Suroboyo.id – BPJS Ketenagakerjaan atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan merupakan program publik yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja yang bertujuan untuk mengatasi resiko sosial tertentu dan penyelenggaraannya menggunakan  mekanisme  asuransi sosial.

BPJS Ketenagakerjaan sendiri sebenarnya berfokus para tenaga kerja dan seluruh pegawai baik itu pegawai sipil maupun swasta.

Baca juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Melalui JKN Mobile Beserta Besaran Iuran Terbaru Bulanannya

Resiko sosial ekonomi yang ditanggulangi oleh Program Jamsostek sendiri yaitu perlindungan pada peristiwa kecelakaan, sakit, hamil, bersalin, cacat, hari tua, dan meninggal dunia.

Menurut Undang-Undang No 3 Tahun 1992, Jamsostek memberikan hak dan membebani kewajiban secara pasti (compulsory) bagi pengusaha dan tenaga kerja tentang Jenis Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK).

Dan berikut ini akan kami sampaikan informasi mengenai cara mendaftar BPJS Ketenagakerjaan secara mudah melalui online maupun offline.

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Offline

Berbeda dengan cara daftar BPJS Ketenagakerjaan secara online, jika mendaftar secara offline Anda harus melakukan beberapa langkah seperti:

1. Mendatangi langsung kantor BPJS terdekat.

2. Mengisi formulir untuk pendaftaran perusahaan (F1).

3. Mengisi formulir untuk pendaftaran pekerja (F1a).

4. Membayar iuran pertama sesuai dengan jumlah yang telah dihitung dan ditetapkan BPJS Ketenagakerjaan.

Baca juga: Cara Daftar BPJS Kesehatan Online Hanya Menggunakan Hp Menggunakan Aplikasi JKN Mobile, Mudah dan Cepat

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Cara daftar BPJS ketenagakerjaan online merupakan langkah yang cukup mudah untuk Anda ikuti asal sudah memiliki koneksi internet. Di antaranya:

Buka situs resmi BPJS Ketenagakerjaan http://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/

Pilih “Daftarkan Saya”, kemudian pilih dari 3 pilihan (perusahaan, individu atau pekerjaan migran).

Bila Anda memilih perusahaan, masukan email perusahaan atau perwakilan kelompok Anda untuk mendaftar.

Tunggu email pemberitahuan dan ikuti langkah-langkah selanjutnya.

Setelah semuanya lengkap, Anda hanya perlu membawa persayaratan yang telah disiapkan ke kantor BPJS Ketenagakerjaan di kota Anda.