Berita  

Dampak Terlambat pada 10 Kereta Api tujuan Surabaya dan Malang Akibat Insiden Kereta Anjlok di Kulon Progo

suroboyo.id – Insiden kereta api Argo Semeru yang diikuti dengan penyerempetan kereta Argo Wilis dari arah berlawanan di Kulon Progo, Yogyakarta, pada siang tadi, berlanjut dengan berdampak terhadap sejumlah perjalanan kereta lainnya.

Dampak dari insiden ini tidak hanya memengaruhi kedatangan penumpang KA Argo Wilis pada waktu yang telah dijadwalkan, tetapi juga berdampak pada 10 kereta api lainnya yang dijadwalkan akan tiba di stasiun wilayah KAI Daop 8 Surabaya pada malam hingga dini hari nanti.

Luqman Arif, yang menjabat sebagai Manager Humas PT KAI Daop 8 Surabaya, menjelaskan bahwa 10 kereta api yang terdampak ini adalah kereta relasi Jakarta dan Bandung menuju Stasiun Surabaya Gubeng dan Malang.

“Keterlambatan ini disebabkan oleh perubahan pola operasi perjalanan kereta akibat proses evakuasi dan normalisasi jalur yang tengah dilakukan oleh petugas,” jelas Luqman dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan pada Selasa (17 Oktober 2023).

Ruter Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) itu seharusnya lewat jalur selatan petak jalan Jogyakarta-Kutoarjo, tapi dialihkan jalur utara dengan melalui petak jalan Tegal–Semarang.

Ada tujuh kereta api terdampak yang dijadwalkan tiba di Stasiun Surabaya Gubeng malam hingga dini hari nanti, terdiri dari:

1. KA Wijaya Kusuma relasi Cilacap-Surabaya Gubeng-Ketapang
2. KA Pasundan relasi Kiaracondong-Surabaya Gubeng
3. KA Gaya Baru Malam Selatan relasi Pasarsenen-Surabaya Gubeng
4. KA Bima relasi Gambir-Surabaya Gubeng
5. KA Turangga relasi Bandung-Surabaya Gubeng
6. KA Jayakarta relasi Pasarsenen-Surabaya Gubeng
7. KA Mutiara Selatan relasi Bandung-Surabaya Gubeng

Sementara tiga lainnya dijadwalkan tiba di Stasiun Malang terdiri dari:

1. KA Kertanegara relasi Purwokerto-Malang
2. KA Malabar relasi Bandung-Malang
3. KA Gajayana relasi Gambir-Malang

Baca Juga :   Gempa Magnitudo 6,3 Mengguncang Donggala, BMKG Mengingatkan Warga untuk Tetap Tenang

Luqman memastikan akan memberikan kompensasi bagi para penumpang kereta yang terdampak.

“Sebagai bentuk kompensasi atas keterlambatan kedatangan KA kepada pelanggan, KAI juga memberikan service recovery berupa minuman, makan ringan hingga makanan berat bagi pelanggan KA yang terdampak,” tandasnya.