Ringkasan Hasil Kualifikasi Euro 2024 Sabtu Dini Hari, 9 September: Timnas Spanyol, Portugal, dan Kroasia Meraih Kemenangan

suroboyo.id – Dalam rangkaian hasil kualifikasi Euro 2024 dari Jumat malam hingga Sabtu dini hari tanggal 8-9 September 2023, terdapat kemenangan gemilang yang diraih oleh Timnas Spanyol, Portugal, dan Kroasia.

Timnas Spanyol menggemparkan stadion dengan mengalahkan Georgia dengan skor akhir 7-1 pada pertandingan yang digelar di Boris Paichadze Dinamo Arena, Tbilisi. Penampilan gemilang Alvaro Morata mencuri perhatian dengan mencetak hat-trick yang luar biasa.

Sementara itu, gol-gol lain yang membawa Spanyol menuju kemenangan besar ini dicetak oleh Dani Olmo, Nico Williams, serta debutan muda berbakat, Lamine Yamal.

Tidak hanya itu, satu gol tambahan untuk Spanyol tercipta melalui bunuh diri pemain lawan. Sedangkan satu-satunya gol yang berhasil diciptakan oleh Georgia datang dari kaki Giorgi Chakvetadze.

Pertandingan ini juga mencatatkan sejarah penting dengan debutnya Lamine Yamal dalam timnas. Meskipun baru berusia 16 tahun, Yamal tampil di menit ke-44 menggantikan Dani Olmo, dan penampilannya di atas lapangan mencuri perhatian banyak orang.

Spanyol baru tiga kali menjalani pertandingan di Grup A. Mereka menempati posisi kedua klasemen dengan nilai 6, tertingal 9 angka dari Skotlandia yang sudah bermain lima kali dan baru mengalahkan Skotlandia 3-0. Georgia di posisi keempat dengan nilai 4.

Pada laga lain, Portugal menang 1-0 di kandang Slovakia, Tehelne pole, Bratislava. Gol Bruno Fernandes pada menit ke-43 menjadi penentu kemenangan.

Cristiano Ronaldo tampil penuh dalam laga ini. Namun, ia gagal memberi banyak sumbangan buat timnya.

Hasil ini memastikan kesempurnaan Portugal dalam lima laga di Grup J. Mereka mengemas nilai 15, unggul lima poin dari Slovakia dan Luksemburg. Dalam laga lain, Luksemburg menang 3-1 atas Islandia.

Dari Grup D, Kroasia menang 5-0 saat menjamu Latvia. Bruno Petkovic memborong dua gol, sedangkan gol lainnya diceploskan Luka Ivanusec, Andrej Kramaric, dan Mario Pasalic.

Kini, Kroasia menempati posisi kedua klasemen dengan nilai 7 dari 3 laga. Mereka tertinggal 3 poin dari Turki yang sudah bermain 5 kali, termasuk ditahan Armenaia 1-1 pada Sabtu dinihari. Latvia belum pernah menang dalam empat laga yang dijalaninya.