Ketua Komite Wasit FIFA: Piala Dunia U-17 2023 Harus Menjadi Panggung Keunggulan Wasit

suroboyo.id – FIFA baru-baru ini mengumumkan daftar wasit dan asisten wasit yang akan memimpin pertandingan Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Sebanyak 18 wasit, 36 asisten wasit, dan 18 wasit Video Assistant Referee (VAR) telah ditunjuk untuk bertugas dalam ajang bergengsi ini.

Pierluigi Collina, Ketua Komite Wasit FIFA, menekankan komitmennya untuk mempersiapkan para wasit ini sebaik mungkin. Dalam upaya meningkatkan kualitas pertandingan, Collina berharap agar Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia akan dipandu oleh wasit-wasit terbaik.

“Kami sangat menantikan turnamen FIFA pertama yang akan digelar di Indonesia. Ini akan menjadi momen penting bagi tim wasit kami. Peran wasit juga akan menjadi bagian penting dari warisan yang akan ditinggalkan oleh Piala Dunia U-17 untuk negara ini,” ungkap Collina, seorang legenda wasit dari Eropa.

Ia menambahkan, “Setelah suksesnya Piala Dunia FIFA U-20 di Argentina, turnamen ini memberikan kesempatan berharga kepada para ofisial pertandingan FIFA yang berbakat untuk memperlihatkan kemampuan mereka dalam lingkup internasional, sambil mencapai tonggak penting dalam karier mereka.”

Para wasit yang terpilih nantinya akan dipantau langsung oleh Sub Divisi Perwasitan FIFA, mereka bakal digembleng untuk menyiapkan diri.

Ada banyak hal yang menjadi fokus persiapan tersebut, termasuk membaca dan memahami pertandingan, kerja sama tim, dan kemampuan untuk berada dalam waktu dan tempat yang tepat untuk membuat keputusan tepat.

Ofisial pertandingan terpilih ini akan mengikuti seminar persiapan akhir, beberapa hari sebelum Piala Dunia U-17 2023 dimulai.

Mereka akan meninjau dan menganalisis klip video dari situasi pertandingan yang sebenarnya. Mereka juga akan melakukan praktik latihan bersama dengan para pemain. Sesi ini akan direkam agar mereka bisa menerima umpan balik langsung dari para instruktur wasit.

Baca Juga :   Persebaya Dilarang Bermain di GBT, Wali Kota Surabaya Langsung Kontak Kementerian PUPR

“Filosofi Wasit FIFA adalah kunci dari kinerja para ofisial tersebut. Karenanya, kami berusaha mencapai konsistensi dan keseragaman pada seluruh pertandingan.
Bagi FIFA, sangat penting untuk memastikan bahwa seluruh ofisial pertandingan terbaik dari seluruh dunia dipilih untuk memimpin di kompetisi FIFA,” kata Direktur Wasit FIFA, Massimo Busacca.

Dalam daftar wasit yang dirilis FIFA, AFC, CAF, dan CONCACAF masing-masing mengirim tiga wasit dan enam asisten wasit. Kemudian, CONMEBOL mengirim empat wasit dan delapan asisten wasit. Terakhir, UEFA mengirim lima wasit dan sepuluh asisten wasit.

AFC dan CONCACAF masing-masing mengirim tiga petugas VAR. CAF mengirim dua delegasi dan CONMEBOL mengirim empat. Sementara, UEFA mengirim enam delegasi petugas VAR.

Dalam rilis yang sama, ada tiga wasit Indonesia yang dilibatkan dalam gelaran ini. Mereka adalah Aprisman Aranda, Thoriq Alkatiri, dan Yudi Nurcahya. Mereka disebut bertugas sebagai Support Referees. Namun, tak ada penjelasan apa saja tugas tiga wasit Indonesia ini.

Piala Dunia U-17 2023 nantinya akan digelar di empat kota yaitu Jakarta, Solo, Bandung, dan Surabaya. Piala Dunia U-17 berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember mendatang.