Calon Bintang Piala Dunia U-17 dari Spanyol, Lamine Yamal, Menciptakan Sejarah dengan Barcelona di La Liga

suroboyo.id – Lamine Yamal, wonderkid dari Barcelona, terus mengejutkan dunia sepak bola. Kali ini, pemain yang mungkin akan mewakili Spanyol U-17 dalam Piala Dunia U-17 mencatat sejarah dengan mencetak gol dalam pertandingan Barcelona melawan Granada di Nuevo Los Carmenes pada Senin (9/10/2023) dini hari WIB.

Sebelum pertandingan dimulai, Barcelona diperkirakan akan menghadapi kesulitan melawan Granada. Faktanya, Barca hanya mampu bermain imbang 2-2 melawan Granada, yang berarti memperpanjang rekor mereka tanpa kemenangan dalam empat pertemuan terakhir.

Barcelona mengalami ketertinggalan awal setelah dua gol dari Bryan Zaragoza pada menit ke-1 dan 29. Namun, Lamine Yamal berhasil memperkecil selisih skor pada injury time babak pertama.

Meskipun Barcelona mempertahankan rekor mereka yang belum terkalahkan dengan satu gol yang dicetak oleh Sergi Roberto pada menit ke-85, mereka juga kehilangan 2 poin dalam pertandingan ini. Akibatnya, mereka tertinggal 3 poin dari pemimpin klasemen La Liga, Real Madrid.

Gol yang dicetak Lamine Yamal bukan gol sembarangan. Soalnya, dia mencatatkan sejarah menjadi pencetak gol termuda di sejarah La Liga Spanyol. Dia mencetak gol di usia 16 tahun 87 hari.

Dia mematahkan rekor sebelumnya yang dicetak Fabrice Olinga, pemain Malaga saat melawan Celta Vigo di 2012. Saat itu, dia berusia 16 tahun 92 hari.

Fabrice Olinga boleh saja sempat menjadi pencetak gol termuda. Namun kariernya tidak segemilang Lamine Yamal.

Saat itu, Olinga melewati rekor pemain Athletic Bilbao, Iker Muniain yang mencetak gol di usia 16 tahun dan 289 hari. Muniain sebelumnya melewati rekor pemain Villarreal Xisco yang mencetak gol di usia 16 tahun 353 hari.

Lamine Yamal, pemain Spanyol berdarah Maroko memang fenomenal. Sebelum dengan Barcelona, dia juga mencetak rekor dengan timnas Spanyol.

Baca Juga :   Jadwal MU Desember 2022: Jelang 16 Besar Piala Liga

Dia juga menjadi pencetak gol termuda dengan Timnas Spanyol. Dia melewati rekor pemain Barca lainnya Ansu Fati.

Diharapkan, dia bisa bersinar terus dan tidak tenggelam seiring berjalannya waktu. Banyak wonderkid yang layu sebelum matang seiring waktu.

Inilah Rekor Lamine Yamal

1. Pencetak gol termuda Barcelona di debut La Liga: 15 tahun dan 290 hari saat lawan Real BEtis. Dia melewati Vicenc Martinez Alma, 16 tahun dan 289 hari.

2. Debutan Termuda dengan Barcelona B: 15 tahun dan 297 hari saat melawan Eldense. Dia melewati rekor Alejandro Grimaldo, 15 tahun dan 349 hari.

3. Juara La Liga Termuda: 15 tahun and 305 hari (Espanyol). Dia melewati rekor Marc Muniesa, 17 years and 51 days.

4. Starter termuda di La Liga pada abad ke-21: 16 tahun 38 hari (Cádiz). Dia melewati rekor Fabrice Olinga, 16 tahun dan 112 hari.

5. Pemberi assist termuda di La Liga: 16 tahun dan 45 hari (Villarreal). Dia melewati rekor Juanmi Jiménez, 16 tahun dan 311 hari.

6. Debutan termuda dengan Timnas Spanyol: 16 tahun dan 57 hari (Georgia). Dia melewati rekor Gavi, 17 tahun dan 62 hari.

7. Pencetak gol termuda di Timnas Spanyol: 16 tahun 57 hari (Georgia). Dia mengalahkan Gavi, 17 tahun 304 hari.