Puncak Peringatan Harkopnas ke-75, Jembatan Suroboyo Dibanjiri Food Truck

Suasana Puncak Harkopnas ke-75 di Surabaya
Suasana Puncak Harkopnas ke-75 di Surabaya

Suroboyo.id – Ada hal yang berbeda pada pagi ini di Jembatan Suroboyo yang terletak di kawasan Kenjeran, Surabaya. Puluhan Food Truck berjejer dalam puncak peringatan Harkopnas ke-75.

Dalam acara ini, selain adanya puluhan Food Truck, Pemkot juga menggelat berbagai acara seperti Senam Pagi, gowes sepeda, bazar UMKM, hingga pembagian doorpreize.

Dalam pernyataanya, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan (Dinkopdag) Kota Surabaya, Fauzie Mustaqiem Yos mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kolaborasi, gotong-royong, dan sinergitas antara Pemkot Surabaya bersama Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Surabaya, serta Gerakan Koperasi se-Kota Surabaya.

Baca Juga:Peringati Hari Anak Nasional, Ratusan Pelajar Surabaya Turun ke Jalan Gaungkan Stop Kekerasan

“Dalam rangka memperingati Harkopnas ke-75 yang jatuh pada 12 Juli lalu dan sudah kita rayakan di Taman Surya. Untuk hari ini, 31 Juli 2022 adalah puncak peringatannya. Ada gowes, senam bersama, sekaligus diramaikan dengan beberapa food truck,” kata Yos sapaan lekatnya.

Dalam kegiatan tersebut, Yos mengaku bahwa konsep puncak peringatan Harkopnas ke-75 bersifat untuk umum. Seluruh masyarakat Kota Surabaya bisa mengikuti kegiatan senam dan gowes bersama. Selain itu, sebanyak 25 stand UMKM ikut bergabung dalam kegiatan tersebut.

“Bahkan, selain bazar UMKM di CFD Jembatan Suroboyo, bazar UMKM juga dibuka di bagian utara THP Kenjeran Kota Surabaya. Disini kami juga rutin melakukan penjadwalan dari UMKM binaan di kawasan wisata Pantai Kenjeran, yakni setiap hari Sabtu dan Minggu,” jelas dia.

Yos menerangkan, penjadwalan UMKM tersebut dilakukan bersama kecamatan dan kelurahan setempat. Setiap minggunya, Dinkopdag bersama kecamatan dan kelurahan melakukan seleksi, agar pelaku UMKM sekitar bisa melakukan transaksi ekonomi secara bergantian.

“Sebab, kami mengutamakan UMKM sekitar dengan harapan, perekonomian mereka bisa terangkat. Salah satunya melalui kegiatan CFD di Jembatan Suroboyo,” terang dia.

Baca Juga:Pemkot Surabaya Fasilitasi Pendidikan Pranikah Sebagi Upaya Cegah Perceraian dan Pernikahan Dini

Selanjutnya, Yos menjelaskan bahwa untuk food truck, pihaknya melakukan penjadwalan setiap 2 minggu sekali. Sebab, pihaknya berkomitmen untuk mengutamakan pemulihan ekonomi warga sekitar kawasan wisata Pantai Kenjeran.

“Khusus untuk food truck, penjadwalan setiap 2 minggu sekali. Dan hari ini ada 6 food truck yang bergabung dalam peringatan puncak Harkopnas ke-75 hari ini,” ujar dia.

Tak hanya itu saja, Pemkot Surabaya bersama Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Surabaya, serta Gerakan Koperasi se-Kota Surabaya juga membagikan doorprize kepada para peserta senam maupun peserta pesepeda.

“Setelah senam kita pindah ke THP, ada lomba yel-yel dan pembagian doorprize untuk peserta senam dan pesepeda. Doorprizenya ada kulkas, tv, sepeda, mesin cuci, dan ada hadiah hiburan yang lainnya,” ungkap dia.

Ditemui di lokasi, Anggota Komisi B DPRD Kota Surabaya, Alfian Limardi mengapresiasi langkah Pemkot Surabaya yang terus mewujudkan sinergitas dan kolaborasi untuk mempercepat pemulihan ekonomi bagi para pelaku UMKM di kawasan wisata Pantai Kenjeran.

“Saya mengapresiasi langkah Pemkot Surabaya yang terus berkomitmen pada pemulihan ekonomi kerakyatan. Semoga sinergitas dan gotong-royong ini bisa terus dilakukan dengan melibatkan berbagai macam pihak yang lainnya,” pungkasnya