Suroboyo.id – Bingung bagaimana cara kirim paket ke luar negeri? Perhatikan beberapa hal berikut ini agar mudah dalam pengirimannya.

Pengiriman paket atau barang ke luar negeri semakin merambah luas. Bahkan beberapa e-commerce atau toko online sudah melayani pengiriman hingga ke luar Indonesia.

Bahkan beberapa ekspedisi dalam negeri juga sudah membuka jasa untuk pengiriman ke luar negeri. Hal ini efek dari jual beli online yang semakin besar.

Baca Juga: Paket Belum Datang, Lacak Status SiCepat Mudah Disini

Lantas bagaimana cara kirim paket ke luar negeri? Ada beberapa hal yang perlu kalian ketahui.seperti packing yang aman hingga penyedia jasa pengiriman.

Cara Kirim Paket ke Luar Negeri

Berikut hal-hal yang perlu kalian persiapkan untuk mudah mengirim paket atau barang ke luar Indonesia.

1. Siapkan dan Kemas Barang

Langkah pertama yang harus dilakukan ketika ingin mengirimkan paket ke luar Negeri tentunya mengemas paket. Pastikan Anda mengemasnya dengan aman agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ketika dalam perjalanan. Sesuaikan juga dengan ketentuan yang telah ada, misalnya barang yang mudah pecah diharuskan untuk diberi pengaman.

2. Pilih Jasa Ekspedisi

Telah banyak penyedia ekspedisi yang menyediakan layanan pengiriman ke luar Negeri. Sesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Bila perlu, lakukan juga riset agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

3. Berikan Paket Kepada Ekspedisi

Setelah Anda memutuskan memilih jasa ekspedisi mana yang ingin digunakan, Anda harus menyerahkan paket anda ke pihak ekspedisi. Anda bisa datang langsung ke kantor jasa ekspedisi terdekat atau menggunakan jasa pickup yang disediakan pihak ekspedisi. Layanan pickup tentunya akan menambah biaya.

Baca Juga: 6 Arti Status Paket J&T: Suka Berbelanja Online Wajib Tahu

4. Lengkapi Formulir Pengiriman

Masalah dokumen sudah menjadi hal yang harus dilengkapi, terlebih untuk pengiriman ke luar Negeri. Tips bagi pengirim adalah pastikan informasi yang dituliskan di badan paket sesuai dengan ketentuan yang sudah ada. Misalkan, lampirkan alamat tujuan dengan jelas, cantumkan nomor pengirim dan penerima, dan seterusnya.

5. Bayar Ongkos Pengiriman (ongkir)

Setelah empat langkah di atas sudah dilakukan, bayar ongkos kirim paket sesuai dengan ketentuan yang sudah diberikan. Biasanya, harga yang diberikan sudah menjadi harga patokan dan tidak bisa ditawar lagi.

6. Minta Nomor Resi Kepada Pihak Ekspedisi

Setelah melakukan pembayaran, jangan lupa untuk meminta nomor resi. Nomor resi merupakan tanda sah pembayaran yang diberikan oleh pihak ekspedisi yang  nantinya bisa digunakan untuk melacak keberadaan paket.

Selain itu kalian juga perlu ketahui agar paket kalian aman sampai kepada penerima.

1. Packing Aman

Karena akan menempuh perjalanan jauh dengan dursai yang tidak singkat, pastikan Anda membungkus paket anda dengan aman agar sampai tujuan dengan selamat. Bila perlu, tambahkan juga bubble wrap yang dapat memberikan ekstra pengaman

Baca Juga: Cara Cek Resi Anteraja: Cari Tahu Status Paketmu

2. Harga Kiriman

Apabila Anda ingin mengirimkan barang dengan jumlah yang besar, pastikan Anda mengecek ongkos kirim yang dibanderol. Terlebih jika Anda ingin melakukan kegiatan mengekspor.

3. Ekspedisi yang Terpercaya

Sebelum mengirimkan paket ke luar Negeri, pastikan Anda melakukan riset tentang jasa pengiriman yang sudah terpercaya dalam melakukan pengiriman ke luar Negeri. Pengiriman lintas negara tentunya sangat berbeda jauh dengan pengiriman lokal dimana kemungkinan barang hilang atau rusak sangat tinggi. Hal tersebut tentunya sangat merugikan Anda.

4. Memperkirakan Waktu Estimasi

memperkirakan waktu estimasi pengiriman tentunya sangat penting dipertimbangkan karena pengiriman ke luar Negeri tentunya memiliki masa pengiriman yang relatif lebih lama. Anda perlu mempertimbangkan estimasi waktu pengiriman terutama jika barang yang Anda akan kirim memiliki masa keawetan yang relatif singkat seperti makanan.

Baca Juga: 2 Cara Cek Resi Zalora, Simak Langkah Mudahnya Melalui HP

Berikut beberapa ekspedisi yang melayani jasa pengiriman hingga ke luar negeri.

1. Tiki
2. JNE Express
3. Pos Indonesia
4. J&T Express
5. SiCepat
6. FedEx Indonesia
7. DHL
8. RIFEX
9. Expedito
10. Skynet WorldWide Express

Itulah langkah-langkah yang harus kalian lakukan jika ingin mengirimkan paket ke luar Negeri. Apa yang akan kalian kirim?