Suroboyo.id – Setiap orang pasti memiliki masa lalu. Entah itu masa lalu yang baik maupun masa lalu yang buruk hingga masih menyisakan luka batin yang tak berkesudahan.

Sebenarnya hal tersebut sah-sah saja, karena move on dari sakit hati juga bukan hal yang mudah dan membutuhkan proses panjang sekaligus kesabaran yang ekstra.

Luka batin biasa juga disebut dengan trauma. Di mana kondisi seseorang yang pernah mengalami masa lalu yang menyakitkan dan efeknya masih terbawa sampai sekarang.

Baca juga: 5 Cara Efektif Program Ulang Pikiran Bawah Sadar: Buang Mental Block dan Berdamai dengan Diri Sendiri

Ada tanda-tanda yang bisa dirasakan seseorang yang masih memiliki luka batin. Apa sajakah itu? Apakah kamu juga masih menyimpan luka batin yang belum selesai? Simak di sini tanda-tanda jika kamu masih memiliki luka batin yang belum selesai.

1. Sering Overthingking atau Was-was

Seseorang yang memiliki trauma biasanya akan cenderung overthingking hingga akan sangat berhati-hati dengan situasi yang mirip dengan masa lalu yang pernah melukainya.

Misal, seseorang takut terjadi hal yang menyakitkan di masa lalu akan terulang kembali. Kondisi ini jelas tidak baik karena sulit untuk beradaptasi dan melakukan hal baru ataumencoba sesuatu dari yang pernah gagal.

2. Mati Rasa

Kamu merasa datar? Atau bahkan kamu bingung dengan hal apa yang bisa membuat dirimu sendiri bahagia?

Pada titik ini seseorang akan merasa bahwa batin dan hati tidak memiliki gairah hidup, sulit merasakan kebahagiaan atas pengaruh orang lain, dan tidak mampu melihat potensi-potensi kesuksesan yang mungkin bisa didapatkan.

Maka itu dia sudah tidak memiliki rasa akibat dari luka batin di masa lalunya.

Baca juga: Mengenal Spiritual Awakening Sekaligus Ciri-Ciri Seseorang yang Mengalaminya

3. Sensitif Terhadap Beberapa Hal Spesifik

Ada beberapa orang yang sensitif terhadap sesuatu hal, mudah sedih atau mudah takut ketika ada orang lain yang membicarakan suatu hal yang mungkin pernah dialaminya.

Atau terhadap situasi tertentu yang ada kaitannya dengan masa lalu yang pernah membuat dirinya trauma. Sehingga ucapan dan situasi tersebut akan membuatnya sensitif.

Nah itulah tanda seseorang memiliki luka batin yang masih belum selesai. Tips yang mungkin bisa dilakukan untuk mengobati masal luka batin tersebut yaitu dengan cara menerima masa lalu yang sudah terjadi, belajar memaafkan, dan bisa konsultasi ke profesional jika keluhannya berkelanjutan.