Menyambut Asian Games 2023, Kontingen Indonesia Memperkenalkan Seragam Tanding Baru pada Hari Olahraga Nasional (Haornas)

suroboyo.id – Dekatnya tanggal pelaksanaan Asian Games 2023 semakin mendorong kontingen Indonesia untuk mempersiapkan diri secara serius.

Pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang jatuh pada tanggal 9 September 2023, kontingen Indonesia memperkenalkan jersey dan perlengkapan tanding terbaru mereka.

Peluncuran jersey ini dihadiri oleh lima atlet yang akan mewakili Indonesia dalam Asian Games nanti, yaitu Bagus Saputra (sepeda), Yuda Saputera (Bola Basket), Diananda Chaerunnisa (Panahan), Alan (Esports), dan Angel Gabriella Yus (renang). Acara peluncuran berlangsung sederhana di kantor NOC Indonesia di Senayan.

Pada acara ini, juga hadir berbagai tokoh penting, termasuk Menteri Pemuda dan Olahraga, Dito Ariotedho, Chef de Misson Indonesia untuk Asian Games, Basuki Hadimuljono, ketua NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari, serta perwakilan dari berbagai cabang olahraga.

Ketua umum NOC Indonesia, Raja Sapta, menyatakan, “Kami dengan sengaja memilih Hari Olahraga Nasional sebagai momen peluncuran jersey kontingen Indonesia untuk Asian Games 2023.

Kami berharap bahwa hal ini dapat menjadi dorongan dan membantu kami meraih hasil terbaik di Asian Games Hangzhou.”

Jersey kontingen Indonesia di Asian Games 2023 masih buatan Li-Ning. Namun ada perubahan besar pada desainnya. Ada beberapa elemen di kostum para atlet yakni pattern Garuda, lalu palet, serta logo Tim Indonesia.

Pattern Garuda yang tergambarkan mulai dari kepala hingga kepak sayap mencerminkan kemenangan perlambang kemampuan untuk mengatasi tantangan dan mencapai puncak prestasi tertinggi olahraga Indonesia. Arsiran garis turut merefleksikan penerbangan yang anggun serta energi yang ada dalam diri para atlet Tim Indonesia.

Sedangkan palet warna yang dipilih dalam desain ini adalah merah, putih, hitam, dengan sentuhan emas. Merah dan Putih melambangkan bendera Indonesia, sekaligus keberanian dan semangat persatuan dalam kemajemukan.

Baca Juga :   Rahmat Erwin Abdullah Raih Emas di Asian Games 2023, Warganet Berharap Kesuksesan di Olimpiade Paris 2024

Sementara hitam menjadi simbol kematangan, elegansi, serta kebanggaan atas Indonesia. Sentuhan emas menegaskan komitmen kita pada keunggulan dan kemenangan untuk meraih prestasi tertinggi.

Adapun logo Tim Indonesia adalah makna dari simbol negara, Tim Indonesia ingin menampilkan bahwa burung Garuda merupakan kebanggaan atlet-atlet Indonesia.

Ring Olimpiade di bawah Garuda menunjukkan Tim Indonesia akan selalu mengedepankan nilai-nilai Olimpiade, yakni respect, friendship, serta excellence dalam meraih kemenangan.

Di Asian Games 2023, Indonesia akan turun di 31 cabang olahraga dengan total 415 atlet. Indonesia menargetkan bisa finis di empat besar. Kostum tanding yang mewah ini diharapkan semakin membakar semangat para atlet di Asian Games 2023.

“Peluncuran jersey baru ini menjadi simbol bahwa persiapan kontingen Indonesia sangat sudah siap untuk membawa hasil terbaik,” kata Menpora Dito.

Karena merupakan ajang multievent maka seluruh cabang olahraga akan memain jersey yang sama. Timnas sepak bola juga memakai seragam tanding yang sama dengan cabor lain meski sebenarnya memiliki kontrak dengan apparel Mills.