Liverpool Geser Arsenal, The Reds Puncaki Klasemen Liga Inggris Setelah Menang 2-0 atas Burnley

suroboyo.id – Liverpool meraih kemenangan susah payah 2-0 saat bertandang ke markas Burnley, Turf Moor, pada pertandingan Boxing Day Liga Inggris 2023/2024 yang digelar Rabu dini hari (27/12/2023) waktu Indonesia. Kemenangan ini membuat The Reds sementara memuncaki klasemen liga.

Darwin Nunez dan Diogo Jota menjadi pahlawan bagi Liverpool dengan mencetak gol di setiap babak pertandingan. Tambahan tiga poin dari laga ini membuat Liverpool kini mengoleksi 42 poin dari 19 pertandingan, unggul dua angka dari Arsenal yang baru saja berlaga dua hari sebelumnya.

Sementara itu, Burnley terdampar di posisi ke-19 klasemen dengan hanya mengumpulkan 11 poin.

Jalannya Pertandingan Burnley vs Liverpool

Liverpool langsung menggebrak sedari kickoff dan mendapat peluang pertama pada menit ketiga lewat sepakan Harvey Elliott dari luar kotak penalti yang bisa ditepis James Trafford.

Liverpool membuka keunggulan pada menit keenam lewat Darwin Nunez. Cody Gakpo menguasai bola dari sisi kiri dan memberikannya kepada Nunez yang berdiri bebas di tepi kotak penalti.

Nunez mengarahkan bola ke tiang jauh tanpa bisa dihalau Trafford untuk mencetak gol kelimanya di Premier League musim ini. Nunez juga menuntaskan puasa gol di 11 pertandingan terakhirnya.

Liverpool mendapat peluang lagi pada menit kedelapan lewat Mohamed Salah yang melepaskan sepakan keras, tapi bisa ditepis Trafford untuk berujung korner.

Peluang pertama Burnley hadir pada menit ke-10 lewat Josh Brownhill dari tembakan jarak jauh, tapi menyamping di sisi kiri gawang Alisson Becker.

Liverpool masih mendominasi permainan hingga 25 menit laga berjalan, namun belum bisa menambah gol karena pertahanan Burnley yang berlapis.

Liverpool sempat mencetak gol kedua pada menit ke-28 lewat Cody Gakpo memaksimalkan bola liar di kotak penalti. Tapi, wasit Paul Tierney menganulir gol itu karena sebelumnya terjadi pelanggaran yang dilakukan Nunez kepada Charlie Taylor.

Baca Juga :   Pelatih Manchester United Erik Ten Hag Frustasi, Para Beban MU Tak Kunjung Laku

Satu lagi peluang didapat Liverpool pada menit ke-33 yang diawali umpan diagonal Cody Gakpo ke sisi kanan yang ditempati Salah. Salah menerima, menguasai sejenak, sebelum menembak meski bola mengenai mistar.

Wataru Endo punya kans pada menit ke-38 lewat sepakan di depan kotak penalti dari umpan pendek Nunez, yang bisa ditepis Trafford untuk berujung sepak pojok.

Salah juga punya kesempatan bikin gol pada menit ke-42. Dia menembak di depan gawang yang dapat dibendung Trafford. Hingga turun minum, skor 1-0 bertahan.

Pada babak kedua, Liverpool lagi-lagi gagal menambah gol karena dianulir VAR pada menit ke-55. Gol Elliott lewat sepakan jarak dekat dibatalkan karena Salah dalam posisi offside, dinilai mengganggu pandangan kiper Burnley saat bola ditendang.

Setelah mendominasi babak pertama, Liverpool malah kesulitan untuk membongkar pertahanan Burnley di babak kedua. Belum ada satu pun shot on target dibuat hingga menit ke-75.

Liverpool padahal sudah memasukkan Luis Diaz, Dominik Szoboszlai, dan Curtis Jones untuk menajamkan lini serang.

Satu kans didapat Trent pada menit ke-85 ketika bola liar jatuh di depannya dan disepak dengan kaki kirinya, tapi masih menyamping di sisi kanan gawang Trafford.

Semenit kemudian kesalahan oper dari Wataru Endo membuat Johann Gudmundsson merebut bola di pertahanan Liverpool. Gudmundsson melepaskan sepakan keras yang menyamping tipis.

Tak lama berselang Liverpool membalas lewat serangan balik yang dilakukan Luis Diaz dari sisi kiri dan coba dituntaskan lewat sepakan dari sudut sempit. Trafford lagi-lagi bisa membendungnya.

Jota! Pemain Portugal itu memperbesar keunggulan Liverpool jadi 2-0 pada menit ke-89. Dari serangan balik yang dimulai Endo, bola dikirim ke Jota yang menggiringnya mendekati kotak penalti sebelum mengumpan ke Diaz.

Baca Juga :   Arteta Ungkap Dua Kendala yang Dialami Arsenal dalam Laga Melawan Chelsea

Diaz mengembalikan bola dengan tumit ke Jota, yang lantas menyepaknya melewati sela kaki Trafford dan bersarang di tiang jauh. Hingga laga Burnley vs Liverpool berakhir, tidak ada lagi gol tercipta.