Inilah Daftar Lengkap Nominasi Ballon d’Or 2023, Simak Disini

suroboyo.id – Nominasi Ballon d’Or 2023 akhirnya telah diumumkan. Yang menarik, kali ini nama Cristiano Ronaldo tidak masuk dalam daftar nominasi, sedangkan rival abadinya, Lionel Messi, masih bersaing untuk meraih trofi prestisius ini.

Penghargaan Ballon d’Or sering dianggap sebagai penghargaan individu tertinggi dalam dunia sepak bola profesional. Meraih Ballon d’Or adalah impian setiap pemain yang ingin diakui sebagai yang terbaik di dunia.

Seperti biasa, setiap tahun Ballon d’Or merilis daftar nominasi awal para pesaing. Tradisinya, France Football akan mengumumkan 30 pemain yang masuk dalam daftar calon pemenang, dan dari sana, nominasi akan terus dipangkas hingga hanya tersisa tiga besar.

Pada tahun 2022, Karim Benzema berhasil meraih gelar Ballon d’Or. Penampilan gemilangnya sepanjang musim 2021/2022 dianggap yang terbaik di antara semua pemain.

Tahun ini, persaingan diprediksi akan semakin sengit. Ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan pemenang, termasuk performa mereka di level klub dan penampilan mereka di Piala Dunia 2022 yang lalu.

Beberapa nama populer tetap masuk dalam daftar kandidat peraih Ballon d’Or. Akan tetapi, satu nama terlewat. Cristiano Ronaldo tidak dijagokan bisa meraih gelar. Berbeda dengan Lionel Messi yang jadi unggulan.

Lionel Messi sendiri telah mendapat tujuh Ballon d’Or dalam kariernya. Nah, jika meraih Ballon d’Or 2023, La Pulga akan mendapat gelar kedelapan. Messi makin meneguhkan status sebagai pemain dengan Ballon d’Or paling banyak.

Messi memang menjadi unggulan untuk meraih Ballon d’Or 2023. Namun, persaingan masih terbuka dan ada beberapa nama yang berpotensi membuat kejutan.

Sejak pertama kali namanya dikenal di Manchester United, yaitu pada tahun 2003 silam, Cristiano Ronaldo selalu masuk dalam daftar nominasi peraih Ballon d’Or. Sayangnya, rekor puluhan tahun itu bakal terputus.

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2003, Ronaldo gagal masuk dalam daftar nominasi 30 besar Ballon d’Or. Terkesan mengejutkan, tapi faktanya dalam semusim terakhir Ronaldo tidak banyak bermain.

Dia baru kembali menemukan kesempatan di Liga Arab Saudi, bergabung dengan Al Nassr. Namun, kepindahan dan pembuktian Ronaldo di Saudi baru akan dihitung untuk Ballon d’Or tahun depan.

Berikut daftar 30 besar nominasi Ballon d’Or 2023 selengkapnya.

-Josko Gvardiol (Manchester City)
-Andre Onana (Manchester United)
-Karim Benzema (Al Ittihad)
-Jamal Musiala (Bayern Munich)
-Mohamed Salah (Liverpool)
–Jude Bellingham (Real Madrid)
-Bukayo Saka (Arsenal)
-Randal Kolo Muani (PSG)
-Kevin De Bruyne (Manchester City)
-Bernardo Silva (Manchester City)
-Khvicha Kvaratskhelia (Napoli)
-Emi Martinez (Aston Villa)
-Ruben Dias (Manchester City)
-Nicolo Barella (Inter Milan)
-Erling Haaland (Manchester City)
-Martin Odegaard (Arsenal)
-Ilkay Gundogan (Barcelona)
-Julian Alvarez (Manchester City)
-Yassine Bounou (Al Hilal)
-Vinicius Junior (Real Madrid)
-Rodri (Manchester City)
-Antoine Griezmann (Atletico Madrid)
-Lionel Messi (Inter Miami)
-Lautaro Martinez (Inter Milan)
-Robert Lewandowski (Barcelona)
-Kylian Mbappe (PSG)
-Kim Min-Jae (Bayern Munchen)
-Luka Modric (Real Madrid)
-Harry Kane (Bayern Munchen)
-Victor Osimhen (Napoli)