Suroboyo.id – Diet adalah salah satu cara untuk menurinkan berat badan berlebih yang paling sering dilakukan.

Akan tetapi beberapa orang justru terbebani dengan diet yang biasanya ketat dan menyiksa. Apalagi jika dilakukan secara terus menerus demi tercapainya berat badan yang ideal.

Kegiatan menghitung kalori dengan mengurangi asupan makanan favorit terkadang juga akan sangat melelahkan. Padahal sebenarnya diet dapat membantu membakar kelebihan berat badan dan juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh.

Baca juga: Tips Menu Sarapan untuk Menurunkan Berat Badan

Namun. untuk kamu para pejuang diet wajib untuk mengetahui solusi ampuh turunkan berat badan tanpa perlu melakukan diet yang menyiksa.

Dilansir dari SciTech Daily, mengurangi makanan dan melakukan diet, penurunan berat badan dapat dilakukan dengan meningkatkan aktivitas, mengubah waktu makan, dan trik tertentu lainnya.

Berikut cara menurunkan berat badan tanpa perlu diet yang menyiksa.

1. Kardio di Pagi Sebelum Makan

Latihan kardio yaitu seperti workout, berlari, bersepeda, atau naik dan turun tangga dapat membantu membakar kalori dan mengurangi lemak dalam tubuh.

Dengan durasi 20 menit, latihan kardio di pagi hari sebelum sarapan secara rutin akan memberikan keajaiban terhadap berat badan.

Seperti hasil penelitian dari British Journal of Nutrition, bahwa mereka yang melakukan kardio di pagi hari dalam keadaan perut kosong membakar lemak 20 persen lebih banyak dibanding setelah sarapan.

Karena pada saat tubuh dalam keadaan berpuasa akan membakar lemak untuk dijadikan energi dan bukan membakar karbohidrat.

Baca juga: Perbedaan Demam Gejala Tipes, Malaria dan DBD Menurut Dokter

2. Minum Air Sebelum Makan

Pada sebuah studi 2013 dalam Journal of Clinical and Diagnotic Researh menemukan bahwa anak perempuan yang minum 500 ml air sebelum makan, akan kehilangan lebih banyak berat badan.

Meskipun ternyata sebagian orang kerap khawatir jika air akan menambah jumlah angka dalam timbangan. Namun nyatanya penelitian menunjukkan hal yang sebaliknya.

Tidak hanya itu, kebiasaan minum sebelum makan juga mengurangi indeks massa tubuh tanpa ada perubahan pola makan lain.

Minum setengah liter air sebelum makan membantu mengurangi rasa lapar, sehingga nafsu makan lebih terkontrol.

3. Makan Lebih Banyak Protein

Meningkatkan asupan protein merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan metabolisme dan menurunkan berat badan.

Dalam penelitian American Journal of Clinical Nutrition (2008) mengungkapkan, protein meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi lapar.

Dengan begitu, secara alami akan lebih sedikit kalori yang masuk dalam tubuh, sehingga berat badan lebih terjaga.

Delain itu, protein seperti telur, ayam, dan susu juga bagus untuk membangun otot.

Baca juga: Meskipun Sehat, Terlalu Sering Minum Jus Jeruk Justru Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

4. Lebih Banyak Tidur

Tidur yang cukup ternyata juga mampu membantu menurunkan berat badan.

Sebaliknya, kurang tidur justru akan membuat tubuh lelah sepanjang hari dan memicu kegemukkan.

Hasil dari studi menunjukkan, tiga jam tambahan tidur menyebabkan subyek penelitian mengalami pembakaran 400 kalori per malam.

Di sisi lain, subyek yang tidur selama 8,5 jam per malam kehilangan otot sebesar 60 persen lebih sedikit dibanding mereka yang terlelap hanya 5,5 jam per malam.

Selain itu, tidur tambahan juga membantu meningkatkan metabolisme para subyek penelitian.

5. Hindari Stres

Stres dan kecemasan berlebih dapat meningkatkan kadar hormon kortisol. Kortisol berfungsi menyediakan energi bagi tubuh, terutama jika berada dalam ancaman, tekanan, atau stres.

Akibatnya tubuh akan merasa lapar dan menginginkan makanan sebagai peredanya. Hal tersebut tentu berbanding terbalik dengan keinginan untuk menurunkan berat badan.