Kemenangan Dramatis Liverpool 4-3 atas Fulham: Comeback Spektakuler di Anfield

suroboyo.id – Anfield menjadi saksi drama yang luar biasa saat Liverpool bersua Fulham dalam pertandingan yang berlangsung pada malam Minggu (3/12/2023). Dalam laga ini, tercipta tujuh gol yang membuat para penonton terpukau, dengan akhirnya The Reds keluar sebagai pemenang dengan skor 4-3.

Liverpool dua kali berhasil unggul di babak pertama melalui gol bunuh diri Bernd Leno dan Alexis Mac Allister. Namun, Fulham tak tinggal diam dan selalu mampu menyamakan skor, berkat gol dari Harry Wilson dan Kenny Tete.

Fulham bahkan berhasil membalikkan keadaan, memimpin 3-2 lewat gol Bobby Cordova Reid. Namun, semangat juang Liverpool tak bisa dipandang sebelah mata.

Mereka bangkit dengan gemilang dan berhasil meraih tiga poin lewat gol Wataru Endo dan Trent Alexander-Arnold dalam waktu hanya satu menit.

Dengan tambahan tiga poin ini, Liverpool kini menempati posisi kedua dalam Klasemen Liga Inggris dengan 31 poin dari 14 pertandingan, hanya selisih dua angka dari pemuncak klasemen, Arsenal. Sementara itu, Fulham berada di posisi ke-14 dengan 15 poin.

Jalannya Pertandingan Liverpool vs Fulham

Liverpool tampil menyerang sejak menit awal untuk bisa mencari gol secepatnya. Liverpool sempat mencetak gol pada menit kedelapan lewat Mohamed Salah tapi dianulir VAR.

Sebab, Luis Diaz yang mengawali proses terjadinya gol sudah terjebak offside. Pertandingan sempat dihentikan sejenak karena kiper Fulham Bernd Leno mendapat perawatan usai berbenturan dengan Diaz.

Liverpool baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-20. Mendapat free kick dari jarak 25 meter di depan kotak penalti, Trent mengarahkan bola melewati pagar hidup ke pojok kiri atas gawang Leno.

Keunggulan Liverpool cuma bertahan empat menit karena kesalahan lini belakang yang bikin Harry Wilson menyamakan skor 1-1. Alex Iwobi merebut bola umpan tanggung Joel Matip di sisi kanan pertahanan Liverpool, dan membawanya ke kotak penalti.

Baca Juga :   Keluarga Glazer Tidak Mau Tergoyahkan, Sheikh Jassim Mundur Sebagai Calon Pemilik Manchester United

Dia memberikan kepada Antonee Robinson yang langsung menyodorkan ke tiang dekat untuk dicocor Wilson. Bola melewati sela kaki Caoimhin Kelleher.

Liverpool yang tersentak gol itu langsung menyerang Fulham habis-habisan, tapi selalu gagal membahayakan gawang Leno.

Boom! Liverpool memegang keunggulan lagi pada menit ke-38 ketika kesalahan Raul Jimenez membuang bola malah mengarahkan ke Alexis Mac Allister. Mac Allister dari jarak 30 yard langsung menembak ke pojok kiri atas gawang Leno.

Fulham menyamakan skor lagi pada menit ketiga injury time. Dari situasi korner, bola disundul Raul Jimenez dan mengarah ke Kenny Tete, yang menyonteknya ke gawang Kelleher.

Gol itu sempat ditinjau VAR karena ada dugaan Teta offside, tapi akhirnya disahkan.

Fulham sempat menjebol gawang Liverpool lagi lewat Tim Ream pada menit ketujuh, tapi bendera offside berkibar untuk membatalkannya.

Liverpool sempat menyerang lagi lewat Mohamed Salah yang menerima umpan 1-2 dari Darwin Nunez, tapi bola sepakannya bisa diadang Leno. Skor 2-2 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, Liverpool masih mendominasi permainan dan menekan Fulham. Tapi, peluang demi peluang dengan mudahnya terbuang.

Terutama Nunez yang melewatkan dua kans emas untuk menciptakan gol. Pada menit ke-53, Nunez yang mendapat umpan pendek dari Salah melepaskan sepakan keras, tapi bola membentur mistar.

Peluang kedua Nunez pada menit ke-61 juga terbuang begitu saja. Bola umpan sundulan dari Salah menuju Nunez di depan gawang, tapi sepakannya melebar.

Setelah itu pertandingan relatif berjalan dengan tempo datar dan tidak banyak peluang tercipta, sampai Fulham membungkam pendukung tuan rumah pada menit ke-81.

Diawali kegagalan lini belakang Liverpool mengantisipasi serangan Fulham, bola berakhir di Tom Cairney dan diakhiri crossing dari sisi kiri ke tiang jauh. Bobby Cordova-Reid melompati Kostas Tsimikas untuk menanduk bola ke gawang Kelleher.

Baca Juga :   Hasil Pertandingan Bigmatch Man City vs Tottenham : Drama Enam Gol Berakhir Imbang 3-3

Liverpool yang tertinggal 2-3 menyamakan skor jadi 3-3 berkat gol Wataru Endo pada menit ke-87. Endo mendapat bola dari Salah dan langsung menembak dari tepi kotak penalti, ke pojok kiri atas gawang Leno.

Semenit berselang, Liverpool mendapatkan keunggulannya lagi lewat gol Trent. Diawali sepakan Cody Gakpo yang ditepis Leno, bola liar mengarah ke Trent yang mudah menembak ke pojok kanan gawang di antara kerumunan pemain.

Hingga laga Liverpool vs Fulham tuntas, skor 4-3 bertahan untuk kemenangan tuan rumah.

Susunan Pemain Liverpool vs Fulham:

Liverpool: Kelleher; Alexander-Arnold, Matip, van Dijk, Tsimikas; Szoboszlai, Mac Allister, Gravenberch; Mohamed Salah, Nunez, Diaz.

Fulham: Leno; Tete, Bassey, Ream, Robinson; Reed, Joao Palhinha; Iwobi, Andreas Pereira, Wilson; Jimenez.