Nasib Erik ten Hag dan Manchester United: Berjuang Melawan Badai Cedera di Liga Champions

suroboyo.id – Erik ten Hag saat ini menjadi pusat sorotan. Performa Manchester United di awal musim ini dinilai masih jauh dari harapan yang diinginkan. Dan menjelang pertandingan Bayern Munchen vs Manchester United di tengah pekan ini, Ten Hag dihadapkan pada situasi yang menantang.

Manchester United akan berhadapan dengan Bayern Munchen dalam pertandingan pertama penyisihan grup Liga Champions 2023-2024. Ini adalah kompetisi Eropa pertama bagi MU sejak musim 2021-2022.

Namun, di tengah harapan untuk tampil impresif dan meraih kemenangan, pelatih Erik ten Hag justru dihadapkan pada tantangan besar yang disebabkan oleh cedera yang melanda sebagian besar pemain intinya.

Kehilangan beberapa pemain kunci tentu saja berdampak signifikan pada persiapan Manchester United. Meskipun begitu, Erik ten Hag dengan tegas menyatakan bahwa timnya siap menghadapi raksasa Bundesliga di Allianz Arena pada Kamis (21/9/2023) mendatang.

“Dengan jelas, Bayern Munchen adalah salah satu tim favorit untuk meraih gelar Liga Champions, jadi kami harus tampil dengan baik saat bermain di sana. Saya telah menjelaskan apa yang dibutuhkan oleh tim kami. Kami harus memiliki karakter, keyakinan, ketahanan, dan tekad untuk berhasil,” ungkapnya dalam konferensi pers setelah timnya kalah 1-3 dari Brighton pada akhir pekan sebelumnya.

Saat kalah 1-3 dari Brighton di Old Trafford akhir pekan lalu, Manchester United harus menghadapi kenyataan delapan pemainnya absen karena cedera.

Tom Heaton, Raphael Varane, Luke Shaw, Tyrell Malacia, Kobbie Mainoo, Mason Mount, Amad Diallo, dan pemain baru Sofyan Amrabat tak bisa bermain karena masuk ruang perawatan.

Dalam konferensi pers setelah pertandingan melawan Brighton, Erik ten Hag mengatakan bahwa akan ada pemain yang pulih dalam kembali ke tim. Namun menurutnya terlalu cepat bila dimainkan melawan Bayern Munchen tengah pekan ini.

Baca Juga :   Hasil DFB Pokal: Bayern Munchen Terjungkal oleh Klub Liga 3, Apakah 'Kutukan' Harry Kane Terus Berlanjut?

“Mungkin, mungkin satu pemain, tapi menurut saya melawan Munchen jaraknya terlalu pendek,” kata Ten Hag, ketika ditanya tentang kemungkinan skuad MU mendapatkan tambahan kekuatan jelang lawatan ke Allianz Arena.

“Tapi menurut saya, saat kami bertandang ke Burnley seminggu setelahnya, saya pikir para pemain akan kembali,” tambahnya.

Belum selesai badai cedera hilang, satu pemain MU juga dipastikan menambah daftar panjang pemain yang cedera. Adalah Aaron Wan-Bissaka yang harus masuk ruang perawatan karena cedera setelah melawan Brighton.

“Aaron Wan-Bissaka akan menepi selama beberapa waktu setelah ia mengalami cedera di menit-menit terakhir saat menghadapi Brighton & Hove Albion,” tulis pernyataan resmi MU.

Menurut pernyataan resmi tersebut, mereka belum bisa memastikan seberapa lama Wan-Bissaka akan absen dari skuat Manchester United. Namun MU memastikan bahwa Wan-Bissaka akan absen selama beberapa pekan ke depan untuk memulihkan cedera tersebut.

Daftar Cedera Pemain MU

Berikut daftar cedera pemain Manchester United dan kemungkinan comeback:

  1. Aaron Wan-Bissaka (Cedera belum diketahui) – Oktober/November
  2. Raphael Varane (Cedera belum diketahui) – 23 September vs Burnley
  3. Sofyan Amrabat (Cedera belum diketahui) – 23 September vs Burnley
  4. Mason Mount (Cedera otot) – 23 September vs Burnley
  5. Luke Shaw (Cedera otot) – Belum diketahui kapan pulih
  6. Tyrell Malacia (Cedera belum diketahui) – Belum diketahui kapan pulih
  7. Kobbie Mainoo (Cedera engkel) – Akhir September/Oktober
  8. Amad Dialo (cedera lutut) – Belum diketahui kapan pulih
  9. Tom Heaton (cedera betis) – Belum diketahui kapan pulih