Suroboyo.id – Penasaran dengan trik menyelesaikan rubik 2×2 dengan mudah? Untuk pemula sangat cocok untuk mengikuti langkah-langkahnya.

Rubik merupakan salah satu permainan asah otak berbentuk kubus yang terdiri dari 6 sisi dengan warna yang berbeda-beda.

Setelah dalam artikel sebelumnya membahas tentang rubik 3×3, dalam kesempatan kali ini akan membahas varian lain yakni 2×2.

Baca Juga: Cukup 5 Langkah, Simak Trik Rubik 3X3 Untuk Pemula

Mungkin untuk orang awam permainan asah otak dengan varian ini sangat jarang terdengar. Karena yang banyak beredar di pasaran merupakan 3×3.

Berbeda dengan rubik 3x3x, permainan ini hanya terdiri dari 8 piece yang masing-masing memiliki 3 dari 6 warna yakni putih, merah, biru, kuning, oranye dan hijau.

Rubik 2×2 ini juga tidak mempunyai center yang artinya juga tidak memiliki edge dan hanya terdiri dari 2 layer atau corner saja.

Sama dengan rubik-rubik lain tujuan dari permainan ini adalah menyelaraskan satu warna dalam tiap sisi rubik setelah diacak dengan beraturan.

Dalam artikel ini akan membahas trik menyelesaikan rubik 2×2 dengan 3 langkah yang cocok untuk pemula. Namun sebelum itu mari kita ketahui dulu notasi dari permainan berbentuk kubus ini.

Notasi Rubik 2x2
Notasi Rubik 2×2, img: Speedcube Indonesia

Ui dan U’ adalah up

Di dan D’ adalah down

Ri dan R’ adaah right

Li dan L’ adalah left

Fi dan F’ adalah front

Bi dan B’ adalah back

Baca Juga: Simple Past Tense: Untuk Menunjukkan Waktu Lampau

Trik Rubik 2×2

Inilah 3 langkah mudah atau trik untuk menyelesaikan rubik 2×2 untuk pemula seperti dilansir dari zenius.net.

1. Selesaikan Sisi Bawah dan Layer 1

Untuk menyelesaikan sisi bawah dan layer 1 (biasanya seragamkan warna putih) gunakan rumus R, U, atau/dan Ri. Jika sudah satu warna lanjut langkah kedua. Seperti gambar berikut.

Langkah Pertama Rubik 2x2
Langkah Pertama Rubik 2×2, img: Guratgarut

2. Selesaikan Sisi Atas

Pada tahap ini ada 7 algoritma yang bisa digunakan dengan menerapkan masing-masing rumus pada masing-masing algoritma (namun dengan catatan warna putih yang sudah jadi berada di bagian bawah).

Rumus bisa kalian lihat dalam gambar di bawah ini.

Langkah Kedua Rubik 2x2
Langkah Kedua Rubik 2×2, img: Abu Ayaz’s Blog

Keterangan warna biru pada gambar merupakan warna kuning, dan garis biru juga posisi warna kuning lainnya. Jika sudah cocok seperti pada gambar, kalian bisa masukkan rumusnya. Lanjut langkah ketiga.

Baca Juga: Rumus Volume Kubus dan Balok, Beserta Contoh Soal dan Penjelasannya

3. Selesaikan Layer 2

Jika kedua langkah di atas sudah selesai, maka bisa lanjut langkah ketiga dengan memposisikan salah satu warna rubik yang sudah jadi di sebelah kiri. Seperti pada gambar berikut.

Langkah Ketiga Rubik 2x2
Langkah Ketiga Rubik 2×2, img: Guratgarut

Jika sudah di posisi seperti gambar di atas maka masukkan rumus R, U2, Ri, Ui, R, U2, Li, U, Ri, Ui, L. Dan rubik 2×2 akan jadi sempurna.

Sebagai tambahan informasi jika terjadi sebelum menginjak pada tahap ketiga dan belum ada warna yang jadi, maka kalian bisa menerapkan rumus yang ada di atas terlebih dahulu.

Baca Juga: Mudah! 3 Cara Cek Resi ID Express, Lacak Keberadaan Paketmu

Walaupun tidak ada pada salah satu sisi yang jadi, hingga satu sisi warna jadi baru bisa menerapkan rumus pada tahap ketiga.

Itulah tips atau trik rumus menyelesaikan rubik 2×2 untuk pemula. Bagaimana tertarik mencoba?