Suroboyo.id – Self Love atau dalam arti perasaan mencintai diri sendiri sangat penting dimiliki oleh setiap orang. Namun ternyata, perasaan mencintai diri sendiri ini justru masih belum dirasakan oleh beberapa orang.

Untuk orang-orang yang masih memiliki luka batin di masa lalunya, dia tidak memiliki Self Love terhadap dirinya sendiri.

Padahal, untuk kita mencintai dan mengasihi orang lain dengan baik, seharusnya kita lebih dulu menumbuhkan Self Love dalam diri kita sendiri.

Baca juga: 5 Cara Efektif Program Ulang Pikiran Bawah Sadar: Buang Mental Block dan Berdamai dengan Diri Sendiri

Tumbuh dengan mencintai diri sendiri akan memberikan dampak yang snagat positif untuk Kesehatan fisik, psikologis,dan spiritual.

Pada saat kita belajar mencintai diri sendiri, hidup akan terasa lebih baik dan bahagia.

Dengan menimbulkan rasa cinta terhadap diri sendiri, juga akan menjadikan pribadi yang kuat untuk menggapai semua impian dan cita-cita.

Ada banyak sekali manfaat yang kita peroleh jika kita mau menerapkan perasaan cinta dalam diri sendiri. Apa saja manfaat tersebut? Simak ulasan berikut ini lalu setelah itu mulai terapkan upaya untuk menumbuhkan Self Love pada dirimu.

1. Mampu Mengembangkan Gaya Hidup Sehat

Lavender, Alam, Bunga-Bunga, Tanaman
Mengembangkan Gaya Hidup Sehat

Jika kita dapat menumbuhkan rasa cinta dalam diri sendiri, secara otomatis kita akan lebih memperhatikan pola hidup.

Seperti tidur/istirahat, makanan, hobi, olahraga dan sebagainya. Karena menjalani gaya hidup sehat termasuk salah satu hal yang sulit bagi sebagian orang.

Tapi, mencintai diri sendiri akan memberikan banyak manfaat untuk melatih banyak hal positif dalam hidup.

Hal-hal positif tersebut seperti mudah memaafkan diri sendiri, melatih rasa syukur pada diri, lebih optimis dan percaya diri dalam hidup.

2. Mampu Menjadi Diri Sendiri

Berpikir Positif, Menjadi Diri Sendiri
Mampu Menjadi Diri Sendiri

Banyak orang yang merasa insecure pada dirinya sendiri. Terutama pada saat nerasa gagal atau merasa bahwa dirinya kurang cukup baik.

Rasa insecure ini sebenarnya datang karena kurang merasa percaya diri dan merupakan manifestasi dari kurangnya rasa mencintai diri sendiri.

Sebaliknya saat kita bisa mencintai diri sepenuhnya, maka kita akan dapat menumbuhkan rasa percaya diri termasuk menerima kelebihan dan kekurangan pada diri.

3. Lebih Optimis Terhadap Sesuatu Hal

Cant, Bisa, Diri Sendiri, Motivasi
Optimis

Ketika kita mencintai diri sendiri, kita tidak akan mudah stres saat melalui sebuah peristiwa atau situasi yang sulit.

Karena kita tidak akan pernah membandingkan diri dengan orang lain. Dan akan menjadi pemikir yang optimis dan akan bersedia untuk menjadi kreatif tanpa takut mencoba hal-hal yang baru.

Baca juga: Mengenal Spiritual Awakening Sekaligus Ciri-Ciri Seseorang yang Mengalaminya

4. Mendapatkan Kepuasan dalam Hidup

Mengatakan Ya Untuk Hidup, Kesenangan
Mendapatkan Kepuasan dalam Hidup

Saat kita sudah berada di titik Self Love, kita akan menciptakan pola pikir tentang penerimaan. Sehingga kita akan bersedia menerima semua tahapan dan situasi dalam hidup.

Kita akan lebih bertanggung jawab atas segala tindakan. Kita juga akan mengenali dari mana datangnya cinta, kebahagiaan, gairah, dan semangat.

Dari perasaan tersebut akan menimbulkan kepuasan tersendiri dalam hati. Seseorang yang puas dengan hidupnya memiliki mental yang besar, tidak mudah stres dam akan selalu bahagia.