Amnesia = … (a) cemas (b) sedih (c) tidak bisa tidur (d) hilang ingatan
  • Kerdil = … (a) menumpuk (b) bongsor (c) macet (d) susut
  • Bus – Solar, Pelari – … (a) makanan (b) sepatu (c) lintasan (d) baju

Baca Juga: Rumus Volume Tabung, Lengkap dengan Contoh Soal dan Pembahasannya

2. Wartegg

Tes ini ditemukan oleh Ehrig Wartegg (psikolog Jerman) yang bertujuan untuk mengetahui karakter seseorang seperti kemampuan menyelesaikan masalah, keuletan, kemauan, cara beradaptasi dan lain sebagainya.

Pada penerapannya kalian akan diberikan kertas yang bergambar 8 kotak dengan pola yang berbeda, mulai dari garis lengkung hingga sebuah titik. Kemudian gambarlah lanjutan pola sesuai dengan imajinasi kalian.

Contoh Soal:

Contoh Tes Wartegg
Contoh Tes Wartegg/ Img: smkbinapatria2skh.sch.id

3. Logika Aritmatika

Umumnya tes ini terdapat deretan angka yang harus dipahami polanya. bisa berupa pengelompokan loncat atau secara berurutan.

Untuk memecahkan soal ini bisa menggunakan penjumlahan, penguranagn, perkalian, pembagian, pecahan angka dan persentase.

Contoh Soal:

30 24 18 12 = (a) 6 (b) 8 (c) 4 (d) 2

4. Deret Gambar (Penalaran)

Tes ini mirip dengan logika arittmatika namun yang menjadi perbedaan adalah penggunaan media gambarnya menggunakan 2 atau 3 dimensi.

Kunci menjawab tes ini adalah konsentrasi penuh pada pola yang jadi soal, dan jangan lewatkan detail sekecil apapun.

Baca JUga: Rumus Volume Kubus dan Balok, Beserta Contoh Soal dan Penjelasannya

5. Tes Koran (Kraepelin/Pauli)

Pada tes ini kalian hanya perlu menjumlahkan deretan angka mulai dari 0-9 yang tersusun secara vertikal. KArena angka yang dijumlahkan cukup banyak diperlukan konsentrasi yang tinggi.

Contoh Soal:

Contoh Tes Koran
Contoh Tes Koran/ Img: https://smkbinapatria2skh.sch.id

Itulah 5 Tips dan Jenis Mengerjakan Psikotes, Lengkap dengan Contoh Soal. Bagaimana sudah siap menghadapi tes psikologi dari perusahaan?