Suroboyo.id – Berikut ini doa keluar rumah lengkap dengan keutamaannya. Bagi setiap Muslim tentu doa menjadi sesuatu yang sangat dianjurkan.

Dalam setiap aktivitas sehari-hari baik sebelum maupun sesudah melakukannya dianjurkan untuk membaca doa sesuai dengan kebutuhan. Dan dalam setiap doa mengandung makna serta keutamaan.

Termasuk salah satu diantaranya adalah doa sebelum dan sesudah bepergian. Ketika akan keluar dari rumah, kita dianjurkan untuk membiasakan diri dalam berdoa.

Baca juga: Bacaan Doa Setelah Adzan Lengkap dengan Latin dan Terjemahannya

Islam telah mengatur cara kehidupan setiap umatnya dengan sedemikian rupa, termasuk mengajarkan kita untuk selalu mengingat Allah dalam segala aktivitas yang akan dilakukan.

Seperti halnya membaca doa akan keluar rumah ini bertujuan untuk memohon pertolongan dan perlindungan kepada Allah dari segala marabahaya.

Selain itu, membaca doa ketika akan keluar rumah juga sekaligus memohon kepada Allah swt agar aktivitas yang akan dilakukan di luar rumah ini seperti bekerja, berangkat sekolah, berjualan ke pasar, dan lain sebagainya diberikan kemudahan dan kelancaran serta memohon agar kegiatan yang dilakukan mendapat ridho dan bernilai pahala.

Ada dua doa keluar rumah yang bisa dilafalkan, pertama adalah:

بِسْمِ اللهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ

“Bismillahi, tawakkaltu ’alallah, laa haula wa laa quwwata illaa billaah”

Artinya: “Dengan menyebut nama Allah, aku menyerahkan diriku pada Allah dan tidak ada daya dan kekuatan selain dengan Allah saja”. (HR. Abu Daud dan Tirmidzi)

Sementara doa keluar rumah yang kedua adalah:

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ أَنْ أَضِلَّ أَوْ أُضَلَّ أَوْ أَزِلَّ أَوْ أُزَلَّ أَوْ أَظْلِمَ أَوْ أُظْلَمَ أَوْ أَجْهَلَ أَوْ يُجْهَلَ عَلَىَّ

“Allahumma inni a-’udzu bika an adhilla aw udholla, aw azilla aw uzalla, aw azhlima aw uzhlama, aw ajhala aw yujhala ‘alayya”

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari: aku tersesat, atau aku menyesatkan, atau aku tergelincir, atau aku digelincirkan, atau aku menzalimi, atau aku dizalimi, atau kebodohanku atau dibodohi”.

Baca juga: Rahasia Pembuka Ijabah Doa, Amalkan Doa Khusus Ini Setiap Hari

Dengan membaca doa keluar rumah, umat muslim bisa mendapatkan perlindungan dari Allah SWT dan terhindar dari godaan setan selama beraktivitas.

Keutamaan Membaca Doa Keluar Rumah

Keutamaan doa keluar rumah berdasarkan Quran surat At-Talaq ayat 3, Allah SWT berfirman:

وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ ۚ وَمَنْ يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا

Wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal ‘alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja’alallāhu likulli syai`ing qadrā

Artinya: “Dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.”

Baca juga: Bacaan Doa Akhir dan Awal Tahun Sesuai Anjuran Rasulullah SAW: Arab, Latin dan Terjemahan

Selain itu, menurut buku Jangan Lelah Berdoa! karya Nasrudin Abd. Rohim, keutamaan doa keluar rumah juga dikisahkan dari Anas bin Malik RA, Rasulullah SAW pernah mengatakan keutamaan dari bacaan doa keluar rumah.

“Apabila seseorang keluar dari rumahnya, kemudian dia membaca doa, ‘Bismillahi tawakkaltu ‘alallah, laa hawla wa laa quwwata illa billah’, maka disampaikan kepadanya, ‘Kamu diberi petunjuk, dicukupkan kebutuhanmu, dan kamu dilindungi.’

Seketika itu setan-setan pun menjauh darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ‘Bagaimana mungkin kalian bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dilindungi?” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Itulah doa keluar rumah yang dapat kita lafalkan sehari-hari agar setiap aktivitas kita mendapatkan keberkahan dari Allah swt.