Inilah 7 Tanda Tubuh yang Kekurangan Vitamin

- 12 Desember 2021 | 21:20
Tanda Tubuh Kekurangan Vitamin

Suroboyo.id – Tubuh memerlukan berbagai nutrisi penting untuk menghasilkan energy, termasuk juga vitamin. Kebutuhan tubuh terhadap vitamin tidaklah sedikit.

Berbagai macam vitamin A, B, C dan D sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan organ serta keberlangsungan proses metabolisme.

Terkait masalah vitamin, apakah anda sudah yakin bahwa asupan vitamin telah terpenuhi dengan baik? Untuk memastikannya, perhatikan tanda kekurangan vitamin berikut ini.

Baca Juga: Ampuh! Obat Alami Sakit Gigi Ini Mampu Meghilangkan Sakit Gigi Hanya Dalam 5 Menit

Tanda Kekurangan Vitamin Pada Tubuh

Meski vitamin dapat mudah dipenuhi melalui konsumsi buah dan sayur, masih sangat banyak masyarakat Indonesia yang kekurangan vitamin. Beberapa tanda tubuh kekurangan vitamin antara lain:

  1. Gangguan Kesehatan. Tanda kekurangan vitamin yang paling mudah diamati adalah munculnya berbagai penyakit. Adapun penyakit yang bisa muncul karena kekurangan vitamin adalah mata rabun, katarak, menurunnya daya tahan tubuh, kulit rusak, sariawan dan masih banyak lainnya.
  2. Mudah Nyeri Pada Tubuh. Tanda kekurangan vitamin selanjutnya adalah mudah nyeri pada seluruh anggota tubuh. Nyeri yang paling umum terjadi adalah nyeri pada gusi. Untuk memulihkan kondisi tubuh yang mudah nyeri seperti ini, konsumsilah makanan yang mengandung vitamin C.
  3. Muncul Sariawan. Menurunnya daya tahan tubuh serta munculnya masalah mulut seperti gusi bengkak dan sariawan bukan hanya tanda kekurangan vitamin C. Hal ini juga merupakan indikasi bahwa tubuh kekurangan vit B2. Oleh karena itu, jika mengalami sariawan atau gusi bengkak, cobalah mengkonsumsi sayur, susu dan telur.
  4. Gangguan Pada Syaraf. Pernahkah Anda mengalami kram otot? Jika pernah, Anda harus berhati-hati karena hal ini adalah salah satu tanda kekurangan vitamin E. selain dapat menimbulkan gangguan syaraf, kekurangan vit E pada pria juga dapat menyebabkan kemandulan. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mengkonsumsi kuning telur dan kecambah.
  5. Kejang Otot dan kerusakan tulang. Kekurangan vit D dapat menimbulkan berbagai macam penyakit tulang dan otot. Kekeroposan gigi juga seringkali dipicu oleh kekurangan vit D. Untuk memenuhi asupan vit D, konsumsilah ikan, susu, telur dan keju. Berjemur pada matahari pagi juga dapat membantu Anda mendapatkan asupan vit D.
  6. Sering Anemia. Anemia merupakan penyakit yang terjadi akibat kekurangan vit B12. Gejala anemia adalah sering lelah, pusing dan pucat. Untuk mengatasi anemia, Anda dianjurkan mengkonsumsi telur, hati dan daging.
  7. Mudah Kram Otot. Otot mudah kram dan disertai insomnia? Jika iya, Anda sedang mengalami kekurangan vit B5. Untuk menghilangkan tanda kekurangan vitamin yang satu ini, cobalah mengkonsumsi sayuran, kacang hijau dan hati.

Baca Juga: Stop Buang Kulit Manggis, Inilah 5 Manfaat Tersembunyi Dibalik Pahitnya Kulit Buah Tropis Ini

Demikianlah tanda kekurangan vitamin yang bisa dilihat dengan mudah. Jika Anda mengalami lebih dari satu tanda, ada baiknya jika Anda mengkonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen. Dengan demikian, Anda bisa memenuhi asupan vitamin tanpa perlu repot memikirkan menu makanan apa yang harus Anda konsumsi.

Topik

Baca Juga

Log In

Forgot password?

Enter your account data and we will send you a link to reset your password.

Your password reset link appears to be invalid or expired.

Log in

Privacy Policy

Add to Collection

No Collections

Here you'll find all collections you've created before.