Tak Hanya Untuk Rambut, Inilah 6 Manfaat dan Cara Pengolahan Minyak Kemiri

  • Bagikan
Manfaat Minyak Kemiri
Manfaat Minyak Kemiri

Suroboyo.id – Kemiri atau muncang dalam bahasa sunda merupakan golongan bumbu dapur yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Selain sebagai bumbu dapur, manfaat minyak kemiri juga terkenal sebagai obat tradisional dalam mengatasi gangguan kesehatan serta untuk kecantikan.

Tumbuhan golongan rempah- rempah ini memiliki biji berwarna putih kekuningan dan memiliki kandungan minyak di dalamnya yang terkenal dengan sebutan minyak kemiri. Biji kemiri memiliki kandungan lemak hingga 60 %. Didalam biji juga terdapat protein, karbohidrat, vitamin, folat, serta fitosterol yang berfungsi sebagai penghambat membentuknya kolesterol.

Manfaat minyak kemiri memang terkenal sebagai obat penguat rambut. Dari berdasarkan penelitian kandungan saponin, falvonoida, dan polifenol di dalamnya mampu mengobati penyakit seperti diare, disentri, sakit perut, sembelit, demam, sariawan dan juga sakit gigi.

Kita juga bisa membuat manfaat minyak kemiri sendiri dirumah dengan sederhana khususnya untuk rambut. Caranya siapkan beberapa butir biji kemiri. Haluskan dengan menggunakan blender sampai halus. Lalu peras dan ambil air perasan tersebut, rebus hasil perasan hingga menjadi berwarna cokelat kehitaman kemudian dinginkan dan simpan dengan rapat.

Dibawah ini beberapa khasiat manfaat minyak kemiri untuk kesehatan rambut

Menghitamkan rambut

Kandungan dalam minyak kemiri mampu memberikan nutrisi yang baik bagi rambut. Warna rambut yang terlihat hitam akan lebih bagus dan juga terlihat lebih sehat. Minyak kemiri bukan hanya untuk menghitamkan rambut, tapi juga menghitamkan alis

Mencegah rambut rontok

Selain menghitamkan rambut, manfaat minyak kemiri juga mampu mengatasi dan mencegah rambut rontok. Rambut rontok memang sangat mengkhawatirkan karena bisa menyebabkan kebotakan jika terus dibiarkan

Mencegah uban

Uban bukan hanya terjadi jika kita sudah lanjut usia, namun bisa juga kapan saja. Uban terjadi karena pigmen rambut yang kurang sehingga membuat rambut tumbuh dengan warna putih. Gunakan minyak kemiri ini agar uban pada rambut tidak semakin banyak.

Menghilangkan ketombe

Ketombe memang sangat menggangu, bukan hanya mengganggu aktivitas kita namun juga menganggu penampilan kita. Ketombe dapat diatasi dengan menggunankan minyak kemiri ini ke bagian kulit kepala yang berketombe.

Berikut adalah beberapa resep manfaat minyak kemiri untuk gangguan kesehatan tubuh

Mengobati Diare

Cara mengobati diare dengan minyak kemiri adalah siapkan 20gr kulit batang kemiri dan juga biji kemiri yang masih segar. Cuci kedua bahan tersebut, lalu tumbuk bagian batang kemiri lalu rebuslah dengan biji kemiri bersama dengan 600cc air, biarkan hingga tersisa setengahnya. Saring dan konsumsi air tersebut 2 kali sehari minimal 150cc sekali minum.

Mengobati sariawan

Sariawan yang menggangu dapat kita obati dengan cara ambillah getah pada pohon kemiri menggunakan kapas. Lalu oleskan getah tersebut pada bagian yang sariawan

Demikian beberapa manfaat minyak kemiri dalam bidang kesehatan. Tentunya dengan penggunaan yang rutin kita baru bisa merasakan khasiatnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *