Nathan Tjoe-A-On Menyaksikan Timnas Indonesia Bermain melawan Brunei, Pertanda Naturalisasi

suroboyo.id – Saat Timnas Indonesia berhadapan dengan Brunei Darussalam dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026, perhatian tertuju pada Nathan Tjoe-A-On yang turut menyaksikan perjuangan skuad Garuda.

Kehadiran Nathan dalam pertandingan antara Indonesia dan Brunei tidak terlewatkan, dan momen tersebut diabadikan dalam unggahan Insta Story oleh Erick Thohir.

Tidak hanya itu, Nathan juga terlihat berbincang dengan Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, serta Presiden Joko Widodo.

Nathan adalah salah satu pemain yang berpotensi dinaturalisasi untuk membela Timnas Indonesia. Pelatih Shin Tae Yong dan Erick Thohir sama-sama memberikan sinyal positif mengenai proses alih kewarganegaraan bagi pemain yang saat ini membela Swansea City.

Shin Tae Yong menyatakan bahwa proses naturalisasi Nathan berjalan dengan baik, tetapi ia ingin berkomunikasi lebih lanjut dengan Erick Thohir, yang juga menjabat sebagai Ketua Umum PSSI, dalam hal ini. Erick Thohir sendiri menegaskan bahwa Nathan sangat berkomitmen untuk membela Timnas Indonesia.

“Dia serius [bersedia memperkuat Timnas Indonesia]. Kalau enggak, enggak datang dia sama bapaknya. Kalau enggak, enggak dikenalin sama Presiden,” terang Erick mengenai kehadiran Nathan di SUGBK.

Erick menjelaskan kehadiran pemain-pemain naturalisasi tak lepas dari keinginan menembus Piala Dunia 2026 yang menghadirkan jatah hingga delapan timnas dari kawasan Asia.

“Kita memerlukan 2×11 pemain tim senior yg sama levelnya. Kalau kita mau terus lebih baik lagi karena kompetisi akan makin tinggi, pertandingan akan makin berat, semua negara juga ingin [masuk Piala Dunia],” ucap Erick.

“Karena, ingat, jatah Asia kan 8 setengah. Siapa yang enggak kepingin,” ucapnya menambahkan.

Saat ini, di bawah kendali STY, Indonesia memiliki sederet pemain naturalisasi yang kerap dimainkan seperti Sandy Walsh, Jordi Amat, Rafael Struick, Ivar Jenner, Shayne Pattynama, Marc Klok, dan Elkan Baggott.

Baca Juga :   Serie A Italia: Fiorentina Mengalahkan Cagliari dan Merangkak ke Posisi Atas

Sementara belakangan santer pula nama lain yang juga diincar menjadi penggawa Timnas Indonesia yakni Jay Idzes.