Suroboyo.id – Berapa besar gaji yang diterima seorang masinis PT. KAI? Simak besar pokok beserta tunjangannya dalam artikel di bawah ini.

Masinis merupakan profesi yang mengoperasikan kereta api serta sebagai pemimpin selama perjalanan transportasi masal ini.

Tugasnya sendiri yakni bertanggung jawab untuk mempercepat, memperlambat hingga menghentikan kereta api sesuai dengan sinyal, serta menjamin keselamatan transportasi masal yang dijalankan ini.

Baca Juga: Gaji Sales Auto2000, Lengkap Pokok, Tunjangan dan Fasilitas

Menjadi seorang masinis merupakan impian sebagian besar orang terutama yang melamar pekerjaan di PT. KAI, hal ini tidak terlepas dari gaji yang didapat dikatakan besar.

Selain masinis PT. KAI dalam artikel ini juga akan membahas besaran gaji yang diterima seorang masinis KRL Commuter Line.

Namun untuk bisa menjadi seorang masinis tidak mudah, hanya pelamar yang berkualitas dari segi akademik, psikologi dan kesehatan baik yang bisa masuk.

Baca Juga: Gaji Sales Adira: Lengkap Fasilitas dan Tunjangan

Maka tidak heran jika gaji yang ditawarkan untuk menjadi seorang masinis sangat besar.

Gaji Masinis

Banyak peminat menjadi masinis tidak terlepas dari gaji yang diterima termasuk besar, selain itu seorang masinis juga akan menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN).

PT. KAI

Para pencari kerja akan menantikan adanya lowongan sebagai masinis, karena dihimpun dari cnbcindonesia.com gaji tiap bulan yang diterima masinis PT. KAI kurang lebih sekitar Rp 13.000.000.

Selain gaji pokok tersebut masinis PT. KAI juga akan mendapat tunjangan seperti istri, hingga perjalanan dinas. Berikut rinciannya.

  • Tunjangan istri dan anak: 10% dari gaji pokok
  • Tunjangan jabatan: Rp 200.000 hingga Rp 600.000
  • Tunjangan perjalanan dinas: Rp 375.000

Baca Juga: Gaji Pilot Garuda Indonesia, Maskapai Elit di Indonesia

KRL Commuter Line

KRL Commuter Line merupakan kereta api listrik, yang dalam pengoperasiannya juga membutuhkan seorang masinis.

Namun gaji yang ditawarkan lebih kecil dari masinis PT. KAI mengingat jumlah penumpang dan jalur operasi yang lebih pendek dari PT Kereta Api Indonesia.

Seperti dikutip dari detik.com gaji yang ditawrkan untuk seorang masinis di KRL berkisar Rp 6.000.000 hingga Rp 9.000.000 yang sudah termasuk tunjangan.

Baca Juga: Gaji Pilot Sriwijaya Air, Benarkah Hingga 40an Juta Rupiah?

Meskipun gaji yang didapat seorang masinis PT Kereta Api Indonesia dan KRL berbeda, namun tanggung jawab yang diemban sama besarnya karena merupakan transportasi masal yang membawa banyak orang.

Demikianlah artikel yang membahas gaji masinis PT. KAI, dengan mendapat bayaran yang besar tak heran banyak orang ingin menjadi masinis.

Bagaimana kalian tertarik menjadi masinis?